Vitamin B9 (Asam Folat)

Definisi Obat

Vitamin B9 disebut juga asam folat (Folic Acid) adalah Zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh, salah satunya yaitu memproduksi sel darah merah. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homoSistein. Vitamin B9 penting untuk tubuh terutama pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan asam folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

gambar obat vitamin b9 asam folat folarin

Contoh obat dengan kandungan asam folat untuk ibu hamil – folarin

MANFA’AT VITAMIN B9 (ASAM FOLAT)
Asam folat sangat penting untuk fungsi otak dan memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan emosional. Hal ini membantu dalam produksi DNA dan RNA, bahan genetik tubuh, dan sangat penting ketika sel-sel dan jaringan yang berkembang pesat, seperti pada masa bayi, remaja, dan kehamilan. Asam folat juga bekerja sama dengan vitamin B12 untuk membantu membuat sel-sel darah merah .

Manfaat Asam Folat untuk ibu hamil yaitu guna mencegah penyakit spina bifida atau terbentuknya kecacatan berupa celah pada tulang belakang pada bayi yang sedang dalam kandungan. Vitamin B9 juga bisa digunakan untuk mengurangi efek samping obat methotrexate pada kasus arthritis, psoriasis, dan penyakit Crohn yang tergolong parah.

SUMBER VITAMIN B9
Beberapa jenis makanan kaya akan asam folat (Vitamin b9) antara lain : Sayuran hijau gelap, Kentang, Buncis, Brokoli, Kubis, Kacang polong, Kacang merah, kacang putih, kacang lima, kacang hijau Hati sapi, Sereal, Asparagus, bayam, lobak, sawi hijau, kedelai, ragi, Akar sayuran, biji-bijian, Gandum bulgur, Ikan salmon, jus jeruk, Alpukat, dan susu

Asam folat sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan suhu tinggi. Karna dia juga cepat larut dalam air, jika bahan makanan yang mengandung asam folat dicuci, maka sering terjadi asam folatnya akan hilang terbawa dengan air. Maka itu juga sering orang kekurangan Vitamin B9. Karna itu disarankan untuk mengkonsumsi sayur2 yang mengandung asam folat dikonsumsi dalam bentuk mentah seperti di salad.

AKIBAT KEKURANGAN VITAMIN B9 (ASAM FOLAT)
Kekurangan asam folat bisa menyebabkan: Pertumbuhan yang buruk, peradangan lidah, Radang gusi, Kehilangan selera makan, Sesak napas, Diare, Sifat mudah marah, mudah lupa, dan kelesuan Mental

Orang yang memiliki tingkat rendah asam folat antara lain peminum alkohol, penyakit radang usus (IBD), dan penyakit celiac dapat menyebabkan kekurangan asam folat. Juga, obat-obatan tertentu dapat menurunkan kadar asam folat dalam tubuh.

loading...
Nama Generik Vitamin B9, Folic Acid (Asam Folat)
Brand Name (Nama Dagang) Afolat, Folarin, Folavit, Folamef, Asam folat, folic acid, folate, folacin, vitamin B9, vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid
Jenis Obat Suplemen, Vitamin
Golongan Obat Obat Bebas Terbatas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, gel lembut, dan pelega tenggorokan, vitamin B9 ditemukan dalam multivitamin, termasuk kunyah anak-anak dan cairan tetes
Indikasi – Mencegah Anemia,
– Mencegah kecacatan bayi
– Mencegah efek samping pengobatan methotrexate pada kasus arthritis, psoriasis, dan penyakit Crohn.

Dosis Vitamin B9 (Asam Folat)

  • Dosis harian yang dianjurkan adalah 0,4 miligram.
  • Dosis harian yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah 1 mg.
  • Dosis harian yang dianjurkan untuk kasus defisiensi vitamin B9 adalah 5 mg.
  • Untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi pada ibu hamil yang beresiko, sebaiknya dosis 5 mg dikonsumsi wanita sebelum melakukan hubungan, hingga trimester pertama setelah pembuahan terjadi.
  • Untuk kasus anemia megaloblastik, dosis yang dianjurkan pada orang dewasa dan anak usia satu tahun ke atas adalah 5 mg.
  • Untuk mencegah defisiensi vitamin B9 akibat efek samping obat, dosis harian yang dianjurkan adalah 5-15 mg.
  • Untuk perawatan pada kasus anemia hemolitik kronis atau pada pasien cuci darah, dosis harian yang dianjurkan adalah 5 mg.

Kebanyakan orang (kecuali wanita hamil) harus bisa mendapatkan asam folat yang cukup dari diet mereka.

Cara Konsumsi Vitamin B9 Yang Baik dan Benar

Ikuti petunjuk aturan pakai yang tertera pada kemasan suplemen vitamin B9. Apabila ada yang tidak jelas, tanyakan dokter. Jangan mengonsumsi suplemen vitamin B9 melebihi dosis yang dianjurkan, suplemen vitamin B9 dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Usahakan untuk mengonsumsinya pada waktu yang sama tiap hari agar tidak lupa, serta untuk memaksimalkan efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen vitamin B9, disarankan segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis vitamin B9 pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Vitamin B9 (Asam Folat)

Asam Folat (Vitamin B9) sangat jarang dan hampir tidak pernah menyebabkan efek samping, terutama jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Salah satu efek samping yang jarang terjadi bisa diakibatkan oleh penggunaan suplemen vitamin B9 dosis 5 miligram, yaitu perut kembung, mual, dan hilang nafsu makan.

Peringatan dan Perhatian

  • Jangan mengonsumsi suplemen vitamin B9 jika Anda menderita defisiensi laktosa, kesulitan menyerap glukosa-galaktosa, atau intoleransi terhadap galaktosa.
  • Jangan mengonsumsi suplemen vitamin B9 bersamaan dengan obat-obatan lainnya, termasuk produk obat herba tanpa petunjuk dari dokter.
  • Harap waspada jika Anda menderita jenis tumor yang bergantung folat.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
loading...
nama obat asam folat yang bagus | obat mengandung asam folat | obat yang mengandung asam folat | nama obat asam folat untuk ibu hamil | obat asam folat ada macam | asam folat | merk obat yang kandungan asam | nama vitamin yang mengandung asam folat | gambar folic acid | macam macam vitamin asam folat |
Vitamin B9 (Asam Folat) Khabib M 10 Mar 2017. Vitamin B9 (Asam Folat)

Definisi Obat Vitamin B9 disebut juga asam folat (Folic Acid) adalah Zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh, salah satunya yaitu memproduksi sel darah merah. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homoSistein. Vitamin B9 penting untuk tubuh terutama pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *