Vitamin D

loading...

Definisi Obat

Vitamin D adalah Vitamin yang banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik, Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar kalsium dan fosfat. Vitamin yang larut dalam lemak prohormon ini diperlukan untuk membantu tubuh untuk menyerap kalsium, yaitu mineral penting untuk membentuk dan melindungi struktur tulang dan gigi.
Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol (Calciferol), Penamaan ini berdasarkan International Union of Pure and Applied Chemist (IUPAC). Vitamin ini sendiri merupakan turunan dari molekul steroid yang merupakan salah satu turunan dari kolesterol.Terdapat dua bentuk aktif dari vitamin ini, yaitu Vitamin D2 (ergokalsiferol/Ergocalciferol) dan Vitamin D3 (kolekalsiferol/cholecalciferol)

gambar obat vitamin d

Contoh produk suplemen dengan kandungan vitamin D

SUMBER VITAMIN D
Sumber utama vitamin ini adalah sinar matahari yang diserap dan diolah oleh kulit kita. Vitamin D juga dapat diperoleh dari bahan-bahan makanan, misalnya telur, sarden, salmon, tuna, serta susu yang diperkaya vitamin D.

MANFAAT VITAMIN D
Di dalam tubuh, vitamin D dapat membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker.
Molekul aktif dari vitamin D, yaitu kalsitriol, merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang, fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit, termasuk diabetes dan kanker.

KEKURANGAN VITAMIN D
Kekurangan atau defisiensi vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, dan berbagai penyakit jantung,kanker payudara, dan kanker endometrium, pada anak-anak dapat meneybabkan rakitis (pelunakan dan melemahnya tulang) dan osteomalasia pada orang dewasa (melemahnya tulang). Ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, serta lansia di atas 65 tahun adalah contoh orang-orang yang berisiko untuk mengalami defisiensi vitamin D.

Vitamin D dapat dibeli secara bebas di apotek dan tersedia dalam berbagai merek, anda bisa mendapatkan vitamin D dengan tiga cara: melalui kulit Anda, dari diet Anda, dan dari suplemen.

Nama Generik Vitamin D
Brand Name (Nama Dagang) Vit.D, Vitamin D, Sunshine vitamin
Jenis Obat Suplemen, Vitamin
Golongan Obat Obat Bebas
Dikonsumsi Untuk
Bentuk Sediaan Kapsul, tablet, obat cair
Indikasi Mencegah dan mengobati kekurangan vitamin D
Kontra Indikasi Kontraindikasi belum teridentifikasi

Cara Kerja Vitamin D

Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh. Saat terpapar cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol. Induksi ini terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet B (UVB). Pada tahap selanjutnya, senyawa kolekalsiferol ini akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D di dalam tubuh. Kalsitrol sendiri diproduksi di ginjal yang kemudian akan diedarkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, terutama di organ tulang dan gigi.

Di dalam tubuh, vitamin D diserap di usus dengan bantuan senyawa garam empedu. Setelah diserap, vitamin ini kemudian akan disimpan di jaringan lemak (adiposa) dalam bentuk yang tidak aktif.

Dosis Vitamin D

Umumnya, dosis untuk mengobati defisiensi vitamin D adalah setidaknya 1.000 IU atau 25 mikrogram tiap hari.
The American Academy of Pediatrics merekomendasikan 400 unit / hari vitamin D pada bayi dan remaja. Data klinis belum cukup kuat untuk membuat rekomendasi definitif untuk dosis terapi vitamin D; Namun, pada orang tua, 700 untuk 1.000 unit / hari telah terbukti mengurangi risiko jatuh.

Cara Konsumsi Vitamin D Yang Baik dan Benar

Konsumsilah suplemen vitamin D sesuai petunjuk pada kemasan. Konsumsi suplemen vitamin D dengan makanan atau setelah makan.
Jangan menggandakan dosis vitamin D pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.
Jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin D pada waktu yang sama untuk menghindari overdosis.

Efek Samping Vitamin D

Jika dikonsumsi dengan takaran yang direkomendasikan, vitamin D sangat jarang menyebabkan efek samping. Tetapi konsumsi suplemen vitamin D terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa gejala, antara lain : Sakit kepala., Mual dan muntah, Mulut kering, Tidak nafsu makan, dan Sensasi rasa logam dalam mulut.

Interaksi Vitamin D

Penggunaan statin telah terbukti meningkatkan kadar vitamin D serum. Corticosteriods menurunkan metabolisme vitamin D dan orlistat mengurangi penyerapan; fenobarbital dan fenitoin meningkatkan metabolisme hepatik vitamin D.

Penggunaa’an Vitamin D Untuk Wanita Hamil

Keamanan dan kemanjuran vitamin D pada kehamilan belum dikonfirmasi. uji klinis telah dievaluasi ekskresi vitamin D dalam ASI oleh ibu diberikan suplementasi. kecukupan tingkat vitamin D yang dicapai pada bayi yang diberi ASI dari ibu dengan asupan vitamin D dari 400 unit / hari. Semua susu formula yang dijual di Amerika Serikat mengandung setidaknya 400 unit / L vitamin D. 1

Peringatan dan Perhatian

  • Waspadalah dalam mengonsumsi suplemen vitamin D jika menderita penyakit ginjal. Konsumsi vitamin D yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  • Untuk Ibu hamil (terutama yang berisiko mengalami hipertensi) dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter. Konsumsi yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan bayi.
  • Berikan dosis untuk anak-anak sesuai anjuran dokter.
  • Hubungi dokter bila terjadi reakasi alergi atau overdosis
suplemen vitamin d | vitamin d yang dijual di apotik | vitamin d ipi | suplemen vitamin d di apotik | merk vitamin d di apotik | merek vitamin d | ipi vitamin d | suplemen vitamin d3 | vitamin d di apotek | vitamin d yang dijual diapotik |
Vitamin D Khabib M 17 Mar 2017. Vitamin D

Definisi Obat Vitamin D adalah Vitamin yang banyak berperan dalam pembentukkan struktur tulang dan gigi yang baik, Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar kalsium dan fosfat. Vitamin yang larut dalam lemak prohormon ini diperlukan untuk membantu tubuh untuk menyerap kalsium, yaitu mineral penting untuk membentuk dan melindungi struktur tulang […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...