Tramadol

loading...

Definisi Obat

Tramadol adalah salah satu obat jenis obat pereda sakit yang kuat yang digunakan untuk menangani rasa sakit tingkat sedang hingga berat, misalnya rasa nyeri setelah operasi. Tramadol memengaruhi reaksi kimia di otak dan sistem saraf yang pada akhirnya mengurangi sensasi rasa sakit.

Tramadol adalah obat analgetik opioid yang digunakan untuk meredakan nyeri sedang sampai berat. Obat ini sering dikombinasikan dengan paracetamol untuk meningkatkan efek analgetiknya.
The European League Against Rheumatism merekomendasikan penggunaan tramadol untuk pengobatan fibromyalgia, suatu kondisi nyeri yang terjadi hampir di seluruh tubuh, terutama jika ditekan pada bagian tubuh.

Tramadol diluncurkan dan dipasarkan sebagai “Tramal” oleh perusahaan farmasi Jerman Grünenthal GmbH pada tahun 1977 di Jerman Barat, dan 20 tahun kemudian diluncurkan di negara-negara seperti Inggris, AS, dan Australia. kemudian dipasarkan dengan banyak merek dagang di seluruh dunia.

gambar obat tramadol

Contoh obat tramadaol generik OGB

Nama Generik Tramadol (TRAM a dol)
Nama Obat Bermerek Dagang ConZip, Ultram, acetram, bellatram, dolana, dolocap, dolsic, forgesic, intradol, miradol, nufapotram, radol, simatral, thramed, tradonal, tradosik, tradyl, tramadol, tramal.
Jenis Obat Analgesik opiat
Golongan Obat Obat Keras, Obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak di atas umur 12 tahun
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Kapsul, tablet, obat larut, dan suntik (obat ini biasa dipasarkan dengan kadar 50 mg / kapsul, 50 mg / ml injeksi dan suppositoria 100 mg.)
Indikasi Mengobati rasa sakit (nyeri) tingkat sedang hingga berat, baik itu nyeri akut maupun kronis misalnya nyeri pasca operasi.
Kontra Indikasi
  • Pasien yang menderita depresi pernapasan yang signifikan, harus hati-hati jika menggunakan obat ini.
  • Jangan diberikan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada tramadol atau opioid analgetic lainnya.

Cara Kerja Obat

Tramadol bekerja dengan dua mekanisme. Pertama, dengan mengikat secara stereospesifik reseptor µ-opioid di sistem saraf pusat untuk mengeblok sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri (inflamasi). Kedua, menghambat pelepasan neurotransmitter, serotonin dan norepinephrine dari sistem saraf aferen yang sensitif terhadap rangsang yang berakibat terhambatnya impuls nyeri.

Dosis Obat

Anjuran untuk mengonsumsi tramadol adalah tiap 4-6 jam sekali, tapi tidak boleh lebih dari 400 mg dalam satu hari (24 jam)

Dosis penggunaan tramadol tergantung pada tingkat keparahan rasa sakit yang diderita oleh pasien. Tetapi konsumsi obat ini tidak boleh melebihi 400 mg dalam durasi 24 jam.
Tramadol Dosis dan Frekuensi
Untuk mengurangi rasa sakit dengan cepat 50-100 mg per 4-6 jam

Dosis penggunaan tramadol untuk jangka waktu yang lebih panjang akan diatur oleh dokter sesuai kondisi kesehatan dan kemajuan pasien.
Untuk anak-anak di bawah 12 tahun, dosis dan penggunaan tramadol akan disesuaikan. Sementara itu.
bagi manula yang berusia di atas 75 tahun dianjurkan untuk tidak mengonsumsi tramadol melebihi 300 mg per hari.

Dosis Tramadol Selengkapnya adalah berikut ini:

