Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Definisi Obat

Vitamin B5 dikenal dengan nama Asam Pantotenat (Pantothenic acid) adalah salah satu vitamin yang bersifat larut dalam air berguna membantu tubuh dalam proses pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak, serta dibutuhkan juga oleh tubuh menjaga kesehatan kulit.

gambar vitamin b5 asam pantotenat

Contoh gambar produk dengan kandungan vitamin B5

Vitamin B5 (Asam Pantotenat) pertama kali ditemukan pada tahun 1933, asam pantotenat sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya dalam vitamin formulasi B kompleks. Vitamin B kompleks umumnya meliputi vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin / niacinamide), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B12 (cyanocobalamin), dan asam folat. di Indonesia, Vitamin B5 digabung dengan vitamin dan nutrisi lain dalam bentuk tablet multivitamin untuk dewasa.

SUMBER VITAMIN B5
Asam pantotenat (Vitamin B5) dapat ditemukan pada banyak jenis makanan karena pada dasarnya hampir semua makhluk hidup membutuhkannya. Beberapa contoh sumber makanan yang banyak mengandung vitamin ini adalah ragi, kuning telur, brokoli, dan hati. Sumber makanan lain yang juga mengandung vitamin B5 adalah daging ayam, ikan, susu, yoghurt, kacang-kacangan, alpukat, ubi, dan sereal biji-bijian utuh.

MANFAAT VITAMIN B5
Asam pantotenat memiliki daftar panjang kegunaan, meskipun tidak ada bukti ilmiah yang cukup untuk menentukan apakah itu efektif untuk sebagian besar penggunaan ini. Orang-orang mengambil asam pantotenat untuk mengobati jerawat, alkoholisme, alergi, kebotakan, asma, gangguan attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), autisme, infeksi jamur, gagal jantung, carpal tunnel syndrome, gangguan pernafasan, penyakit celiac, kolitis, konjungtivitis, kejang, dan sistitis.
Vitamin B5 juga digunakan untuk atasi depresi, nyeri saraf diabetes, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kinerja atletik, infeksi lidah, rambut beruban, sakit kepala, hiperaktif, gula darah rendah, kesulitan tidur (insomnia), lekas marah, tekanan darah rendah, beberapa sclerosis, distrofi otot, kram otot pada kaki yang berhubungan dengan kehamilan atau alkoholisme, neuralgia, dan obesitas.
Asam pantotenat juga digunakan secara oral untuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, penyakit Parkinson, nyeri saraf, premenstrual syndrome (PMS), pembesaran prostat, perlindungan terhadap stres mental dan fisik dan kecemasan, mengurangi efek samping dari terapi tiroid pada hipotiroidisme kongenital, mengurangi tanda-tanda penuaan , mengurangi kerentanan terhadap pilek dan infeksi lainnya, pertumbuhan terbelakang, herpes zoster, gangguan kulit, merangsang kelenjar adrenal, sindrom kelelahan kronis, keracunan salisilat, neurotoksisitas streptomisin, pusing, dan penyembuhan luka.

KEKURANGAN VITAMIN B5
Kekurangan atau defisiensi vitamin B5 sangat jarang terjadi, tetapi jika ada yang mengalaminya, gejala-gejala yang muncul biasanya mirip dengan defisiensi vitamin B yang secara umum meliputi kelelahan, uring-uringan, apatis (kurang tanggap terhadap rangsang lingkungan), kebas, serta kejang otot.
Pada kondisi ringan, defisiensi asam pantotenat dapat menyebabkan sakit kepala, insomnia, dan gangguan pencernaan. Biasanya, defisiensi ini dialami oleh para pecandu alkohol dan manula. Hal ini disebabkan oleh menurunnya daya cerna makanan sehingga banyak nutrisi yang tidak diserap tubuh dan segera hilang.

Nama Generik Vitamin B5, Pantothenic Acid
Brand Name (Nama Dagang) Acide D-Pantothénique, Acide Pantothénique, Ácido Pantoténico, Alcool Pantothénylique, B Complex Vitamin, Calcii Pantothenas, Calcium D-Pantothenate, Calcium Pantothenate, Complexe de Vitamines B, D-Calcium Pantothenate, D-Panthenol, D-Panthénol, D-Pantothénate de Calcium, D-Pantothenic Acid, D-Pantothenyl Alcohol, Dexpanthenol, Dexpanthénol, Dexpanthenolum, Pantéthine, Panthenol, Panthénol, Pantothenate, Pantothénate, Pantothénate de Calcium, Pantothenol, Pantothenylol, Vitamin B5, Vitamin B-5, Vitamina B5, Vitamine B5.
Jenis Obat Suplement, Vitamin
Golongan Obat Obat bebas terbatas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Kapsul, tablet
Indikasi Mencegah dan mengobati defisiensi vitamin B5
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Vitamin B5

Di dalam tubuh, Asam pantotenat (vitamin B5) berperan sebagai komponen koenzim A yang terlibat langsung dalam proses asetilasi dan pelepasan energi dari molekul makronutrien.
Koenzim ini sendiri memegang peranan kunci dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Hasil dari metabolisme ini akan menghasilkan energi. Asam pantotenat juga berperan dalam sintesis senyawa spingolipida, fosfolipid, sterol, hormon pertumbuhan, sel saraf, dan antibodi.

Dosis Vitamin B5

Dosis berikut telah dipelajari dalam penelitian ilmiah, Direkomendasikan asupan harian untuk asam pantotenat (vitamin B5) adalah sebagai berikut:

  • Bayi 0-6 bulan, 1,7 mg
  • Bayi 7-12 bulan, 1,8 mg
  • Anak 1-3 tahun, 2 mg
  • Anak 4-8 tahun, 3 mg
  • Anak 9-13 tahun, 4 mg
  • Pria dan wanita 14 tahun dan lebih tua, 5 mg
  • Wanita hamil, 6 mg
  • Wanita menyusui, 7 mg.
  • Sebagai suplemen diet: 5-10 mg

Cara Konsumsi Vitamin B5 Yang Baik dan Benar

Selalu Konsumsi suplemen vitamin B5 sesuai keterangan pada kemasan, atau tanyakanlah kepada dokter jika Anda merasa ragu.
Apabila terjadi lupa mengonsumsi suplemen vitamin B5, disarankan segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis vitamin B5 pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlupa.

Efek Samping Vitamin B5

Mengonsumsi vitamin B5 sangat jarang memicu efek samping yang signifikan, walaupun dengan dosis berlebih, salah satu efek samping yang mungkin terjadi adalah diare. Meski demikian, pastikan Anda membaca bahan yang terkandung pada tiap obat dan jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Peringatan dan Perhatian

  • Waspadalah dalam mengonsumsi suplemen vitamin B5 jika menderita sumbatan saluran pencernaan dan hemofilia, serta penderita gangguan kecemasan.
  • Hubungi dokter bila terjadi alergi atau overdosis
harga pantothenic acid di apotik | harga vitamin b5 di apotik | harga vitamin a di apotik | harga pantothenic acid | harga now pantothenic acid di apotik | vitamin b5 di apotik | pantothenic acid di apotik | merk vitamin b5 di apotik | salep penghilang jerawat yang ada di apotik | merek dagang vitamin b5 |
Vitamin B5 (Pantothenic Acid) medlineplus.gov 07 Mar 2017. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)

Definisi Obat Vitamin B5 dikenal dengan nama Asam Pantotenat (Pantothenic acid) adalah salah satu vitamin yang bersifat larut dalam air berguna membantu tubuh dalam proses pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak, serta dibutuhkan juga oleh tubuh menjaga kesehatan kulit. Vitamin B5 (Asam Pantotenat) pertama kali ditemukan pada tahun 1933, asam pantotenat sering digunakan dalam kombinasi dengan […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *