Vitamin B1 (Thiamine)

loading...

Definisi Obat

Vitamin B1 adalah salah satu vitamin yang berperan sangat vital agar otak dapat bekerja dengan normal.
Vitamin B1 biasa disebut juga dengan nama Thiamine (indonesia:Tiamina)
Vitamin B1 merupakan salah satu senyawa pertama yang dikenali sebagai sebuah vitamin dan berguna dalam metabolisme tubuh.
Vitamin B1 ini sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya, dan ditemukan di banyak vitamin produk B kompleks. vitamin B kompleks umumnya termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin / niacinamide), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B12 (cyanocobalamin), dan asam folat. Namun, beberapa produk tidak mengandung semua bahan-bahan ini.

SUMBER VITAMIN B1
Makanan-makanan yang mengandung vitamin B1 dan merupakan sumber alami yang baik antara lain : ragi, biji-bijian sereal, kacang-kacangan, Daging sapi, Nasi, Susu, kentang, dan telur .
Banyak fungsi tubuh yang memerlukan vitamin B1, termasuk pencernaan, metabolisme karbohidrat, fungsi otot, dan sistem saraf.

gambar vitamin b1

Contoh produk dengan kandungan Vitamin B1 – VIT.B1 produksi IPI

MANFAAT VITAMIN B1
Kegunaan Vitamin B1 / Tiamin juga digunakan untuk AIDS yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, nyeri diabetes, penyakit jantung, alkoholisme, penuaan, jenis kerusakan otak yang disebut sindrom serebelar, sariawan, gangguan penglihatan seperti katarak dan glaukoma, mabuk, dan meningkatkan kinerja atletik. kegunaan lain termasuk mencegah kanker serviks dan perkembangan penyakit ginjal pada pasien dengan diabetes tipe 2. Beberapa orang menggunakan tiamin untuk menjaga sikap mental positif, meningkatkan kemampuan belajar, meningkatkan energi, memerangi stres, dan mencegah kehilangan memori, termasuk penyakit Alzheimer.

Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan penyakit beriberi dan gangguan pada jantung, pencernaan, saraf, otot, dan otak.

Nama Generik Thiamine, Vitamin B1
Brand Name (Nama Dagang) Vitamin B1 IPI, Aneurine Hydrochloride, Antiberiberi Factor, Antiberiberi Vitamin, Antineuritic Factor, Antineuritic Vitamin, B Complex Vitamin, Chlorhydrate de Thiamine, Chlorure de Thiamine, Complexe de Vitamine B, Facteur Anti-béribéri, Facteur Antineuritique, Hydrochlorure de Thiamine, Mononitrate de Thiamine, Nitrate de Thiamine, Thiamine Chloride, Thiamine HCl, Thiamine Hydrochloride, Thiamin Mononitrate, Thiamine Mononitrate, Thiamine Nitrate, Thiaminium Chloride Hydrochloride, Tiamina, Vitamin B1, Vitamin B-1, Vitamina B1, Vitamine Anti-béribéri, Vitamine Antineuritique, Vitamine B1.
Jenis Obat Suplemen vitamin
Golongan Obat Obat Bebas Terbatas
Dikonsumsi Untuk Anak-anak dan dewasa
Bentuk Sediaan Tablet dan obat suntik
Indikasi – Mengatasi kekurangan vitamin B1
– Perawatan gangguan metabolisme

Dosis Vitamin B1

Kebutuhan vitamin B1 pada manusia skitar 1-1,5 mg/3000 kal. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan beri-beri dan sindrom Wernicke-Korsakoff. Untuk mengatasi defisiensi vitamin B1, dosis umumnya adalah 50-300 mg per hari. Dosis dan lama konsumsi vitamin B1 akan berdasarkan tingkat keparahan kondisi dan respons tubuh setelah beberapa saat memulai pengobatan. Pengobatan bisa berjalan selama 3 sampai 6 bulan.

Cara Konsumsi Vitamin B1 Yang Baik dan Benar

Jangan mengonsumsi vitamin B1 melebihi dosis yang dianjurkan, baca aturan pakai di kemasan dan jika ada yang tidak jelas, hubungi dokter.

Ikuti pola makan atau diet yang seimbang dan jangan mengonsumsi minuman keras.
Vitamin B1 dapat dikonsumsi pada saat atau setelah makan, dan usahakan mengonsumsinya di waktu yang sama tiap hari agar tidak lupa serta untuk memaksimalisasi efeknya.

Bila tidak sengaja melewatkan jadwal meminum vitamin B1, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat. Namun jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis vitamin B1 yang diminum berikutnya.

Efek Samping Vitamin B1

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.
Vitamin B1 hampir tidak pernah menyebabkan efek samping, terutama jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat. Efek samping yang bisa terjadi adalah iritasi kulit, reaksi alergi, masalah pencernaan termasuk nafsu makan yang buruk, ulcerative colitis, dan diare terus menerus.

Interaksi Obat

Hal ini tidak diketahui apakah produk ini berinteraksi dengan obat-obatan, namun vitamin B1 berinteraksi dengan makanan, diantaranya adalah bahan kimia yang terkandung dalam kopi dan teh yang disebut tanin dapat bereaksi dengan tiamin, mengubahnya menjadi bentuk yang sulit diambil bagi tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan defisiensi tiamin.
Para peneliti berpikir interaksi antara kopi dan teh dan tiamin mungkin tidak penting kecuali diet rendah tiamin atau vitamin C. Vitamin C tampaknya untuk mencegah interaksi antara tiamin dan tanin dalam kopi dan teh.

Penggunaa’an Vitamin B1 Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Hindari menggunakan vitamin B1 tanpa vitamin B6 dan vitamin B3 karena bisa menyebabkan kerusakan otak.
  • Diharapkan untuk berhati-hati bagi penderita diabetes.
  • Waspada bagi yang mengalami tekanan darah rendah, orang yang melakukan kemoterapi, dan orang yang memiliki detak jantung yang tidak normal.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
thiamine hcl termasuk golongan | obat b1 | daftar obat dagang yg mengandung neurotropik | Obat vitamin b1 | vitamin b1 ipi | Harga vitamin b 1 | harga obat vitamin b1 kompleks | harga betamin adalah obat | vitamin ipi B1 untuk apa | foto obat vitamin b1 |
Vitamin B1 (Thiamine) Khabib M 04 Mar 2017. Vitamin B1 (Thiamine)

Definisi Obat Vitamin B1 adalah salah satu vitamin yang berperan sangat vital agar otak dapat bekerja dengan normal. Vitamin B1 biasa disebut juga dengan nama Thiamine (indonesia:Tiamina) Vitamin B1 merupakan salah satu senyawa pertama yang dikenali sebagai sebuah vitamin dan berguna dalam metabolisme tubuh. Vitamin B1 ini sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya, […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *