Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Ondansetron

Definisi Obat

Ondansetron adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati mual dan muntah yang disebabkan oleh efek samping kemoterapi, radioterapi atau operasi.
Mual dan muntah disebabkan oleh senyawa alami tubuh yang bernama serotonin. Jumlah serotonin dalam tubuh akan meningkat ketika kita menjalani kemoterapi, radioterapi, dan operasi.
Seretonin akan bereaksi terhadap reseptor 5HT3 yang berada di usus kecil dan otak, dan membuat kita merasa mual. Ondansetron akan menghambat serotonin bereaksi pada receptor 5HT3 sehingga membuat kita tidak mual dan berhenti muntah.
Ondansetron bukan untuk mencegah mual atau muntah yang disebabkan oleh faktor-faktor lain selain pengobatan kanker atau operasi.

Efek samping yang umum termasuk diare, sakit kepala, mengantuk, dan gatal-gatal. Efek samping yang serius termasuk reaksi alergi yang parah. Obat ini tampaknya aman selama kehamilan tetapi belum diteliti dengan baik.
Ondasetron termasuk dalam kelompok obat antagonis reseptor serotonin 5-HT3. obat ini tidak memiliki efek pada reseptor dopamin atau reseptor muscarinic. Ondasetron pertama kali digunakan secara medis pada tahun 1990.

gambar obat ondansetron

contoh obat generik ondansetron injeksi produksi indofarma

Nama Generik Ondansetron
Merek Dagang Zofran, Zofran ODT, Zuplenz, Narfoz, Vomceran, Tronadex, Ondavell, Fudanton, Odanostin/Odanostin Forte, ODR, Ondarin, Vometraz, Onetic 4/Onetic 8, Trovensis, Vometron, Mefoz, Lametic
Jenis Obat Obat anti mual, 5HT3-receptor antagonist
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak di atas usia 6 bulan
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet, obat larut, obat suntik, dan supositoria
Indikasi Mencegah dan mengobati mual dan muntah akibat kemoterapi, radioterapi, dan pascaoperasi.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Ondasetron HCI bekerja dengan cara menghambat serotonin bereaksi pada receptor 5HT3 sehingga membuat kita tidak mual dan berhenti muntah. serotonin adalah senyawa alami tubuh yang merupakan penyebab mual dan muntah. Jumlah serotonin dalam tubuh akan meningkat ketika kita menjalani kemoterapi, radioterapi, dan operasi. Seretonin akan bereaksi terhadap reseptor 5HT3 yang berada di usus kecil dan otak, dan membuat kita merasa mual.

Dosis Obat

Dosis umum pemakaian ondansetron adalah 8mg – 32mg per hari. Jangan menambah atau mengurangi dosis yang dianjurkan oleh dokter Anda. Dosis untuk anak-anak ditentukan oleh dokter berdasarkan usia dan berat badan anak.

Cara Mnggunakan Obat Yang Baik dan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi ondansetron. Tanyakan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain bersamaan dengan ondansetron karena beberapa obat-obatan bisa saling memengaruhi.

Untuk mencegah dan mengobati mual dan muntah akibat kemoterapi dan radioterapi, dokter akan meresepkan obat ini kurang lebih satu jam sebelum penanganan dilakukan. Setelah itu, Anda perlu melanjutkan mengonsumsi ondansetron selama beberapa hari setelahnya sesuai dengan resep dokter.

Untuk mengatasi mual dan muntah pascaoperasi, Anda akan diresepkan obat ini kurang lebih satu jam sebelum pelaksanaan operasi. Obat ini akan bereaksi satu hingga dua jam setelah dikonsumsi.

Obat ini bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Biasanya dokter akan melarang makan sebelum kemoterapi, radioterapi, atau operasi. Ondansetron bukan jenis obat yang dikunyah atau ditelan seperti tablet lainnya. Bersihkan dan keringkan tangan Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi ondansetron, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis ondansetron pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping yang umumnya terjadi, antara lain : Sakit kepala dan pusing, Mudah mengantuk, Kepanasan, Pusing ketika berdiri, Mudah lelah, Konstipasi, Sakit perut.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Menurut FDA (BPOM Amerika) obat ini termasuk dalam kategori kehamilan B, yang isinya

penelitian reproduksi hewan telah gagal untuk menunjukkan risiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil atau Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk, tapi memadai dan terkendali dengan baik studi pada wanita hamil telah gagal untuk menunjukkan risiko pada janin di trimester apapun.

Peringatan dan Perhatian

  • Jika muncul rasa sakit atau pembengkakan pada bagian perut, segera temui dokter. Mungkin ini pertanda gangguan pencernaan serius.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan pencernaan, konstipasi, gangguan hati, dan penyakit jantung dalam mengonsumsi obat ini.
  • Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan atau mengalami reaksi alergi, segera temui dokter atau datangi rumah sakit terdekat.
harga obat ondansetron |
Ondansetron medlineplus.gov 21 Agu 2016. Ondansetron

Definisi Obat Ondansetron adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati mual dan muntah yang disebabkan oleh efek samping kemoterapi, radioterapi atau operasi. Mual dan muntah disebabkan oleh senyawa alami tubuh yang bernama serotonin. Jumlah serotonin dalam tubuh akan meningkat ketika kita menjalani kemoterapi, radioterapi, dan operasi. Seretonin akan bereaksi terhadap reseptor 5HT3 yang berada […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya