Phenylpropanolamine (Fenilpropanolamin)

Definisi Obat

Phenylpropanolamine adalah obat psikoaktif dari kelas kimia phenethylamine dan amfetamin yang digunakan sebagai stimulan, dekongestan, dan agen anorectic.
Obat ini bekerja dengan menyusutkan pembuluh darah (vena dan arteri) dalam tubuh. Pengerutan pembuluh darah di sinus, hidung dan dada membuat area tersebut kekeringan, sehingga menurunkan nafsu makan.

Fenilpropanolamin (BAN dan INN; PPA, β-hydroxyamphetamine), juga dikenal sebagai stereoisomer norephedrine, norpseudoephedrine, dan Cathine.

gambar obat phenylpropanolamine hcl

Photo Obat Phenylpropanolamine HCL

Di Amerika Serikat, Phenylpropanolamine tidak lagi dijual karena peningkatan risiko diklaim stroke pada wanita muda. Di beberapa negara di Eropa, namun, masih tersedia dengan resep atau kadang-kadang over-the-counter. Di Kanada, ditarik dari pasar pada 31 Mei 2001. Di India digunakan manusia dari PPA dan formulasi yang dilarang pada tanggal 10 Februari 2011 tetapi larangan itu dibatalkan oleh pengadilan di September 2011

Dalam kedokteran hewan, digunakan untuk mengontrol inkontinensia urin pada anjing di bawah nama dagang Propalin dan Proin.

loading...
Nama Generik Phenylpropanolamine
Brand Name (Nama Dagang) Acutrim, Rinexin, Alpara kaplet (PT molex ayus), Procold (kalbe farma)
Jenis Obat Dekongestan
Golongan Obat Obat Bebas Terbatas
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tablet
Indikasi – Untuk mengobati sumbatan yang dihubungkan dengan alergi, demam karena alergi jerami (hay fever), iritasi sinus, dan dingin yang biasa.
– Untuk menurunkan nafsu makan.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Bekerja dengan menyusutkan pembuluh darah (vena dan arteri) dalam tubuh

Dosis Obat

– Pelepasan reguler: 50 mg melalui mulut (per oral), 1 kali sehari.
– Pelepasan yang diperpanjang: 75 mg melalui mulut (per oral), 1 kali sehari.

Efek Samping Phenylpropanolamine (Fenilpropanolamin)

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Efek Samping Phenylpropanolamine antara lain : Kegelisahan, kelelahan, insomnia, kepeningan, mual, hipertensi, tachycardia, arrhythmias.

Studi ilmiah menemukan peningkatan resiko pendarahan otak pada wanita yang menggunakan Phenylpropanolamine, meskipun tidak jelas isomer mana yang disalahkan. Suatu studi di sekolah kedokteran Universitas Yale pada tahun 1999 memberikan hasil yang sama. Laporan mengenai kasus pendarahan otak pada penggunan Phenylpropanolamine telah beredar sejak sekitar tahun 1970an.

Peringatan dan Perhatian

Gunakan dengan hati-hati pada pasien dengan penyakit CV akut, hipertensi, diabetes mellitus, disfungsi tiroid, glukoma & hipertropi prostatik.

loading...
fenilpropanolamin | nama iupac phenylpropanolamin HCl | fenilpropanolamin hcl golongan obat bebas atau apa | mekanisme obat penilpropanolamin | nama generik procold | phenylpropanolamine | sediaan phenylpropanolamine |
Phenylpropanolamine (Fenilpropanolamin) Khabib M 16 Jan 2017. Phenylpropanolamine (Fenilpropanolamin)

Definisi Obat Phenylpropanolamine adalah obat psikoaktif dari kelas kimia phenethylamine dan amfetamin yang digunakan sebagai stimulan, dekongestan, dan agen anorectic. Obat ini bekerja dengan menyusutkan pembuluh darah (vena dan arteri) dalam tubuh. Pengerutan pembuluh darah di sinus, hidung dan dada membuat area tersebut kekeringan, sehingga menurunkan nafsu makan. Fenilpropanolamin (BAN dan INN; PPA, β-hydroxyamphetamine), juga […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *