Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Zolpidem

Definisi Obat

Zolpidem adalah salah satu jenis obat tidur atau obat penenang atau hipnosis. Obat ini berfungsi menangani gangguan tidur atau insomnia. Contohnya, sulit tidur atau sering terbangun untuk waktu yang cukup lama pada malam hari.
Zolpidem akan memperlambat kinerja sistem saraf. Fungsi tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang sehingga bisa tidur lebih cepat dan tanpa terbangun sepanjang malam.

Zolpidem memiliki relaksan otot ringan dan sifat antikonvulsan, namun belum disetujui untuk digunakan dalam relaksasi otot atau pencegahan kejang. Hal ini karena dosis obat yang diperlukan untuk menyebabkan relaksasi otot adalah 10 kali dosis penenang, dan dosis yang diperlukan untuk mencegah kejang adalah 20 kali dosis penenang.

Obat tidur ini (Zolpidem) hanya boleh digunakan oleh orang dewasa dan umumnya diresepkan oleh dokter untuk penggunaan jangka pendek (selama 1-2 minggu, maksimal satu bulan).
Zolpidem bekerja dengan cepat, biasanya dalam waktu 15 menit.

gambar obat zolpidem

Contoh Produk Obat Zolpidem 10mg

Nama Generik Zolpidem (zole PI dem)
Nama Merek Dagang Ambien, Ambien CR, Edluar, Intermezzo, Zolpimist
Jenis Obat Hipnotik dan sedativa
Golongan Obat Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet
Indikasi Menangani kesulitan atau susah tidur (insomnia)
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Zolpidem bekerja dengan cara memperlambat kinerja sistem saraf. Fungsi tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang sehingga bisa tidur lebih cepat dan tanpa terbangun sepanjang malam.

Dosis Obat

Dosis zolpidem ditentukan oleh dokter berdasarkan tingkat keparahan insomnia yang dialami oleh pasien. Kondisi kesehatan, riwayat kesehatan, serta respons tubuh pasien terhadap obat juga akan dipertimbangkan.

Dosis umum zolpidem yang dianjurkan adalah 10 mg per hari. Penggunaan obat tidur ini hanya untuk jangka pendek, yaitu tidak boleh lebih dari satu bulan.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Zolpidem dianjurkan diminum saat perut kosong untuk memaksimalkan keefektifannya. Dan disarankan mengonsumsinya sesaat sebelum Anda tidur. dan Jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan serta sesuai anjuran dokter

Obat ini bisa memicu gejala putus obat. Karena itu, jangan berhenti mengonsumsinya tanpa pengawasan dan anjuran dari dokter.

Insomnia mungkin akan kembali terjadi selama beberapa hari setelah Anda menghentikan konsumsi zolpidem. Tetapi jangan khawatir, karena gangguan tersebut umumnya akan hilang dalam satu hingga dua hari.

Jangan menggandakan dosis zolpidem pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat. Jangan berikan dosis Zolpidem Anda pada orang lain, meskipun kondisinya tampak mirip dengan kondisi Anda.

Efek Samping Obat

Semua obat berpotensi menimbulkan efek samping. tak terkecuali dengan zolpidem. Beberapa efek samping yang umum terjadi saat mengonsumsi obat tidur ini antara lain: Pusing atau sakit kepala, Merasa lelah, Sakit perut, Diare, Mual dan muntah, Infeksi pernapasan, Mengalami halusinasi, Mimpi buruk, Uring-uringan dan Mudah lupa.

Apabila Anda mengalami alergi atau efek samping yang berkepanjangan, Segera hubungi dokter

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil terutama di trimester akhir, atau menyusui dilarang mengonsumsi zolpidem. Obat ini akan memengaruhi perkembangan janin selama dalam kandungan maupun setelah lahir. Bila sedang merencanakan kehamilan, konsulltasikan dahulu pada dokter sebelum menggunakan obat ini.

Peringatan dan Perhatian

  • Jangan mengonsumsi minuman keras selama mengonsumsi zolpidem. Kandungan alkohol dapat meningkatkan pengaruh zolpidem sehingga menyebabkan Anda berhenti bernapas akibat tidur terlalu nyenyak, kesulitan bangun tidur, atau mengigau hingga melakukan sesuatu saat tertidur tanpa bisa mengingatnya saat terbangun.
  • Sebagian orang yang mengonsumsi zolpidem berpotensi merasa mengantuk, pusing atau linglung. Karena itu, hindarilah mengemudi atau mengoperasikan alat berat selama mengonsumsi obat ini.
  • Minumlah zolpidem saat hendak tidur.
  • Harap berhati-hati bagi lansia dan yang mengidap defisiensi laktosa, gangguan pernapasan atau paru-paru, apnea tidur, myasthenia gravis, gangguan mental (misalnya depresi), gangguan hati, gangguan ginjal yang parah, serta ketergantungan obat-obatan terlarang atau minuman keras.
  • Jangan berhenti mengonsumsi zolpidem secara tiba-tiba dan tanpa konsultasi dengan dokter.
  • Diskusikan dengan dokter jika insomnia masih terjadi atau bahkan bertambah parah setelah penggunaan zolpidem selama satu minggu hingga 10 hari.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.
daftar harga obat tidur di apotik | harga obat zolpidem | merk obat tidur yang dijual bebas | harga obat tidur zolpidem | daftar nama obat tidur generik | obat tidur generik | harga zolpidem | harga obat tidur | harga zolpidem di apotik | nama obat tidur |
Zolpidem medlineplus.gov 31 Mei 2016. Zolpidem

Definisi Obat Zolpidem adalah salah satu jenis obat tidur atau obat penenang atau hipnosis. Obat ini berfungsi menangani gangguan tidur atau insomnia. Contohnya, sulit tidur atau sering terbangun untuk waktu yang cukup lama pada malam hari. Zolpidem akan memperlambat kinerja sistem saraf. Fungsi tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang sehingga bisa tidur lebih cepat […]

4.9
6 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya