Trimethoprim

Definisi Obat

Trimethoprim adalah obat antibiotik yang biasanya diresepkan untuk mengobati infeksi kandung kemih (saluran kemih) atau infeksi ginjal.

Selain infeksi saluran kemih, trimethoprim juga bisa diresepkan untuk mengobati infeksi dada (misalnya pneumonia), dan infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri tertentu.

Pada kasus ini, jangka waktu pengobatan yang dilakukan biasanya berlangsung singkat. Namun untuk mencegah infeksi saluran kemih kambuh, dokter biasanya akan menyarankan penggunaan trimethoprim untuk jangka waktu yang lebih lama.

Trimethoprim hanya boleh digunakan melalui resep dokter. Penggunaannya yang tidak tepat sasaran atau di luar ketentuan dosis bisa menurunkan efektivitasnya.

Trimetoprim (TMP) pertama kali digunakan pada tahun 1962. obat ini tersedia sebagai obat generik dengan harga tidak terlalu mahal.

gambar obat trimethoprim tablet 100 mg dan 200 mg

Contoh Obat Trimethoprim Tablets 100mg dan 200mg

Nama Generik Trimethoprim
Brand Name (Nama Merek) Primsol, Trimpex, Proloprim, Monotrim, Triprim, Trimethoprim
Jenis Obat Antibiotik
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tablet dan syrup
Indikasi Mengobati sejumlah kondisi yang disebabkan oleh bakteri (misalnya infeksi saluran kemih dan pneumonia)
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Trimethoprim bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab infeksi dan menghentikan pertumbuhannya. obat bekerja dengan menghalangi metabolisme folat melalui dihidrofolat reduktase di beberapa bakteri yang menyebabkan kematian bakteri tersebut.

loading...

Dosis Trimethoprim

Dosis Anak-anak usia 12 tahun ke atas sampai dewasa yaitu 100 mg dua kali sehari atau 200 mg sehari sekali. Penggunaan biasanya untuk jangka waktu 10 hari.
Anak-anak usia di bawah 12 tahun tidak dianjurkan kecuali ada instruksi dokter

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Minumlah obat trimethoprim sampai habis sesuai instruksi yang telah ditetapkan oleh dokter karena obat ini merupakan antibiotik. Jangan menghentikan penggunaan sebelum waktunya meskipun kondisi sudah sembuh.

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan trimethoprim sebelum mengonsumsinya.

Pasien yang lupa mengonsumsi trimethoprim, disarankan segera melakukannya jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis trimethoprim pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Berikan jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi trimethoprim pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalkan efeknya.

Efek Samping Trimethoprim

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain : Mual, Muntah, Sakit perut, Diare, Sakit kepala, Perubahan rasa di lidah dan Nafsu makan berkurang.

Penggunaa’an Trimethoprim Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan obat ini kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Penelitian pada hewan memang tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Namun fakta bahwa obat ini telah menunjukkan efek buruk pada janin hewan harus menjadi perhatian serius jika ingin menggunakan obat ini untuk wanita hamil. Disarankan hanya digunakan jika tidak ada pilihan lain yang lebih aman.

Peringatan dan Perhatian

  • Trimethoprim tidak boleh digunakan oleh wanita hamil karena bisa membahayakan janin. Sedangkan bagi wanita menyusui, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
  • Jangan menggunakan trimethoprim bersamaan dengan obat-obatan lainnya (termasuk obat herba) tanpa petunjuk dari dokter karena dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan.
  • Harap berhati-hati jika Anda menderita penyakit ginjal dan gangguan darah. Selain itu harap berhati-hati juga jika Anda kekurangan vitamin B9 atau asam folat.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan trimethoprim
loading...
harga trimethoprim | obat trimethoprim and sulfamethoxazole tablet harga | kegunaan trimethoprim | trimethoprim sulfamethoxazole sediaan | sulfadimethoxine merk dagang obatnya apa? | sediaan trimethoprim | harga obat trimeth | obat antibiotik trimetoprim | merk sulfamethoxazole trimethoprim | Trimethoprim-Sulfamethoxazole gambar |
Trimethoprim Khabib M 19 Sep 2016. Trimethoprim

Definisi Obat Trimethoprim adalah obat antibiotik yang biasanya diresepkan untuk mengobati infeksi kandung kemih (saluran kemih) atau infeksi ginjal. Selain infeksi saluran kemih, trimethoprim juga bisa diresepkan untuk mengobati infeksi dada (misalnya pneumonia), dan infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Pada kasus ini, jangka waktu pengobatan yang dilakukan biasanya berlangsung singkat. Namun untuk mencegah […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *