Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Silodosin

Definisi Obat

Silodosin adalah obat yang digunakan untuk pengobatan simtomatik hiperplasia prostat jinak (BPH : benign prostatic hyperplasia.)

Benign prostate hyperplasia (BPH), atau pembesaran prostat, adalah suatu kondisi yang hanya ditemukan pada pria dan ditandai oleh pembesaran kelenjar prostat yang non-kanker. Gejala BPH termasuk kesulitan buang air kecil, frekuensi buang air kecil dan ketidakmampuan untuk menyelesaikan pengosongan kandung kemih.

Obat Ini bertindak sebagai antagonis α1-adrenoceptor dengan uroselektivitas tinggi (selektivitas untuk prostat).

Silodosin menerima persetujuan pemasaran pertamanya di Jepang pada Mei 2006 dengan nama dagang Urief, yang secara bersama-sama dipasarkan oleh Kissei Pharmaceutical Co., Ltd. dan Daiichi Sankyo Pharmaceutical Co., Ltd.

Kissei melisensikan hak AS, Kanada, dan Meksiko untuk silodosin kepada Watson Pharmaceuticals, Inc. pada tahun 2004.
Silodosin disetujui FDA pada 9 Oktober 2008

photo obat urief silodosin 4mg

Photo: Urief – obat dengan kandungan silodosin

Nama Generik Silodosin
Nama Merek Dagang Rapaflo (USA), Silodyx (Europe and South Africa), Rapilif (India), Silodal (India), Sildoo(India) Urief (Japan), Thrupas (South Korea), Urorec (Russia)
Jenis Obat Berkaitan dengan prostat, kandung kemih
Golongan Obat Obat Keras
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tablet
Indikasi Pengobatan untuk menghilangkan gejala hiperplasia prostat jinak
Kontra Indikasi – Gangguan ginjal dan hati berat.

– Pasien yang diobati dengan inhibitor CYP3A4 dan α-blocker.
– Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat  ini

Cara Kerja Obat

Silodosin sangat uroselektif untuk reseptor alfa (1A) yang terletak di prostat, [uretra dan trigonum kandung kemih di saluran kemih bagian bawah].  Memblokir reseptor ini melemaskan otot-otot polos, menghasilkan peningkatan aliran urin dan pengurangan gejala BPH. Ikatan selektif dari silodosin ke reseptor alfa (1A) jauh lebih besar daripada pengikatan pada reseptor alfa (1B) yang berhubungan dengan kardiovaskular dan dengan demikian memaksimalkan aktivitas organ target sambil meminimalkan potensi efek tekanan darah. [Watson Pharmaceutical Inc. Siaran pers]
Silodosin adalah antagonis selektif dari adrenoreseptor α1 post-sinaptik dalam prostat dan kandung kemih. Blokade α1-adrenoreseptor menyebabkan relaksasi otot polos sehingga meningkatkan aliran urin dan mengurangi gejala BPH.

Dosis Silodosin

8 mg setiap hari sebagai dosis tunggal atau dalam 2 dosis terbagi (4mg dua kali sehari), dapat dikurangi berdasarkan kondisi pasien.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Obat Harus dikonsumsi dengan makanan : Konsumsi obaat setelah sarapan & makan malam.

Efek Samping Silodosin

Obat ini dapat menyebabkan hipotensi postural (dengan atau tanpa gejala misalnya pusing) dan sinkop, jika terkena, jangan mengemudi atau mengoperasikan mesin.
Efek samping yang umum dilaporkan dari silodosin meliputi: ejakulasi mundur / retrograde

Interaksi Obat

  • Penggunaan bersamaan dengan agen antihipertensi dapat meningkatkan risiko efek samping (hipotensi ortostatik).
  • Penggunaan bersamaan dengan inhibitor PDE-5 (mis. Sildenafil) dapat menyebabkan hipotensi simptomatik.
  • Konsentrasi plasma silodosin dapat ditingkatkan dengan inhibitor CYP3A4 moderat (mis. Diltiazem, erythromycin, verapamil), inhibitor transportasi P-glikoprotein (mis. Ciclosporin) dan uridine difosfat-glukuron glukuron transfertase (mis. Flukonazol, asam valat).
  • Berpotensi fatal: Peningkatan konsentrasi plasma secara signifikan dengan inhibitor CYP3A4 yang kuat (mis. Klaritromisin, itrakonazol, ketokonazol, ritonavir).
  • Efek kardiovaskular tambahan dengan blocker α-adrenergik lainnya.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan obat ini kedalam kategori B dengan penjelasan seperti berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk, namun studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil tidak menunjukkan resiko untuk janin pada trimester berapapun.

Hasil studi pada hewan tidaklah selalu cocok pada manusia. Karena belum ada penelitian yang lebih memadai pada wanita hamil maka pemakaian pada wanita hamil harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk dipertimbangkan besarnya manfaat dibandingkan dengan resiko yang mungkin terjadi baik pada ibu maupun pada janin.

Peringatan dan Perhatian

  • Pasien dengan hipotensi ortostatik.
  • Pasien yang menjalani operasi katarak.
  • Kanker prostat harus disingkirkan sebelum inisiasi silodosin.
  • Gangguan hati ginjal sedang dan ringan sampai sedang.
  • Tidak diindikasikan untuk digunakan pada wanita dan anak-anak.
  • Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala efek samping yang tidak wajar, tidak kunjung sembuh atau gejala buruk lainnya yang anda curigai berhubungan dengan obat ini.

Harga Obat

Harga Obat URIEF 4mg (1 strip isi 10 tablet) berkisar sekitar Rp. 50.000

Silodosin medlineplus.gov 30 Sep 2019. Silodosin

Definisi Obat Silodosin adalah obat yang digunakan untuk pengobatan simtomatik hiperplasia prostat jinak (BPH : benign prostatic hyperplasia.) Benign prostate hyperplasia (BPH), atau pembesaran prostat, adalah suatu kondisi yang hanya ditemukan pada pria dan ditandai oleh pembesaran kelenjar prostat yang non-kanker. Gejala BPH termasuk kesulitan buang air kecil, frekuensi buang air kecil dan ketidakmampuan untuk […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya