Vitamin K

loading...

Definisi Obat

Vitamin K adalah vitamin yang juga dikenal sebagai vitamin pembekuan, karena tanpa vitamin K darah tidak akan menggumpal, Vitamin K dapat membantu proses pembekuan darah apabila terjadi pendarahan yang sulit dihentikan, Vitamin K termasuk golongan vitamin yang larut dalam lemak.
Vitamin K yang berfungsi sebagai suplemen dapat dibeli secara bebas. namun jenis vitamin K yang digunakan di rumah sakit untuk menangani pendarahan membutuhkan resep dokter.

Vitamin K2 (menakuinona, menatetrenona) secara normal diproduksi oleh bakteri dalam saluran pencernaan manusia, dan defisiensi gizi akibat diet yang sangat jarang terjadi kecuali saluran pencernaan mengalami kerusakan yang sangat parah sehingga tidak dapat menyerap molekul.
Secara kimia vitamin K (Koagulations-Vitamin) adalah turunan 2-metil-1,4-naftokuinona. Vitamin K bersifat tahan panas, tetapi akan segera rusak apabila terpapar senyawa asam, basa, dan cahaya matahari.

gambar obat vitamin K

Contoh produk dengan kandungan vitamin K

SUMBER VITAMIN K

  • Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, bayam, lobak hijau, kubis, brokoli, kembang kol, sawi, peterseli, romaine, dan daun selada hijau
  • Ikan, hati, daging, telur, dan sereal (mengandung jumlah yang lebih kecil)
  • Vitamin K juga dibuat oleh bakteri dalam saluran usus yang lebih rendah. (didapat dari mikroflora pada saluran pencernaan)

MANFAAT VITAMIN K

  • Kecukupan asupan vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.
  • Khususnya pada wanita, vitamin K juga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.
  • Beberapa studi menunjukkan bahwa hal ini membantu mempertahankan tulang yang kuat pada orang tua.
  • Peneliti di Tufts menemukan bahwa vitamin K, khususnya K1, dapat mengurangi risiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes.

KEKURANGAN VITAMIN K
Kekurangan vitamin K sangat jarang. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak dapat benar menyerap vitamin dari saluran usus. Kekurangan vitamin K juga dapat terjadi setelah pengobatan jangka panjang dengan antibiotik.

Kekurangan vitamin K dapat terjadi pada segala usia, tapi bayi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Defisiensi ini dapat memicu terjadinya pendarahan yang sulit dihentikan, jika Anda tidak memiliki cukup vitamin K, Anda mungkin berdarah terlalu banyak.
.

Nama Generik Vitamin K
Nama Lain Vitamin K1(Phylloquinone), Vitamin K2 (Menaquinone), vitamin K3 (Menadione)
Jenis Obat Suplemen, Vitamin
Golongan Obat Obat bebas terbatas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tablet dan obat suntik
Indikasi Mengatasi kekurangan vitamin K, Menangani pendarahan

Cara Kerja Vitamin K

Di dalam hati, vitamin K dibutuhkan untuk mengaktivasi protrombin dengan reaksi karboksilasi gugus Glu pada residu protein prekursornya. Asam glutamat yang mengalami reaksi karboksilasi akan berubah menjadi asam karboksiglutamat gamma.

Di dalam tulang, vitamin K ini akan membantu senyawa osteokalsin yang berperan dalam penyerapan mineral untuk membentuk stuktur tulang yang kuat. Osteoklasin sendiri diproduksi oleh osteoblas, kumpulan sel pembentuk tulang.

Di dalam tubuh, vitamin K juga dapat menekan proses pendarahan di hati yang seringkali muncul akibat pemakaian senyawa aspirin atau antibiotik secara berlebihan. Melalui mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru.

Dosis Vitamin K

Dosis vitamin K dalam menangani pendarahan akan ditentukan oleh dokter yang menangani kasus tersebut di rumah sakit.
Pada umumnya, dosis untuk mengobati defisiensi vitamin K pada pasien dewasa adalah 10-40 mg per hari.
Menurut RDA (Recommended Dietary Allowance)  vitamin K dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda bagi setiap orang, seberapa banyak masing-masing vitamin yang Anda butuhkan tergantung pada usia dan jenis kelamin, Faktor-faktor lain, seperti kehamilan, menyusui, dan penyakit dapat meningkatkan jumlah yang Anda butuhkan.

The Food and Nutrition Board dari Institute of Medicine, merekomendasikan sebagai berikut:
Bayi

  • 0 sampai 6 bulan: 2,0 mikrogram per hari (mcg / hari)
  • 7 sampai 12 bulan: 2,5 mcg / hari

Anak-anak

  • 1 sampai 3 tahun: 30 mcg / hari
  • 4 sampai 8 tahun: 55 mcg / hari
  • 9 sampai 13 tahun: 60 mcg / hari

Remaja dan Dewasa

  • Pria dan wanita usia 14 sampai 18: 75 mcg / hari
  • Pria dan Wanita usia 19 dan lebih tua: 90 mcg / hari, untuk pria dan wanita (termasuk mereka yang sedang hamil dan menyusui) 120 mcg / hari

Cara Konsumsi Vitamin K Yang Baik dan Benar

Suplemen vitamin K hanya dikonsumsi satu kali sehari, boleh sebelum atau setelah makan. Vitamin ini akan diserap oleh tubuh bersama dengan lemak dari makanan.
Gunakanlah suplemen vitamin K sesuai keterangan pada kemasan, selama menggunakan suplemen vitamin K, beri tahu dokter sebelum menjalani penanganan medis apapun. Suplemen ini akan memengaruhi proses pembekuan darah Anda.

Dianjurkan juga untuk menjalani pemeriksaan rutin ke dokter jika Anda mengalami defisiensi vitamin K. Ini dilakukan untuk memantau perkembangan kondisi serta keefektifan suplemen vitamin K.
Jangan menggandakan dosis vitamin K pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Vitamin K

Suplemen vitamin K umumnya tidak menyebabkan efek samping jika dikonsumsi sesuai takaran yang direkomendasikan. pada beberapa kasus kecil, konsumsi suplemen vitamin K yang berlebihan dapat memicu sakit kuning dan anemia.

Penggunaa’an Vitamin K Untuk Wanita Hamil

Wanita yang mencoba untuk hamil, baru melahirkan, atau sedang menyusui sebaiknya bertanya pada dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin K.

Peringatan dan Perhatian

  • Pastikan untuk membaca bahan yang terkandung pada tiap obat. Jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin K pada waktu yang sama untuk menghindari overdosis.
  • Harap berhati-hati mengonsumsi suplemen vitamin K jika menggunakan obat antikoagulan seperti warfarin, menderita defisiensi vitamin E, defisiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD), gangguan ginjal, serta gangguan hati.
  • Vitamin E dapat mengganggu vitamin K yang bekerja dalam tubuh Anda. Tanyakan dokter Anda untuk rekomendasi tentang vitamin ini.
  • Bayi yang baru lahir memiliki sedikit vitamin K. Mereka biasanya mendapatkan suntikan vitamin K segera setelah mereka lahir.
harga vitamin k | obat vitamin k | nama lain vitamin k | harga vitamin k tablet | nama obat vitamin K | suplemen vitamin k | harga vitamin k di apotik | nama lain vit k | jual vitamin k | manfaat vitamin k untuk ibu hamil |
Vitamin K Khabib M 20 Mar 2017. Vitamin K

Definisi Obat Vitamin K adalah vitamin yang juga dikenal sebagai vitamin pembekuan, karena tanpa vitamin K darah tidak akan menggumpal, Vitamin K dapat membantu proses pembekuan darah apabila terjadi pendarahan yang sulit dihentikan, Vitamin K termasuk golongan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin K yang berfungsi sebagai suplemen dapat dibeli secara bebas. namun jenis vitamin […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...