Spiramycin

loading...

Definisi Obat

Spiramycin adalah kelompok obat antibiotik mikrolid (macrolide) dan antiparasit yang berfungsi mengatasi berbagai macam infeksi. Obat ini sering digunakan untuk mengobati toksoplasmosis pada wanita hamil karena dapat menurunkan risiko penyebaran infeksi pada bayi yang belum lahir.

Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang bernama Toxoplasma gondii atau T. gondii, sering kali ditemukan pada kotoran kucing yang terinfeksi. Parasit ini bisa menginfeksi sebagian besar hewan berdarah panas, seperti domba, sapi, dan anjing, termasuk manusia.
Meski begitu, obat ini tidak berguna apabila bayi yang belum lahir sudah terinfeksi oleh parasit ini.

gambar obat spiramycin

Contoh Beberapa Obat Spiramycin

Spiramycin digunakan di Eropa, Kanada dan Meksiko, namun masih dianggap obat percobaan di Amerika Serikat, tapi kadang-kadang dapat diperoleh dengan izin khusus dari FDA untuk toksoplasmosis pada trimester pertama kehamilan.

Spiramycin telah digunakan di Eropa sejak tahun 2000 di bawah nama dagang “Rovamycine”, yang diproduksi oleh Rhone-Poulenc Rorer dan Famar Lyon, Perancis dan Eczacibasi Ilae, Turki. Hal ini juga berjalan di bawah nama Rovamycine di Kanada (didistribusikan oleh OdanLaboratories), di mana sebagian besar dipasarkan ke dokter gigi untuk infeksi mulut.

Spiramycin ditemukan pada tahun 1952 sebagai produk dari Streptomyces ambofaciens. Sebagai persiapan untuk pemberian oral telah digunakan sejak tahun 1955, pada tahun 1987 juga bentuk parenteral diperkenalkan ke dalam praktek.

Nama Generik Spiramycin
Nama Merek Dagang Rovamycine
Jenis Obat Antibiotik makrolida
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet dan kapsul
Indikasi Mengobati berbagai infeksi, seperti toksoplasmosis pada ibu hamil, konjungtivitis, infeksi Manfaat telinga, infeksi kulit dan lain-lain
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Obat

Dosis umum spiramycin untuk remaja dan orang dewasa adalah 500 mg – 2 gram dikonsumsi sebanyak dua kali per hari. Dosis maksimal harian untuk obat ini adalah 2,5 gram. Khususnya untuk anak-anak, dosis spiramycin yang diberikan akan disesuaikan dengan berat badan anak.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Obat ini lebih baik dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong. Dan pastikan untuk menghabiskan obat yang sudah diresepkan oleh dokter, meski Anda sudah merasa baikan. Jika Anda berhenti mengonsumsi terlalu cepat, terdapat kemungkinan infeksi akan kembali.

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi spiramycin. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa seizin dokter.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi spiramycin, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis spiramycin pada jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Sebaiknya Anda mengonsumsi obat ini pada waktu yang sama tiap hari. Karena obat ini berfungsi dengan baik ketika kadar obat dalam darah selalu terjaga.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping Spiramycin yang umumnya terjadi antara lain : Mual dan muntah, Diare, dan Sakit perut.

Peringatan dan Perhatian

  • Bagi wanita menyusui, tanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ini, karena obat ini bisa berdampak pada ASI.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi yang menderita gangguan fungsi hati.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami sakit atau gangguan pada otot dan bila efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi.
spiramycin | harga spiramycin | antibiotik macrolide | spiramycin obat apa | obat paten spiramycin | merek dagang obat golongan spiramisin | harga obat spiramisin | berapa harga obat spiramicin | bagaimana jika lupaminum spiramicyn | spiramycin untuk sakit gigi |
Spiramycin Khabib M 09 Agu 2016. Spiramycin

Definisi Obat Spiramycin adalah kelompok obat antibiotik mikrolid (macrolide) dan antiparasit yang berfungsi mengatasi berbagai macam infeksi. Obat ini sering digunakan untuk mengobati toksoplasmosis pada wanita hamil karena dapat menurunkan risiko penyebaran infeksi pada bayi yang belum lahir. Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang bernama Toxoplasma gondii atau T. gondii, sering kali ditemukan […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *