Vitamin B3 (Niasin)

loading...

Definisi Obat

Vitamin B3 disebut juga dengan nama Niacin (Niasin), vitamin B3 terbukti ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi, Vitamin B3 diperlukan tubuh untuk kesehatan kulit, sistem saraf, dan dalam melepaskan energi dari makanan yang dikonsumsi.

Vitamin B3 / Niasin (bahasa Inggris: nicotinic acid vitamine) adalah salah satu senyawa organik yang ditemukan pada tahun 1937, yang berfungsi untuk mencegah penyakit pelagra. Senyawa organik yang lain disebut nikotinamida, keduanya mengandung alkaloid nikotina dan kemudian disebut sebagai vitamin B3, meskipun nikotinamida bukanlah nikotinamina.
Sekitar tahun 1956, niasin /vitamin B3 mulai digunakan pertama kali untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung. Niasin berfungsi dengan baik untuk meningkatkan HDL, menurunkan kadar LDL dan trigliserida, namun penggunaan yang berlebihan dapat berakibat gagal hati yang hanya dapat diatasi dengan transplantasi.

gambar vitamin b3 - niasin

Contoh produk dengan kandungan vitamin B3 atau niasin

SUMBER VITAMIN B3
Makanan-makanan yang mengandung vitamin B3 antara lain: Telur, Jamur, Hati, Daging, Sayuran hijau, Ikan seperti tuna dan salmon, Susu, Ragi dan biji-bijian sereal.
Niacin juga diproduksi dalam tubuh dari triptofan, yang ditemukan dalam makanan yang mengandung protein. Ketika digunakan sebagai suplemen, niacin sering ditemukan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya.

MANFAAT VITAMIN B3
Khasiat Niacin (vitamin b3) adalah untuk mencegah penyakit pelagra. vitamin ini juga diminum untuk skizofrenia, halusinasi karena obat, penyakit Alzheimer dan penurunan yang berkaitan dengan usia keterampilan berpikir, sindrom otak kronis, kejang otot, depresi, mabuk, ketergantungan alkohol, pembuluh darah bengkak terkait dengan lesi kulit, dan cairan koleksi (edema).
Beberapa orang mengambil niacin melalui mulut untuk jerawat, kusta, gangguan attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), mencegah sakit kepala pramenstruasi, meningkatkan pencernaan, melindungi terhadap racun dan polutan, mengurangi efek penuaan, arthritis, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, mempromosikan relaksasi , meningkatkan orgasme, dan mencegah katarak.

AKIBAT KEKURANGAN BITAMIN B3
Kekurangan Vitamin B3 / niasin dapat menyebabkan kondisi yang disebut pellagra, yang menyebabkan iritasi kulit, diare, dan demensia. Pellagra umum terjadi pada awal abad kedua puluh, tetapi kurang umum untuk sekarang, karena makanan yang kini telah difortifikasi dengan niacin. Pellagra telah hampir dieliminasi dalam budaya barat.
Orang dengan pola makan yang buruk, alkoholisme, dan beberapa jenis tumbuh lambat tumor disebut tumor karsinoid mungkin berisiko kekurangan vitamin B3.

Nama Generik Niacin, Vitamin B3
Brand Name (Nama Dagang) Vit.B3, Vitamin B3, Niacin, 3-Pyridinecarboxylic Acid, Acide Nicotinique, Acide Pyridine-Carboxylique-3, Anti-Blacktongue Factor, Antipellagra Factor, B Complex Vitamin, Complexe de Vitamines B, Facteur Anti-Pellagre, Niacina, Niacine, Nicotinic Acid, Pellagra Preventing Factor, Vitamin PP, Vitamina B3, Vitamine B3, Vitamine PP./td>
Jenis Obat Suplemen vitamin
Golongan Obat Obat Bebas Terbatas
Dikonsumsi Untuk Anak-anak dan dewasa
Bentuk Sediaan Tablet, kapsul dan obat suntik
Indikasi – Mengatasi defisiensi vitamin B3,
– Menurunkan kolesterol tinggi

Cara Kerja Vitamin B3

Niacin diserap oleh tubuh ketika dilarutkan dalam air dan diminum. Hal ini dikonversi ke niacinamide jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar dari apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dosis Vitamin B3

Manusia membutuhkan vitamin B3 5-15 mg/hari dengan batas puncak 35 mg/hari, berikut ini adalah dosis vitamin B3 harian yang disarankan untuk orang dewasa.
*Defisiensi vitamin B3 : 50 – 1.000 miligram /perhari
*Kolesterol tinggi : 500 – 4.000 miligram /perhari
Pada dosis tinggi, niacin mungkin membantu orang dengan penyakit jantung karena efek menguntungkan pada pembekuan. Hal ini juga dapat meningkatkan kadar tertentu lemak yang disebut trigliserida dalam darah.

Cara Konsumsi Vitamin B3 Yang Baik dan Benar

Jalankan pola makan atau diet yang seimbang dan jangan mengonsumsi minuman keras.
Baca aturan pakai di kemasan dan jika ada yang tidak jelas, hubungi dokter. Jangan mengonsumsi vitamin B3 melebihi dosis yang dianjurkan.

Vitamin B3 harus dikonsumsi setelah makan untuk mengurangi terkena risiko efek samping sakit perut, usahakan untuk mengonsumsi vitamin B3 di waktu yang sama tiap hari agar tidak lupa, apabila lupa meminum vitamin B3, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat, jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis vitamin B3.

Efek Samping Vitamin B3

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda, beberapa efek samping yang paling umum terjadi akibat mengonsumsi vitamin B3 antara lain : Diare, Sakit kepala, Sakit perut, Kulit menjadi berwarna merah, Hipotensi ortostatik atau berkurangnya tekanan darah secara drastis saat berdiri

Interaksi Obat

  • Alkohol (etanol) : Mengkonsumsi alkohol bersama dengan niacin mungkin dapat menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal. Ada juga beberapa kekhawatiran bahwa mengkonsumsi alkohol dengan niacin mungkin meningkatkan resiko kerusakan hati.
  • Allopurinol (Zyloprim) : mengkonsumsi dosis besar niacin mungkin memperburuk gout dan menurunkan efektivitas allopurinol (Zyloprim).
  • Clonidine (Catapres) : mengokonsumsi Vitamin B3 dengan clonidine dapat menyebabkan tekanan darah menjadi terlalu rendah.
  • Obat untuk diabetes (obat Antidiabetes) : Penggunaan vitamin B3 dalam jangka panjang dapat meningkatkan gula darah. Dengan meningkatnya gula darah, niacin dapat menurunkan efektivitas obat diabetes. Memonitor gula darah Anda dengan cermat. Dosis obat diabetes Anda mungkin perlu diubah.
  • Obat yang digunakan untuk menurunkan kolesterol (statin) : Niacin dapat mempengaruhi otot-otot. Beberapa obat yang digunakan untuk menurunkan kolesterol yang disebut statin juga dapat mempengaruhi otot-otot. Mengambil niacin bersama dengan obat-obat ini dapat meningkatkan risiko masalah otot.
  • probenesid (Obat asam urat): Probenesid digunakan untuk mengobati asam urat. Mengkonsumsi dosis besar niacin mungkin memperburuk gout dan menurunkan efektivitas probenesid.
  • Gemfibrozil (Lopid) : Mengkonsumsi niacin bersama dengan gemfibrozil dapat menyebabkan kerusakan otot pada beberapa orang. Gunakan dengan hati-hati.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan ginjal, hati, tekanan darah rendah, ulkus peptikum, rematik asam urat, gangguan pada kantung empedu, dan diabetes.
  • Penggunaan untuk wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  • Hindari mengonsumsi vitamin B3 dengan obat-obatan, seperti heparin dan warfarin, karena bisa meningkatkan risiko mengalami pendarahan.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
vitamin b3 di apotik | harga vitamin b3 | harga niacin di apotik | harga vitamin b3 niacin | obat niacin | harga vitamin b3 di apotik | harga niacin | harga obat niacin | merk vitamin b3 | nama dagang vitamin b3 |
Vitamin B3 (Niasin) Khabib M 05 Mar 2017. Vitamin B3 (Niasin)

Definisi Obat Vitamin B3 disebut juga dengan nama Niacin (Niasin), vitamin B3 terbukti ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi, Vitamin B3 diperlukan tubuh untuk kesehatan kulit, sistem saraf, dan dalam melepaskan energi dari makanan yang dikonsumsi. Vitamin B3 / Niasin (bahasa Inggris: nicotinic acid vitamine) adalah salah satu senyawa organik yang ditemukan pada tahun […]

4.9 Khabib M
loading...
5 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...