Simethicone

Loading...

Definisi Obat

Simethicone adalah obat yang digunakan untuk meredakan gejala-gejala akibat produksi gas berlebih di dalam usus, seperti perut kembung, bersendawa terus-menerus, beserta rasa tidak nyaman atau nyeri di dalam perut.

Simethicone merupakan obat golongan antiflatulen. Obat yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter ini bekerja dengan cara membantu memecah gelembung-gelembung gas yang ada di dalam usus.

Simetikon tidak diserap oleh tubuh ke dalam aliran darah,oleh karena itu dianggap relatif aman. National Institutes of Health (NIH) melaporkan biasanya tidak ada efek samping bila simetikon diambil sesuai aturan.

gambar obat simethicone

contoh Obat Simethicone

Nama Generik Simethicone
Nama Merek Dagang Alka-Seltzer Anti-Gas, Bicarsim, Bicarsim Forte, Gas Aide, Gas Free Extra Strength, Gas-X, Infantaire Gas Relief, Little Tummys, Mi-Acid Gas Relief, Mylanta Gas Maximum Strength, Mytab Gas, Phazyme, SimePed
Jenis Obat obat Regulator, antiflatulen, dan antiinflamasi saluran pencernaan
Golongan Obat Obat Bebas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet, kapsul, cair
Indikasi Meredakan gejala-gejala yang timbul akibat produksi gas berlebih di dalam usus
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Simethicone bekerja dengan cara membantu memecah gelembung-gelembung gas yang ada di dalam usus

Loading...

Dosis Obat

  • Tablet atau kapsul yang ditelan : 60-125 mg empat kali sehari setelah makan
  • Tablet kunyah : 40-125 mg empat kali sehari setelah makan
  • Cair : 40-95 mg empat kali sehari setelah makan

Jangan mengonsumsi simethicone lebih dari 500 mg per hari.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Ikuti anjuran dokter atau baca informasi yang tertera pada kemasan simethicone sebelum mulai mengonsumsinya, mengingat obat ini juga dijual bebas di pasaran.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi simethicone pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalkan efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi simethicone, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis simethicone pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, simethicone juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumsi obat ini, antara lain: Pusing, Konstripasi.

Meskipun jarang menyebabkan efek samping serius, sebaiknya Anda segera hubungi dokter apabila merasakan gejala alergi berat setelah mengonsumsi simethicone, seperti: Pusing yang tidak tertahankan, Ruam, bengkak, gatal pada bagian lidah, tenggorokan, wajah, dan Sesak napas.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil dan menyusui, sesuaikan dosis dengan anjuran dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Anak-anak usia 12 tahun ke bawah tidak boleh mengonsumsi obat ini.
  • Harap berhati-hati bagi orang yang terdiagnosis intoleransi terhadap fruktosa.
  • Konsultasikan juga kepada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat yang lain, apa pun jenisnya. Jangan menggunakan simethicone bersamaan dengan obat-obatan lainnya tanpa petunjuk dari dokter. Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan.
  • Hubungi dokter bila terjadi alergi atau overdosis
harga obat simethicone | obat freegas actavis | harga obat mylicon | harga simetikon |
Simethicone medlineplus.gov 01 Jul 2016. Simethicone

Loading… Definisi Obat Simethicone adalah obat yang digunakan untuk meredakan gejala-gejala akibat produksi gas berlebih di dalam usus, seperti perut kembung, bersendawa terus-menerus, beserta rasa tidak nyaman atau nyeri di dalam perut. Simethicone merupakan obat golongan antiflatulen. Obat yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter ini bekerja dengan cara membantu memecah gelembung-gelembung gas yang ada di […]

4.9
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *