Vitamin E

loading...

Definisi Obat

Vitamin E adalah vitamin antioksidan, yakni melindungi jaringan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat yang disebut radikal bebas, yang dapat membahayakan sel-sel, jaringan, dan organ. Mereka diyakini memainkan peran dalam kondisi tertentu yang terkait dengan penuaan, vitamin E juga membantu menjaga sistem kekebalan yang kuat terhadap virus dan bakteri.

Vitamin E juga penting dalam pembentukan sel darah merah dan membantu tubuh menggunakan vitamin K. Hal ini juga membantu memperlebar pembuluh darah dan menjaga darah dari pembekuan di dalamnya.

Vitamin E pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr. H.M Evans dari California, Vitamin E adalah nama umum untuk dua kelas molekul (tocopherol dan tocotrienol) yang memiliki aktivitas vitamin E dalam nutrisi. Vitamin E pertama kali diisolasi pada tahun 1936 dari minyak tepung gandum. Disebut vitamin E karena ditemukan setelah vitamin-vitamin yang sudah ada yaitu A, B, C, dan D. Bentuk vitamin E merupakan kombinasi dari delapan molekul yang sangat rumit yang disebut ’tocopherol’.
Kata ’tocopherol’ berasal dari bahasa Yunani: Toketos yang berati ’kelahiran anak’ dan Phero berarti ’saya bawa’, akhiran ’-ol’ ditambahkan untuk menunjukkan bahwa bahan ini merupakan salah satu dari alkohol yang menyebabkan mabuk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

SUMBER VITAMIN E
Vitamin E mudah didapat dari  bahan makanan yang berminyak atau sayuran. Vitamin E banyak terdapat pada buah-buahan, susu, mentega, telur, sayur-sayuran, terutama kecambah. Contoh sayuran yang paling banyak mengandung vitamin E adalah minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau. Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah.

Selain vitamin E yang berasal dari alam, terdapat juga vitamin E suplemen untuk mengatasi masalah defisiensi vitamin E. Beberapa orang menggunakan vitamin E pada kulit untuk membantu proses penyembuhan luka tapi bukti masih belum cukup kuat.

MANFAAT VITAMIN E

  • vitamin E disebut sebagai vitamin anti kemandulan. Pada wanita juga dianjurkan sebagai perawatan untuk kemandulan, kelainan menstruasi, peradangan vagina, gejala menopause, mencegah keguguran dan kesuburan benih.
  • meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.
  • berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  • sebagai Antioksidan. Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.
  • melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain bisa melindungi dari akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan, vitamin ini juga bisa melindungi hewan dari akibat berbagai obat, bahan kimia, dan logam yang mendukung pembentukan radikal bebas.

KEKURANGAN VITAMIN E
Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan sel darah merah terbelah. Proses ini disebut hemolisis eritrodit dan dapat dihindari dengan vitamin E. Akibat lain kekurangan vitamin E antara lain : perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot, kelemahan dan kesulitan berjalan, nyeri pada otot betis, gangguan penglihatan, anemia, retensi cairan (odem), dan kelainan kulit.

Pada bayi, kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kelainan yang mengganggu penyerapan lemak pada bayi yang prematur dan kekurangan gizi. Pada manusia kekurangan vitamin E bisa disebabkan karena diet yang sangat buruk dalam jangka waktu lama.

gambar obat vitamin e

Contoh produk dengan kandungan vitamin E

Nama Generik Vitamin E
Brand Name (Nama Dagang) Vitamin E,Alpha-tocopherol; Gamma-tocopherol
Jenis Obat Suplemen, vitamin
Golongan Obat Obat bebas terbatas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tablet, kapsul, obat cair untuk diminum
Indikasi Mengatasi kekurangan vitamin E

Cara Kerja Vitamin E

Dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.

Dosis Vitamin E

Untuk mengatasi kekurangan vitamin E, seseorang perlu mengonsumsi sebanyak 60-75 IU (international unit) vitamin E per hari. Jangan mengonsumsi lebih dari 1.500 IU atau 1.000 mg vitamin E per hari.

Level aman tertinggi suplemen vitamin E untuk orang dewasa adalah 1.500 IU / hari untuk bentuk alami vitamin E, dan 1.000 IU / hari untuk (sintetis) bentuk buatan manusia.

Bila vitamin E digunakan sebagai antioksidan, maka seorang perempuan membutuhkan sedikitnya 120 IU (international unit) per hari Namun menurut catatan medis, kebanyakan perempuan Indonesia hanya mengonsumsi makanan yang mengandung 10.4 – 13,4 IU per hari. Untuk mencukupi kebutuhan itu, vitamin E dapat dikonsumsi dari vitamin E sintetis (dl-a tokoferol).

Dosis vitamin E yang besar bisa memperbaiki dan mencegah terjadinya perkembangan kelainan saraf. Beberapa penelitian menunjukan bahwa peningkatan konsumsi vitamin E dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin E harian sebesar 10-30 mg dianggap cukup untuk mempertahankan kadar viamin E dalam darah. Namun batas konsumsi vitamin E yang dianjurkan adalah 8 sampai 10 IU (International Units)- suatu batas dimana sepertiga orang Amerika menggunakannya. Untuk keuntungan maksimal vitamin E, diperlukan 100 sampai 400 IU setiap hari. Sebagian besar penelitian menunjukan bahwa ini merupakan konsumsi optimal untuk mengurangi risiko penyakit kronis. Sedangkan dalam bahan makanan yang kita konsumsi setiap harinya diperkirakan mengandung 25 IU vitamin E.

Cara Konsumsi Vitamin E Yang Baik dan Benar

Konsumsilah vitamin E dengan makanan karena penyerapan vitamin E di dalam tubuh memerlukan lemak dari makanan.
Bacalah keterangan pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi vitamin E.
Berikan jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya, bila lupa mengonsumsi vitamin E, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis vitamin E pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Vitamin E

Pada umumnya vitamin E dianggap sebagai vitamin yang cukup aman, Vitamin E jarang menyebabkan efek samping terutama jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Dalam beberapa kasus, kelebihan vitamin E menimbulkan gangguan pada kinerja sistem imun terhadap infeksi. Gejala yang akan dirasakan adalah sakit kepala, lemah dan selalu lelah, serta pusing yang disertai gangguan penglihatan. Untuk itu, jumlah vitamin E dalam tubuh harus berada dalam batasan yang ketat.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi ibu hamil, hindari penggunaan vitamin E dalam dosis tinggi karena berisiko menyebabkan gangguan jantung pada bayi. Jika perlu mengonsumsi vitamin E saat berencana untuk hamil, sedang hamil atau sedang menyusui, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati bagi perokok dan juga penderita penyakit Alzheimer, penurunan mental, kerusakan mata, gangguan ginjal, penyakit jantung, penyakit kulit dan gangguan penggumpalan darah.
  • Hentikan penggunaan vitamin E dua minggu sebelum menjalani operasi karena dapat meningkatkan risiko pendarahan saat operasi.
  • Tanyakan dosis untuk anak-anak kepada dokter.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
obat vitamin e | vitamin e ipi | vitamin ipi e | ipi vitamin e | vitamin e generik | obat yang mengandung vitamin e | salep vit e | jenis obat viramin e | kemasan tablet dan obat cair vitamin b1 | obat vitamin |
Vitamin E Khabib M 18 Mar 2017. Vitamin E

Definisi Obat Vitamin E adalah vitamin antioksidan, yakni melindungi jaringan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat yang disebut radikal bebas, yang dapat membahayakan sel-sel, jaringan, dan organ. Mereka diyakini memainkan peran dalam kondisi tertentu yang terkait dengan penuaan, vitamin E juga membantu menjaga sistem kekebalan yang kuat terhadap virus dan bakteri. Vitamin E juga […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...