Vitamin B2 (Riboflavin)

Definisi Obat

Vitamin B2 adalah mikronutirisi yang diperlukan tubuh untuk membantu mengurai karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang kita konsumsi menjadi energi.

Vitamin B2 juga disebut dengan nama Riboflavin, riboflavin berasal dari kata ribosa dan flavin. vitamin b2 atau riboflavin mempunyai sifat yang larut dalam air dan mudah dicerna sehingga tidak bisa disimpan oleh tubuh

MANFAAT VITAMIN B2
Vitamin b2 juga membantu proses penyerapan oksigen di dalam tubuh, beberapa metabolisme vitamin lain dan mineral juga membutuhkan peranan vitamin ini. Selain itu, vitamin ini berperan dalam respirasi jaringan tubuh, pertumbuhan badan, produksi sel darah merah, menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf

gambar obat vitamin b2 - riboflavin

Contoh produk suplemen dengan kandungan vitamin b2 atau riboflaviin

SUMBER VITAMIN B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 bisa kita peroleh melalui sumber alami dari bahan makanan seperti produk susu, daging rendah lemak, telur, kacang-kacangan, nasi serta sayuran hijau. Bahan-bahan makanan tersebut sebaiknya dijauhkan dari cahaya matahari karena sinar ultraviolet bisa menghancurkan kandungan vitamin B.

KEKURANGAN VITAMIN B2
Kekurangan atau defisiensi vitamin B2 umumnya bisa dialami oleh orang-orang yang mengidap diare dan demam yang berkepanjangan. Ketergantungan pada minuman keras, luka bakar, kanker, dan penyakit pada hati serta usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin B2.

Gejala kekurangan vitamin B2 adalah pemucatan dan lecet pada ujung bibir bagian atas bibir. Defisiensi ini juga berpotensi menyebabkan mata gatal dan terasa panas, mata yang sensitif terhadap cahaya, sariawan, lidah perih, serta pengelupasan dan gatal pada kulit hidung serta skrotum.

Nama Generik Riboflavin, Vitamin B2
Brand Name (Nama Dagang) Vitamin b2, riboflavin, B Complex Vitamin, Complexe de Vitamines B, Flavin, Flavine, Lactoflavin, Lactoflavine, Riboflavina, Riboflavine, Vitamin B-2, Vitamin G, Vitamina B2, Vitamine B2, Vitamine G.
Jenis Obat Suplemen Vitamin
Golongan Obat Obat bebas terbatas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Kapsul, tablet, obat cair
Indikasi – Mencegah dan mengobati defisiensi vitamin B2,
– Mencegah Migrain,
– Mencegah Katarak

Dosis Vitamin B2 (Riboflavin)

  • Secara umum, takaran vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh adalah 1,3 mg untuk pria dan 1,1 mg untuk wanita. dosis maksimal yang dianjurkan adalah 40 mg per hari.
  • Dosis harian riboflavin untuk mencegah defisiensi yang dianjurkan untuk wanita hamil adalah 1,4 mg, sedangkan untuk wanita menyusui adalah 1,6 mg.
  • Pada orang dewasa yang mengalami defisiensi riboflavin, dosis pengobatan yang dianjurkan adalah 5-30 mg per hari yang dibagi lagi menjadi beberapa jadwal konsumsi.
  • Untuk mencegah katarak, dokter biasanya akan meresepkan 2,6 mg riboflavin per hari. Jika diperlukan, dokter mungkin akan mengombinasikan 3 mg riboflavin dengan 40 mg niacin.
  • Untuk mencegah sakit migrain, dokter biasanya akan meresepkan 400 mg riboflavin per hari selama tiga bulan.

Berikut ini adalah dosis harian riboflavin untuk mencegah defisiensi yang dianjurkan oleh dokter.

loading...
Jenis kelamin Usia Dosis dalam miligram (mg)
Laki-laki 14 tahun ke atas 1,3
9-13 tahun 0,9
4-8 tahun 0,6
1-3 tahun 0,5
7-12 bulan 0,4
6 bulan ke bawah 0,3
Perempuan 18 tahun ke atas 1,1
14-18 tahun 1
9-13 tahun 0,9
4-8 tahun 0,6
1-3 tahun 0,5
7-12 bulan 0,4
6 bulan ke bawah 0,3

Cara Konsumsi Vitamin B2 (Riboflavin) Yang Baik dan Benar

Jangan mengonsumsi suplemen riboflavin (vitamin b2) melebihi dosis yang dianjurkan, Baca aturan pakai yang tertera pada kemasan suplemen riboflavin. Apabila ada yang tidak jelas, silakan tanya dokter.

Suplemen riboflavin (vitamin b2) dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Usahakan untuk mengonsumsinya pada waktu yang sama tiap hari agar tidak lupa, serta untuk memaksimalkan efeknya.

Jangan menggandakan dosis riboflavin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat, Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen riboflavin, disarankan segera meminumnya begitu teringat.

Efek Samping Vitamin B2

Vitamin B2 jarang sekali menyebabkan efek samping walaupun dikonsumsi secara berlebihan. Efek samping yang mungkin muncul adalah warna urine yang lebih kuning dari biasanya. Meski demikian, pastikan Anda membaca bahan yang terkandung pada tiap obat dan jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin B2.

Peringatan dan Perhatian

  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi suplemen vitamin B2 (riboflavin)
  • Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dosis suplemen vitamin b2 (riboflavin) dengan anjuran dokter.
  • Harap berhati-hati bagi penderita obstruksi biliaris (penyumbatan saluran empedu), sirosis hati, dan hepatitis harap berkonsultasi dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi riboflavin. Ketiga kondisi tersebut berisiko mengganggu penyerapan riboflavin oleh tubuh.
  • Jauhi rokok dan minuman beralkohol selama menjalani pengobatan dengan riboflavin.
  • Jangan mengonsumsi suplemen riboflavin bersamaan dengan obat apa pun, termasuk produk herba, tanpa petunjuk dari dokter karena dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.
  • Simpan suplemen riboflavin atau makanan yang mengandung riboflavin di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena cahaya ultraviolet dapat merusak obat ini.
loading...
nama dagang vitamin b2 | harga riboflavin di apotik | nama obat vitamin dan mineral | obat vitamin b2 |
Vitamin B2 (Riboflavin) Khabib M 04 Mar 2017. Vitamin B2 (Riboflavin)

Definisi Obat Vitamin B2 adalah mikronutirisi yang diperlukan tubuh untuk membantu mengurai karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan yang kita konsumsi menjadi energi. Vitamin B2 juga disebut dengan nama Riboflavin, riboflavin berasal dari kata ribosa dan flavin. vitamin b2 atau riboflavin mempunyai sifat yang larut dalam air dan mudah dicerna sehingga tidak bisa disimpan oleh […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *