Tizanidine

Definisi Obat

Tizanidine adalah obat yang digunakan untuk mengobati kejang, kram, dan ketegangan otot yang disebabkan oleh masalah medis seperti multiple sclerosis, ALS, diplegia spastik, nyeri punggung, atau cedera lain tertentu untuk tulang belakang atau sistem saraf pusat.
Obat ini juga diresepkan off-label untuk sakit kepala migrain, sebagai bantuan tidur, dan sebagai antikonvulsan.
Obat ini bekerja dengan menghalangi impuls saraf (sensasi rasa sakit) yang dikirim ke otak Anda

Tizanidine telah ditemukan seefektif obat antispasmodic lain dan lebih ditoleransi dari baclofen dan diazepam. Tizanidine bisa sangat kuat bahkan pada dosis 2 mg dan dapat menyebabkan hipotensi, jadi hati-hati disarankan bila digunakan pada pasien yang memiliki riwayat hipotensi ortostatik, atau ketika beralih dari topi gel ke bentuk tablet dan sebaliknya.

Tizanidine kadang dapat menyebabkan kerusakan hati, umumnya jenis hepatoseluler. Uji klinis menunjukkan bahwa hingga 5% dari pasien yang diobati dengan Tizanidine memiliki nilai tes fungsi hati yang tinggi, meskipun gejala menghilang setelah penarikan obat.
Tizanidine juga diresepkan untuk beberapa gejala fibromyalgia.

gambar obat tizanidine 2mg dan 4mg

Contoh Obat Tizanidine 2mg dan 4mg

Nama Generik Tizanidine
Brand Name (Nama Merek) Zanaflex (Acorda Therapeutics), Sirdalud (Novartis), Relentus (Beximco Pharma),Tizanidine
Jenis Obat Relaksan otot
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet
Indikasi
  • Meredakan spasme/kejang pada otot
  • Sebagai terapi tambahan untuk kekakuan otot akibat gangguan neurologi
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Tizanidine bekerja pada sistem saraf dengan cara menenangkan otot yang sakit agar kembali relaks dan mengurangi risiko munculnya rasa sakit pada penderita.

Dosis Obat

Kondisi Dosis awal
Meredakan kejang/spasme otot 2-4 mg sebanyak 3 kali sehari.

Dosis ekstra sebesar 2-4 mg dapat diberikan pada malam hari.

Terapi tambahan untuk kekakuan otot akibat gangguan neurologi Tidak melebihi 6 mg dalam 3 dosis yang terbagi-bagi.

Dosis dapat ditingkatkan sebanyak 2-4 mg dengan dosis maksimum adalah 36 mg per hari.

Cara Konsumsi Obat Yang Baik dan Benar

Tizanidine dapat dikonsumsi bersama air putih, baik sebelum atau sesudah makan.
Selalu perhatikan keterangan pada kemasan obat dan ikuti anjuran dokter untuk mempermudah Anda mengingat waktu minum obat yang disarankan.
Tidak disarankan untuk menghentikan pengonsumsian obat secara tiba-tiba dan tanpa seizin dokter.

Tizanidinie yang digunakan sebagai terapi spastisitas dapat ditingkatkan setelah dokter mengamati efeknya terhadap kondisi kesehatan dan fisik pasien. Dosis pengobatan awal dapat dilakukan secara bertahap sebanyak 1-2 kali dalam seminggu dengan selang waktu 3-4 hari.

Pasien yang lupa mengonsumsi tizanidine disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis tizanidine pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Tetaplah mengikuti resep obat dan jadwal pemeriksaan rutin yang dianjurkan agar dokter dapat dengan mudah memonitor perkembangan kondisi Anda. Informasikan juga kepada dokter jika Anda ingin atau sedang mendapatkan perawatan kesehatan lain di waktu yang sama.

Dokter akan memonitor kondisi pasien terutama jika dosis yang diberikan melebihi 12 mg untuk menghindari gejala-gejala yang tidak diinginkan.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa efek samping Tizanidine

  • Tizanidine dapat menyebabkan pusing, kantuk, kelelahan.
  • Efek samping lain yang masih tergolong umum dan ringan adalah mual atau perut yang bermasalah serta mulut yang terasa kering. Kunyahlah permen karet atau permen bebas gula untuk mengatasi efek ini. Makanan ringan yang tidak pedas juga dapat membantu mengurangi gangguan pada perut.
  • Beberapa orang juga dapat merasakan efek samping yang tidak dialami oleh orang lain, seperti susah tidur dan pening akibat perubahan tekanan darah saat berdiri.
  • Kondisi hati pasien juga mungkin terganggu jika mengalami rasa lelah atau sakit, dan penurunan berat badan selama mengonsumsi tizanidine. Segera temui dokter jika hal ini terjadi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Wanita yang merencanakan kehamilan, wanita yang sedang hamil, dan ibu menyusui dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Peringatan dan Perhatian

  • Selama mengkonsumsi obat ini, Tidak disarankan mengonsumsi obat-obatan ini tanpa melalui konsultasi dokter.
  • Penderita gangguan fungsi ginjal dan hati tidak dianjurkan untuk mengoperasikan kendaraan atau mesin berat selama dalam pengobatan ini.
  • Anak-anak berusia di bawah 18 tahun, dan orang-orang lansia dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ini.
  • Hati-hati bagi Penderita intoleransi galaktosa, defisiensi laktase berat, atau penderita gangguan penyerapan glukosa-galaktosa.
  • Jangan Mongkonsumi alkohol selama minum obat ini, karena dapat memicu efek samping
  • Obat ini dapat menyebabkan ngantuk, oleh karena itu hindarilah mengemudi kendaraan
harga myores tizanidine | harga obat myores | kandungan obat tizanidine | lihat nama semua obat relaksan | manfaat tizanidine 4mg | merk obat pelemas otot | myores tizanidine | Obat rela | relaksan otot |
Tizanidine medlineplus.gov 09 Sep 2016. Tizanidine

Definisi Obat Tizanidine adalah obat yang digunakan untuk mengobati kejang, kram, dan ketegangan otot yang disebabkan oleh masalah medis seperti multiple sclerosis, ALS, diplegia spastik, nyeri punggung, atau cedera lain tertentu untuk tulang belakang atau sistem saraf pusat. Obat ini juga diresepkan off-label untuk sakit kepala migrain, sebagai bantuan tidur, dan sebagai antikonvulsan. Obat ini […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *