Vitamin A

Definisi Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, Fungsi utama suplemen vitamin A adalah untuk mencegah dan mengobati defisiensi vitamin A, contoh orang-orang yang biasa menderita defisiensi vitamin A antara lain Penderita diabetes, hipertiroidisme dan penyakit hati.
Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O.

Vitamin A banyak berperan dalam pembentukan indra penglihatan bagi manusia. Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, antara lain retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Akan tetapi, istilah vitamin A seringkali merujuk pada senyawa retinol dibandingkan dengan senyawa lain karena senyawa inilah yang paling banyak berperan aktif di dalam tubuh.
Bila kekurangan vitamin ini maka tubuh dapat mengalami gangguan pernapasan kerabunan dan bahkan kebutaan, sedangkan kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan mual, sakit kepala, nyeri sendi, iritasi, dan kerontokkan rambut.

SUMBER VITAMIN A
Vitamin ini dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan, misalnya wortel, minyak ikan, susu, keju, yoghurt, telur, mentega, daging, hati, serta minyak ikan laut. Selain itu, asupannya dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung beta-karoten, beta karoten sendiri merupakan  salah satu bentuk vitamin A (merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas). Contoh buah dan sayuran yang kaya dengan beta-karoten adalah melon, mangga, bayam, dan wortel.

MANFAAT VITAMIN A
Kecukupan asupan vitamin A berperan penting dalam perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh, seperti menjaga kesehatan mata, menyehatkan kulit, mengoptimalkan perkembangan janin, menghampat sel kanker payudara dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

gambar vitamin A ipi

Contoh Produk dengan kandungan Vitamin A – VIT. A IPI

Nama Generik Vitamin A
Brand Name (Nama Dagang) Vitamin A, dll
Jenis Obat Vitamin
Golongan Obat Obat Bebas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Kapsul
Indikasi Mencegah dan mengobati defisiensi vitamin A

Cara Kerja Vitamin A

Vitamin ini akan membantu mengkonversi sinyal molekul dari sinar yang diterima oleh retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang berperan utama dalam hal ini adalah retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol akan membentuk kompleks pigmen yang sensitif terhadap cahaya untuk mentransmisikan sinyal cahaya ke otak. Oleh karena itu, kekurangan vitamin A di dalam tubuh seringkali berakibat fatal pada organ penglihatan.

Dosis Vitamin A

  • Usia 0-6 bulan : 1300
  • Usia 7-12 bulan : 1700
  • Usia 1-3 tahun : 1000
  • Usia 4-8 tahun : 1300
  • Usia 9-13 tahun : 2000
  • Pria >14 tahun : 3000
  • Wanita >14 tahun : 2300

Cara Konsumsi Vitamin A Yang Baik dan Benar

Konsumsilah suplemen vitamin A sesuai keterangan pada kemasan.
Suplemen vitamin A umumnya hanya dikonsumsi satu kali sehari. Anda sebaiknya menggunakannya saat atau setelah makan. Vitamin ini akan terserap oleh tubuh bersama dengan lemak dari makanan.

Bila lupa mengonsumsi suplemen vitamin A, minumlah segera begitu teringat. Jangan menggandakan dosis vitamin A pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlupa.

Efek Samping Vitamin A

Sama seperti obat-obatan lainnya, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.

Jika dikonsumsi dengan takaran yang direkomendasikan, vitamin A tidak akan membahayakan. Tetapi konsumsi suplemen vitamin A dosis tinggi dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko osteoporosis (khususnya pada wanita lansia) dan menyebabkan beberapa efek samping seperti : Mengantuk dan kelelahan, Keringat berlebih, Uring-uringan, Kehilangan nafsu makan, Sakit perut, Mual dan muntah, dan Sakit kepala.

Penggunaa’an Vitamin A Untuk Wanita Hamil

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin A, termasuk minyak ikan, kecuali jika diresepkan oleh dokter. Ini karena kelebihan vitamin A dapat berdampak kepada bayi dalam kandungan. Begitu juga dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti hati.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati mengonsumsi suplemen vitamin A jika menderita penyakit hati.
  • Perempuan yang mencoba untuk hamil, sedang hamil, atau sedang menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin A kecuali diresepkan oleh dokter.
  • Penggunaan berlebihan dapat meningkatkan risiko osteoporosis, khususnya wanita lansia.
  • Hubungi Dokter bila terjadi alergi atau overdosis
harga vitamin a | obat vitamin a | harga kapsul vitamin a | nama obat vitamin a | suplemen vitamin A | merk vitamin a di apotek | vitamn a di | kapsul vitamin a untuk dewasa | harga vitamin A apotik | harga suplemen vitamin a di apotik |
Vitamin A medlineplus.gov 04 Mar 2017. Vitamin A

Definisi Vitamin A Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, Fungsi utama suplemen vitamin A adalah untuk mencegah dan mengobati defisiensi vitamin A, contoh orang-orang yang biasa menderita defisiensi vitamin A antara lain Penderita diabetes, hipertiroidisme dan penyakit hati. Rumus kimia untuk Vitamin A adalah C20H30O. Vitamin A banyak berperan dalam […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *