Terbutaline

Definisi Obat

Terbutaline adalah obat yang digunakan untuk mengobati atau mencegah bronkospasme (mengi, sesak dada, kesulitan bernapas) pada orang dengan kondisi paru-paru seperti asma, bronkitis, atau emfisema.

Terbutaline merupakan obat golongan bronkodilator, yang bekerja dengan relaksasi otot-otot di saluran udara untuk meningkatkan pernapasan.

Terbutalin tersedia dalam bentuk tablet, sirop, dan juga dalam bentuk nebulizer dan inhaler. Kedua bentuk ini(nebulizer dan inhaler) umum digunakan sebagai penyelamatan pada penderita asma dan penderita penyakit paru obstruktif kronik yang mengalami gejala sesak napas mendadak karena reaksinya yang cepat dan efeknya yang mampu bertahan hingga enam jam.
Terbutaline juga tersedia dalam bentuk suntik guna diberikan pada penderita asma yang mengalami serangan akut.

Terbutalin saat ini ada dalam Badan Anti-Doping Dunia dalam daftar obat-obatan terlarang, American College of Obstetricians dan Gynecologists melarang penggunaan terbutaline untuk mencegah persalinan prematur.

gambar obat terbutaline

Contoh Obat Terbutaline Injeksi

Nama Generik Terbutaline (oral) (ter BYOO ta leen)
Nama Merek Dagang Brethine, Bronclyn, Bricanyl, Brethaire, atau Terbulin
Jenis Obat Bronkodilator
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet, sirop, inhaler, nebulizer, dan suntik (injection)
Indikasi Mengobati gejala mengi, batuk, dan sesak napas, khususnya bagi penderita asma dan paru
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Terbutaline bekerja dengan cara melebarkan saluran udara yang menyempit akibat mengi, batuk, dan sesak napas. Dengan melebarnya saluran udara, maka otomatis udara bisa lebih lancar masuk ke paru-paru.

Dosis Obat

Berikut ini dosis terbutaline yang telah disesuaikan dengan bentuk obat serta usia penderita:

Bentuk obat Usia Pasien Dosis
Tablet Dewasa dan manula Untuk dosis pemeliharaan diberikan 2,5 mg tiga kali sehari selama satu hingga dua minggu awal penggunaan. Setelah itu, dokter kemungkinan akan menaikkan dosis menjadi 5 mg untuk tiga kali sehari.
Anak-anak usia 7-15 tahun Untuk dosis pemeliharaan diberikan 2,5 mg dua kali sehari. Pada pasien tertentu, dosis bisa dinaikkan dokter menjadi 2,5 mg tiga kali sehari.
Sirop yang tiap 1 mililiternya (ml) mengandung terbutaline 0,3 miligram (mg) Dewasa dan manula Untuk dosis pemeliharaan, biasanya diberikan 10 ml tiga kali sehari. Jika diperlukan, dokter akan menaikkan dosis menjadi 15 ml tiga kali sehari.
Anak-anak Untuk dosis pemeliharaan, obat diberikan berdasarkan berat badan, yaitu 0,25 ml untuk tiap kilogram berat badan sebanyak tiga kali sehari. Dosis maksimal adalah 15 ml tiga kali sehari, lebih dari itu tidak diperbolehkan.
Inhaler Dewasa dan manula Untuk serangan sesak akut, satu hingga empat isap per hari tergantung rekomendasi dokter.
Anak-anak Tanyakan kepada dokter.
Suntik Dewasa dan manula 0,25 mg sampai 0,5 mg sebanyak empat kali dalam sehari.
Anak-anak (usia 2-15 tahun) Dosis disesuaikan dengan berat badan. Takaran yang diberikan biasanya sebesar 0,01 mg/kg berat badan.Total dosis (setelah dikalikan berat badan) tidak boleh lebih dari 0,3 mg perhari.

Cara Menggunakan Terbutaline Dengan Benar

Baca informasi yang tertera pada kemasan terbutaline sebelum menggunakannya (baik dalam bentuk tablet, sirop, maupun inhaler).

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi tablet dan sirop atau menggunakan inhaler terbutaline pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi atau menggunakan terbutaline, disarankan segera melakukannya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis terbutaline pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Khusus penderita asma yang menggunakan inhaler terbutaline, bawa selalu obat tersebut ke mana pun mengingat reaksinya yang cepat dalam meredakan gejala asma, serta efeknya yang dapat bertahan selama beberapa jam. Apabila sewaktu-waktu inhaler terbutaline tidak berhasil mengatasi gejala asma yang kambuh, segera temui dokter.

Inhaler terbutaline juga bisa dikombinasikan dengan inhaler lainnya. Dalam kasus ini, dokter umumnya akan menyuruh pasien menggunakan inhaler terbutaline terlebih dahulu. Setelah beberapa menit berselang, barulah inhaler lainnya bisa digunakan. Apabila dokter meresepkan inhaler pencegah dari golongan steroid bersamaan dengan inhaler terbutaline, inhaler pencegah tersebut harus terus digunakan secara rutin hingga batas waktu yang ditentukan dokter.

Efek Samping Obat

Terbutaline juga berpotensi menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengonsumsi obat ini antara lain : Sakit kepala, Kram otot, Jantung berdebar, Merasa gemetar atau gugup, dan Penurunan kadar kalium dalam darah (pada penggunaan inhaler terbutaline)

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil, sesuaikan dosis terbutaline dengan anjuran dokter. Sedangkan bagi wanita yang sedang menyusui, tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini.

Peringatan dan Perhatian

  • Selama menjalani pengobatan dengan terbutaline, upayakan untuk rutin menemui dokter apabila dijadwalkan. Hal ini penting agar perkembangan kondisi Anda bisa diketahui oleh dokter.
  • Harap berhati-hati apabila Anda menderita diabetes, hipertensi, gangguan jantung (aritmia atau ketidakteraturan detak jantung), serta hipertiroidisme.
  • Khusus untuk penggunaan inhaler terbutaline, harap berhati-hati apabila Anda terdiagnosis kekurangan kalium.
  • Jangan menggunakan terbutaline bersamaan dengan obat-obatan lainnya, termasuk produk herba tanpa petunjuk dari dokter. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan.
  • Pengobatan dengan terbutaline harus ditunjang dengan gaya hidup sehat, salah satunya adalah dengan tidak merokok. Tidak hanya menyebabkan iritasi pada paru-paru, rokok juga dapat menyebabkan kondisi menjadi memburuk dan memicu kerusakan pada paru-paru.
  • Apabila kondisi memburuk setelah menggunakan terbutaline (terutama gejala sesak napas), segera temui dokter.
0 9 en-US; |
Terbutaline medlineplus.gov 12 Sep 2016. Terbutaline

Definisi Obat Terbutaline adalah obat yang digunakan untuk mengobati atau mencegah bronkospasme (mengi, sesak dada, kesulitan bernapas) pada orang dengan kondisi paru-paru seperti asma, bronkitis, atau emfisema. Terbutaline merupakan obat golongan bronkodilator, yang bekerja dengan relaksasi otot-otot di saluran udara untuk meningkatkan pernapasan. Terbutalin tersedia dalam bentuk tablet, sirop, dan juga dalam bentuk nebulizer dan […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *