Phenobarbital

Definisi Obat

Phenobarbital adalah obat untuk meredakan aktivitas kelistrikan yang berlebihan di dalam otak, dengan demikian, membantu mencegah timbulnya kejang yang biasanya dialami oleh penderita epilepsi. Fenobarbital juga digunakan jangka pendek sebagai obat penenang untuk membantu Anda rileks

Fenobarbital ditemukan pada tahun 1912 dan merupakan yang tertua masih umum digunakan sebagai obat anti-kejang. Phenobarbital, juga dikenal sebagai phenobarbitone, adalah obat yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk pengobatan beberapa jenis epilepsi di negara-negara berkembang. Di negara maju yang biasa digunakan untuk mengobati kejang pada anak-anak, sementara obat lain umumnya digunakan pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa.

Phenobarbital dapat digunakan secara intravena, disuntikkan ke dalam otot, atau diminum. Bentuk injeksi dapat digunakan untuk mengobati status epileptikus.
Phenobarbital kadang-kadang digunakan untuk mengobati masalah tidur, kecemasan, penarikan obat, dan untuk membantu operasi.
Phenobarbital biasanya mulai bekerja dalam waktu lima menit ketika digunakan secara intravena dan setengah jam bila diberikan secara oral. Efeknya berlangsung selama antara empat jam dan dua hari.

gambar obat phenobarbital

Contoh Obat Generik Berlogo Phenobarbital 30 mg Produksi Kimia Farma

Nama Generik Phenobarbital
Nama Merek Dagang Solfoton, Luminal
Jenis Obat Antiepilepsi
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Obat cair untuk diminum, obat suntik dan tablet
Indikasi – Mencegah kejang pada penderita epilepsi
– Sebagai Obat Penenang
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Phenobarbital adalah barbiturat yang bekerja dengan meningkatkan aktivitas neurotransmitter inhibisi GABA.
Fenobarbital bekerja dengan cara memperlambat atau merdekan aktivitas otak (aktivitas kelistrikan yang berlebihan di dalam otak) dan sistem saraf.

Dosis Obat

Dosis phenobarbital yang biasa diberikan kepada orang dewasa adalah 60-180 mg per hari. Sedangkan dosis untuk anak-anak diberikan sesuai dengan berat tubuh, yaitu 5-8 mg per kg tiap hari. Biasanya obat ini diminum sehari sekali, sebelum tidur.

Loading...

Cara Mengkonsumsi Phenobarbital Yang Baik dan Benar

Phenobarbital bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, dan gunakan air putih untuk menelan tablet phenobarbital.

Bacalah petunjuk aturan pakai atau informasi yang tertera pada kemasan phenobarbital sebelum mulai menggunakannya dan Ikuti anjuran dokter

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Konsumsi phenobarbital pada malam hari karena obat ini bisa menyebabkan kantuk.

Penderita epilepsi dilarang untuk mengemudi hingga diperbolehkan oleh dokter atau biasanya setelah pasien tidak lagi mengalami kejang-kejang selama satu tahun.

Untuk mencegah kejang muncul kembali pada penderita epilepsi, phenobarbital harus dikonsumsi tiap hari dan jangan menghentikan konsumsi phenobarbital secara tiba-tiba atau tanpa konsultasi dokter.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi phenobarbital, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis phenobarbital pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlupakan.

Selalu memeriksakan diri ke dokter secara teratur selama mengonsumsi phenobarbital agar dokter dapat memonitor perkembangan kondisi Anda

Efek Samping Obat

Phenobarbital berpotensi menimbulkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi adalah: Merasa lelah atau mengantuk, Perubahan suasana hati dan perilaku dan Merasa tidak stabil atau goyah.

Selain itu terdapat efek samping yang sangat jarang terjadi, yaitu perasaan tertekan yang parah dan berpikir untuk mengakhiri hidup. Segera temui dokter.

Ada juga beberapa efek samping yang serius tapi jarang terjadi, seperti ruam kulit parah, penyakit kuning, demam tinggi, dan pembengkakan kelenjar. Segera beri tahu dokter jika mengalami gejala demikian.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (Badan pengawas obat dan makanan Amerika) mengelompokkan obat ini dalam kategori B dan D, sementara di Australia kategori D, yang artinya dapat menyebabkan kerusakan ketika diambil oleh wanita hamil. Jika digunakan selama menyusui dapat menyebabkan kantuk pada bayi.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap waspada bagi yang mengalami masalah pernapasan, dan yang pernah mengalami ketergantungan narkotika atau minuman keras.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan ginjal, hati dan porfiria.
  • Disarankan untuk tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan mesin berat saat dalam pengaruh phenobarbital karena bisa mengurangi tingkat kewaspadaan dan jangan mengonsumsi minuman keras karena bisa meningkatkan rasa kantuk.
  • Pasien wanita yang menggunakan alat kontrasepsi, seperti pil KB, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang pemilihan alat kontrasepsi lain karena phenobarbital bisa membuat pil kontrasepsi menjadi tidak efektif.
loading...
nama lain luminal | luminal adalah golongan obat | obat phenobarbital 30 mg | Phenobarbital adalah |
Phenobarbital medlineplus.gov 16 Jun 2016. Phenobarbital

Definisi Obat Phenobarbital adalah obat untuk meredakan aktivitas kelistrikan yang berlebihan di dalam otak, dengan demikian, membantu mencegah timbulnya kejang yang biasanya dialami oleh penderita epilepsi. Fenobarbital juga digunakan jangka pendek sebagai obat penenang untuk membantu Anda rileks Fenobarbital ditemukan pada tahun 1912 dan merupakan yang tertua masih umum digunakan sebagai obat anti-kejang. Phenobarbital, juga […]

4.9
5 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *