Verapamil

Definisi Obat

Verapamil  adalah obat yang digunakan untuk mengobati angina atau angin duduk, aritmia atau detak jantung yang terganggu, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Verapamil merupakan obat yang termasuk dalam golongan obat penghambat saluran kalsium.

Selain mengatasi aritmia, angina, dan tekanan darah tinggi, verapamil juga dapat digunakan untuk mencegah serangan jantung pada orang-orang yang pernah terkena serangan tersebut sebelumnya, serta dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis sakit kepala.
Verapamil dapat juga digunakan untuk tujuan tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

verapamil images

Contoh obat generik berlogo verapamil

Nama Generik Verapamil (oral) ( ver AP a mil)
Nama Obat Bermerek Dagang Calan, Calan SR, Isoptin SR, Verelan, Verelan PM, Isoptin, Isoptin I.V., Covera-HS
Jenis Obat Penghambat saluran kalsium
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan obat Tablet, kapsul, cairan yang diminum, dan suntik
Indikasi Mengobati aritmia, angina, hipertensi, sakit kepala tertentu, dan melindungi jantung bagi mereka yang pernah mengalami serangan jantung.
Kontra Indikasi

Cara Kerja Obat

Verapamil bekerja dengan cara mengurangi kalsium yang masuk ke dalam sel-sel otot pada dinding arteri dan jantung sehingga membuatnya lebih relaks.
Dengan rileksnya sel-sel otot arteri dan jantung, tekanan darah berkurang, aliran darah lebih lancar, dan detak jantung menjadi lebih lambat.

Dosis Obat

Dosis diberikan sesuai dengan tingkat keparahan penyakit, kondisi kesehatan pasien, dan responsnya terhadap verapamil. Untuk dosis anak-anak, tanyakan kepada dokter. Penggunaan verapamil pada pasien anak-anak dilakukan dengan pengawasan ketat dari dokter.

  • Untuk angina atau nyeri dada, dosis diberikan sebanyak 240-360 mg sehari yang dibagi menjadi 3 dosis konsumsi.
  • Untuk aritmia atau detak jantung cepat, dosis diberikan sebanyak 120-360 mg sehari yang dibagi menjadi 3 dosis konsumsi.
  • Untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi, dosis diberikan sebanyak 240-320 mg perhari yang dibagi menjadi 3 dosis konsumsi.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Harap ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan verapamil sebelum mulai menggunakannya. Verapamil dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Temui dokter Anda secara teratur selama mengonsumsi verapamil agar dapat memeriksakan perkembangan kondisi yan ditangani.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi verapamil pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi verapamil, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis verapamil pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Hindari mengonsumsi alkohol saat menggunakan verapamil. Obat ini dikhawatirkan dapat membuat kadar alkohol di dalam darah menjadi meningkat.

Efek Samping Obat

Verapamil juga berpotensi menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang kadang terjadi setelah mengonsumsi penghambat saluran kalsium ini antara lain : Pusing, Sakit kepala, Konstipasi, Lelah, Pergelangan kaki bengkak dan Mual.

Jangan mengonsumsi grapefruit saat menjalani pengobatan dengan verapamil. Zat kimia pada grapefruit dapat meningkatkan kadar verapamil di dalam aliran darah sehingga meningkatkan risiko efek samping.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.

Perhatian & Peringatan

  • Jangan mengonsumsi jus grapefruit ketika sedang menggunakan verapamil.
  • Harap berhati-hati bagi penderita hipotensi atau tekanan darah rendah, gagal jantung, porphyria atau gangguan darah, dan penderita gangguan hati.
  • Hubungi dokter apabila terjadi reaksi alergi atau hal yang buruk
harga obat veropamil |
Verapamil medlineplus.gov 21 Mei 2016. Verapamil

Definisi Obat Verapamil¬† adalah obat yang digunakan untuk mengobati angina atau angin duduk, aritmia atau detak jantung yang terganggu, dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Verapamil merupakan obat yang termasuk dalam golongan obat penghambat saluran kalsium. Selain mengatasi aritmia, angina, dan tekanan darah tinggi, verapamil juga dapat digunakan untuk mencegah serangan jantung pada orang-orang yang […]

4.9
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *