Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Triclosan

Triclosan adalah agen antiseptik atau antibakteri dan antijamur yang ditemukan di beberapa produk, seprti sabun, obat kumur, pasta gigi, detergen, deodoran dan pembersih alat-alat medis di rumah sakit.

gambar produk yang mengandung triclosan

Gambar : Contoh beberapa produk yang mengandung triclosan

Triclosan kini juga digunakan pada produk pakaian, kosmetik, furnitur, peralatan masak, dan mainan untuk mencegah kontaminasi bakteri, meski begitu, kemujaraban triclosan sebagai agen antimikroba masih menjadi kontroversi. Di satu sisi, produk pasta gigi yang mengandung triclosan terbukti berhasil mencegah radang gusi (gingivitis), namun penambahan Triclosan ke dalam sabun diduga tidak memberikan manfaat tambahan.

Triclosan dikembangkan pada 1960-an, Triclosan (kadang-kadang disingkat TCS), Selain manfaatnya yang masih menjadi perdebatan, efek samping triclosan juga masih diteliti. Ada pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan triclosan dapat mengganggu perkembangan hormon dan memicu resistensi pada bakteri.
Triclosan mempunyai daya antimikroba dengan spektrum luas (dapat melawan berbagai macam bakteri) dan mempunyai sifat toksisitas minim.

Nama Generik Triclosan
Nama Merek Dagang Red-A, Ponds, Hi-derm, Skinnova
Jenis Obat Antiseptik
Golongan Obat Obat bebas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Cairan
Indikasi Sebagai Agen antibakteri dan antijamur
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja

Mekanisme kerja triclosan adalah dengan menghambat biosintesis lipid sehingga membran mikroba kehilangan kekuatan dan fungsinya

Dosis

Triclosan tersedia hingga konsentrasi 2%.

Cara Penggunan Yang Baik dan Benar

  • Bacalah petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk atau gunakan sesuai anjuran dokter
  • Ambil cairan kental triclosan pada tangan yang telah dibasahi air. Gosok-gosokkan pada permukaan kulit atau peralatan yang terlebih dulu juga telah dibasahi air, sampai sabun cair mengeluarkan busa, kemudian bilas lalu keringkan

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.
Efek samping yang dapat terjadi setelah menggunakan triclosan adalah peradangan pada kulit atau dermatitis kontak.
Konsultasikan ke dokter Bila terjadi peradangan kulit setelah setelah memakai produk perawatan kulit yang mengandung triclosan.

Interaksi Obat

Belum diketahui

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Belum diketahui, sejauh ini terbukti aman pada manusia dan telah digunakan secara luas, namun alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, terutama bagi ibu hamil atau menyusui yang ingin menggunakan produk-produk dengan kandungan triclosan.

Peringatan dan Perhatian

  • Produk-produk denan kandungan triclosan hanya untuk digunakan pada tubuh bagian luar. Apabila terkena mata, segera bilas sampai bersih dengan menggunakan air. Apabila tertelan, segera periksakan diri ke dokter.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi ketika menggunakan produk-produk yang mengandung triclosan, seperti ruam dan iritasi kulit
Triclosan medlineplus.gov 12 Nov 2018. Triclosan

Triclosan adalah agen antiseptik atau antibakteri dan antijamur yang ditemukan di beberapa produk, seprti sabun, obat kumur, pasta gigi, detergen, deodoran dan pembersih alat-alat medis di rumah sakit. Triclosan kini juga digunakan pada produk pakaian, kosmetik, furnitur, peralatan masak, dan mainan untuk mencegah kontaminasi bakteri, meski begitu, kemujaraban triclosan sebagai agen antimikroba masih menjadi kontroversi. […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya