Vitamin C (Asam Karbonat)

loading...

Definisi Obat

Vitamin C adalah vitamin yang dapat menghasilkan zat yang disebut kolagen, zat ini berguna untuk menjaga kesehatan serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, tulang, serta kulit.
Vitamin C juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat (Ascorbic acid). Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas berbahaya.Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Meskipun jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, sebenarnya salah besar, karena lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47&% daripada jeruk.

gambar vitamin c

Contoh produk vitamin C generik produski PT.Aviat

SUMBER VITAMIN C
vitamin C (asam askorbat) alami dapat ditemukan dalam sebagian besar buah dan sayuran, seperti kiwi, jeruk, anggur, tomat, stroberi, lemon, melon, nanas, pepaya, brokoli, cabai, kentang, dan paprika.
Vitamin C juga bisa didapat dari suplemen vitamin C, Vitamin C tersedia dalam berbagai merek yang bisa dibeli secara bebas di apotek.

MANFA’AT VITAMIN C
Fungsi utama suplemen vitamin C adalah untuk mencegah dan mengobati kekurangan vitamin C. Namun suplemen ini juga memiliki berbagai peran penting bagi tubuh, misalnya membantu penyembuhan luka (menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan), memelihara kesehatan jaringan penghubung, dan membantu melindungi sel-sel tubuh. vitamini C juga dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker

KEKURANGAN VITAMIN C
Akibat dari kekurangan vitamin C antara lain : keadaan pecah-pecah di lidah scorbut, baik di mulut maupun perut, kulit kasar, gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas, perdarahan di bawah kulit (sekitar mata dan gusi), cepat lelah, otot lemah dan depresi. Di samping itu, asam askorbat juga berkorelasi dengan masalah kesehatan lain, seperti kolestrol tinggi, sakit jantung, artritis (radang sendi), dan pilek.

Nama Generik Vitamin C
Brand Name (Nama Dagang) Vit.C, Ascorbic acid, vitamin c
Jenis Obat  Suplemen, vitamin
Golongan Obat Obat bebas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tablet
Indikasi Mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin C

Dosis Vitamin C

Umumnya, dosis vitamin C yaitu diantara 25-75 mg sehari cukup untuk mencegah dan mengobati defisiensi vitamin C. Jangan mengonsumsi lebih dari 2.000 mg per hari. Dosis vitamin C akan diberikan berdasarkan tingkat keparahan defisiensi seseorang.

Cara Konsumsi Vitamin C Yang Baik dan Benar

Suplemen vitamin C umumnya hanya dikonsumsi satu kali sehari, sebelum atau sesudah makan. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan, gunakan suplemen vitamin C sesuai dengan keterangan pada kemasan dan anjuran dokter jika diresepkan oleh dokter.

Jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin C pada waktu yang sama untuk menghindari overdosis atau menggandakan dosis vitamin C bila terlupa mengkonsumsinya

Efek Samping Vitamin C

Asam karbonat (vitamin C) tidak akan membahayakan dan sangat jarang menyebabkan efek sampingJika dikonsumsi dengan takaran yang direkomendasikan, tetapi konsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan mungkin menyebabkan beberapa gejala seperti : Diare, Muntah, Sakit perut, Perut kembung, dan Nyeri ulu hati

Peringatan dan Perhatian

Jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin C pada waktu yang sama untuk menghindari overdosis, bila terjadi alergi atau overdosis, segera temui dokter.
Untuk wanita yang berencana untuk hamil, sedang hamil atau menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.

obat vitamin c | merk vitamin c 3000 mg | vitamin c 3000 mg di apotik | macam obat vitamin c | nama nama obat yang mengandung vitamin c | desain kemasan vit c injeks | daftar ibat suplemen vitamin c | contoh vitamin generik tidak mudah sakit untuk anak | vitamin c yang baik di apotik | contoh merk suplemen vitamin c dosis tinggi |
Vitamin C (Asam Karbonat) Khabib M 13 Mar 2017. Vitamin C (Asam Karbonat)

Definisi Obat Vitamin C adalah vitamin yang dapat menghasilkan zat yang disebut kolagen, zat ini berguna untuk menjaga kesehatan serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, tulang, serta kulit. Vitamin C juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat (Ascorbic acid). Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...