  • Dosis lazim dewasa dan anak > 17 tahun untuk nyeri sedang dan parah
    • Obat immediate–release : 50 – 100 mg secara oral diberikan setiap 4 – 6 jam sesuai kebutuhan.
    • Dosis maksimum : 400 mg / hari
  • Dosis lazim dewasa untuk sakit kronis
    • Obat immediate-release :
      Dosis awal : 25 mg secara oral 1 x sehari. titrasi : naikkan 25 mg tiap 3 hari untuk mencapai dosis 25 mg 4 x sehari. Setelah itu bisa dinaikkan menjadi 50 mg, sehingga dosis menjadi 50 mg 4 x sehari.Dosis pemeliharaan : Setelah titrasi, 50 – 100 mg secara oral setiap 4 – 6 jam, sesuai kebutuhan.Dosis maksimal : 400 mg / hari
    • Obat extended-Release :Dosis awal : 100 mg secara oral 1 x sehari. titrasi : naikkan 100 mg tiap 5 hari, berikan sesuai kebutuhan.Dosis maksimal : 300 mg / hari secara oral
      Usia 65 tahun atau lebih : berikan dosis terendah.
      Usia 75 tahun atau lebih : dosis maksimum 300 mg / hari diberikan dalam dosis terbagi.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Jangan melebihi dosis serta durasi yang ditentukan dokter karena dapat menyebabkan ketergantungan. Jika Anda ingin berhenti meminumnya, disarankan untuk melakukannya secara bertahap dan dengan petunjuk dokter.

Bagi pasien yang tidak sengaja melewatkan jadwal minum tramadol, sebaiknya segera meminumnya jika jadwal untuk dosis berikut masih lama. Tetapi jangan mengganti dosis yang sudah terlewat dengan menggandakan dosis tramadol yang akan diminum.

Selama mengonsumsi tramadol, pasien dianjurkan untuk menghindari minuman keras serta konsumsi obat-obatan yang dapat berdampak pada tingkat kesadaran seperti antihistamin dan obat penenang atau sedatif.

Tramadol dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dan sebaiknya diminum saat rasa sakit mulai muncul.

Efek Samping Obat

Tramadol memungkinkan berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi saat mengonsumsi analgesik ini adalah: Lelah dan mengantuk, Pusing dan limbung, Mual dan muntah, Konstipasi dan sulit buang air kecil, Perut kembung , dan Mulut kering.

Interaksi Obat

Tramadol berinteraksi dengan obat-obat berikut :

  • Penggunaan tramadol bersamaan Carbamazepine tidak dianjurkan karena mengurangi efek analgesik tramadol
  • Obat-obat yang bekerja di sistem saraf pusat seperti tranquiliser, hipnotik dan sedatif meningkatkan efek analgetic dan sedatif tramadol.
  • Bila digunakan bersamaan dengan obat-obat depresan sistem saraf pusat lain, misalnya NSAID, atau bila digunakan dengan dosis berlebihan bisa menyebabkan penurunan fungsi paru-paru.
  • Hindari penggunaan tramadol bersamaan dengan obat-obat selective serotonine reuptake inhibitors, anorectic, anti depresan trisiklik, senyawa opioid lain, MAO inhibitors, karena dapat menyebabkan kejang

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan tramadol dalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Efek buruk obat ini pada janin hewan harus menjadi perhatian bahwa obat ini juga berefek buruk terhadap janin manusia, meskipun studi klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia belum dilakukan. Penggunaan obat ini pada ibu hamil bisa dilakukan bila benar-benar dibutuhkan, atau manfaat yang diperoleh lebih besar daripada resiko buruk yang mungkin terjadi.

Perhatian & Peringatan

  • Harap waspada bagi yang tergantung pada obat-obatan atau minuman keras.
  • Tramadol menyebabkan pusing dan mengantuk, termasuk mengurangi refleks penderita, oleh karena itu selama menggunakan obat ini jangan mengemudi atau menyalakan mesin.
  • Jangan mengonsumsi tramadol lebih dari 400 mg per 24 jam.
  • Untuk di atas umur 75 tahun, dosis maksimal per 24 jam adalah 300 mg.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui. Tramadol sebaiknya dihindari oleh ibu yang sedang hamil atau menyusui.
  • Penggunaan tramadol oleh anak-anak perlu dilakukan di bawah pengawasan dokter.
  • Segera hubungi dokter, bila terjadi reaksi alergi atau overdosis.
harga obat tramadol | harga tramadol | obat sejenis tramadol hcl | obat sejenis tramadol | macam macam tramadol | jenis tramadol | jenis jenis TRAMADOL | Gambar tramadol | harga tramadol tablet | tramadol |
Tramadol Khabib M 18 Mei 2016. Tramadol

Definisi Obat Tramadol adalah salah satu obat jenis obat pereda sakit yang kuat yang digunakan untuk menangani rasa sakit tingkat sedang hingga berat, misalnya rasa nyeri setelah operasi. Tramadol memengaruhi reaksi kimia di otak dan sistem saraf yang pada akhirnya mengurangi sensasi rasa sakit. Tramadol adalah obat analgetik opioid yang digunakan untuk meredakan nyeri sedang […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...