Neomycin

Definisi Obat

Neomycin adalah obat yang digunakan untuk mengurangi risiko infeksi (infeksi-infeksi yang disebabkan terutama oleh bakteri gram negatif) sesudah operasi (pembedahan) usus.
Neomycin juga digunakan untuk mengurangi gejala koma hepatik.
Neomycin tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi akibat virus, hanya bisa dikonsumsi untuk menangani infeksi bakteri.

Di dalam tubuh, neomycin bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam usus. Antibiotik ini juga bisa digunakan dalam program diet khusus untuk menangani gangguan otak serius berupa ensefalopati hepatik (gangguan fungsi otak akibat penyakit hati).

Neomycin dtemukan tahun 1949. Neomycin adalah antibiotik aminoglikosida ditemukan di banyak obat topikal seperti krim, salep, dan obat tetes mata.

gambar obat neomycin cream

Contoh obat Neomycin Cream

Neomycin biasanya digunakan sebagai persiapan topikal, seperti Neosporin. Hal ini juga dapat diberikan secara oral, di mana biasanya dikombinasikan dengan antibiotik lainnya.

gambar obat neomycin tablet

Contoh obat Neomycin Tablet

Neomycin tidak digunakan dalam sediaan parenteral/injeksi karena obat ini sangat nefrotoksik (menyebabkan kerusakan ginjal). Dibandingkan dengan antibiotik aminoglikosida lain, efek nefrotoksik obat ini termasuk paling tinggi.

Nama Generik Neomycin
Nama Merek Dagang Neo-rx, Neo-Fradin, Neo-Tab, Mycifradin, alletrol salep mata, apolar N cream, benoson N, berloson N, betason N cream, betnovate N, bevalex cream, bioplacenton, bioplan, bravoderm N, bufacort N, cendo tetes mata, centabio, cinolon N, cortigra N cream, decoderm 3 cream, denomix, desolex N cream, enbatic powder, enbatic salep kulit, erladerm N, Erla neo hydrocort, fasolon cream, fluocort N, inmatrol tetes mata, isotic tetes mata, Kalcinol N cream, Liposin, litrol tetes mata, maxitrol tetes mata, metaskin N, mytaderm, NB Topical, nebacetin salep, nebacetin salep mata, nelicort tetes telinga, Nelydex tetes mata, Neocenta, Neocitrin, Neocortic tetes mata, neomycin, Neosinol cream, neosyd tetes mata, nisagon, nufacort cream, nufapolar N cream, ociderm N cream, otilon tetes telinga, otopain tetes telinga, otopraf tetes telinga, otozambon, oviskin N cream, polidemisin salep mata, Polifrisin tetes mata, prodermis cream, proson N, scanderma plus, skizon N, tigalin cream, tracetin, tuderm N, Ximex optixitrol, Zumaderm N cream.
Jenis Obat Antibiotik Aminoglikosida
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa & anak di atas 6 tahun
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan obat topikal seperti krim, salep, dan obat tetes mata, ada juga berupa tablet
Indikasi
  • pengobatan infeksi kulit dan mukosa.
  • mengurangi populasi bakteri di usus, terutama sebelum prosedur operasi dan pada pasien yang mempunyai kegagalan fungsi hati.
Kontra Indikasi
  • Jangan digunakan untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitif (Alergi) terhadap neomycin atau antibiotika golongan aminoglikosida seperti amikasin (Amikin), gentamisin (Garamycin), kanamisin (Kantrex), paromomycin (Humatin, Paromycin), streptomycin, atau tobramycin (Nebcin, Tobi).
  • Hindarkan juga pemakaian antibiotik ini untuk bayi prematur ataupun bayi baru lahir.
  • Tidak boleh digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae, Neisseria meningitidis atau infeksi bakteri Legionella pneumophila (karena berisiko pasien akan mengalami shock dari lipid A endotoksin yang ditemukan dalam organisme bakteri gram negatif tertentu).
  • Hindarkan menggunakan obat ini pada penderita miastenia gravis dan parkinson karena obat-obat golongan aminoglikosida dapat memperburuk kelemahan otot.
  • Hindari mengunakan obat ini pada penderita ulcerative colitis, penyakit Crohn, penyumbatan di usus Anda, atau penyakit radang usus lainnya.
  • Jangan digunakan untuk penderita obstruksi usus, dan gangguan fungsi ginjal.

Cara Kerja Obat

Neomycin bekerja dengan cara mengikat secara reversibel terhadap sub unit 30s dari ribosom bakteri sehingga menghambat sintesa protein yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan bakteri itu.

Dosis Obat

  • Dosis lazim Neomycin dewasa untuk sterilisasi usus sebelum operasi
    oral : 1 gram setiap 1 jam untuk 4 dosis, selanjutnya 1 gram setiap 4 jam untuk 5 dosis.
  • Dosis lazim dewasa untuk koma hepatik
    oral : 4-12 g / hari, diberikan setiap 4-6 jam selama 5-6 hari
  • Dosis lazim dewasa untuk diare
    oral : 3 g / hari, dibagi dalam 4 dosis

Dosis neomycin untuk anak-anak berusia di atas 6 tahun biasanya disesuaikan dengan berat badan mereka. Sedangkan anak berusia di bawah 6 tahun tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi neomycin.

Dosis neomycin untuk tiap pasien berbeda-beda. Biasanya, dosis ditentukan dokter berdasarkan kondisi penyakit dan respons tubuh tiap pasien.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Neomycin bisa dikonsumsi baik saat kondisi perut penuh maupun kosong. Dianjurkan untuk jangan mengonsumsi neomycin terus menerus selama dua minggu.

Jangan memperpanjang atau mengurangi durasi pengobatan tanpa izin dokter. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Untuk memaksimalkan efek obat, selalu minum obat ini pada jam yang sama setiap harinya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi neomycin, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis neomycin pada jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi neomycin. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa seizin dokter.

Efek Samping Obat

  • Efek samping sediaan oral yang paling umum adalah mual, muntah dan diare.
  • efek samping yang lain adalah terjadinya kerusakan pada aparatus vestibular dari telinga bagian dalam jika diberikan dalam dosis tinggi dan dalam jangka waktu yang lama.
  • menyebabkan efek toksisitas yang bervariasi antar pasien dengan ciri-ciri yang sering terjadi adalah kehilangan keseimbangan, pandangan kabur dan dering di telinga.
  • Antibiotik ini memiliki efek nefrotoksik yang akan meningkat oleh faktor resiko yang dimiliki pasien seperti faktor usia, fungsi ginjal yang menurun, kehamilan, hipotiroidisme, disfungsi hati, penggunaan bersamaan obat lain seperti : vankomisin, NSAID, cisplatin, siklosporin, sefalosporin, dan diuretik.
  • Obat ini juga bersifat neurotoksik. Gejalanya diantaranya mati rasa, kesemutan, dan kejang-kejang.

Interaksi Obat

Berikut interaksi neomycin jika digunakan bersamaan dengan obat-obat lain :

  • Menurunkan absorpsi obat-obat seperti, vitamin A, fenoksimetilpenisillin, digoksin, dan metotreksa.
  • Meningkatkan efek hipoglikemik obat-obat anti diabetes.
  • Meningkatkan efek antikoagulan kumarin, dengan cara mengurangi ketersediaan vitamin K.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Menurut FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) neomycin masuk dalam kehamilan kategori D dengan penjelasan sebagai berikut :

Terbukti beresiko terhadap janin manusia berdasarkan bukti-bukti empiris yang didapatkan dari investigasi, pengalaman marketing maupun studi terhadap manusia. namun jika benefit yang diperoleh dipandang lebih tinggi dari resiko yang mungkin terjadi, obat ini bisa diberikan.

Antibiotik golongan aminoglikosida mampu melewati plasenta. Adanya bukti empiris bahwa obat ini memiliki efek buruk terhadap janin manusia, harus menjadi peringatan serius bagi pasien yang sedang hamil, atau yang berencana untuk hamil.

Peringatan dan Perhatian

  • Jangan gunakan neomycin jika Anda sedang hamil. Ini bisa membahayakan bayi yang belum lahir.
  • Harap berhati-hati bagi yang sedang menderita gangguan pendengaran, gangguan usus, gangguan ginjal, myasthenia gravis, atau penyakit Parkinson.
  • Tidak dianjurkan menggunakan antibiotik ini pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal, gangguan hati, hamil dan menyusui.
  • Hati-hati menggunakan antibiotik ini untuk lansia, penderita myastenia gravis, obesitas dan gangguan telinga.
  • Jika neomycin digunakan oleh pasien gagal hati, sebagian kecil obat akan diabsorpsi. karena pasien gagal hati biasanya mengalami uremia, dapat terjadi akumulasi yang meningkatkan potensi toksisitas.
  • Periode pengobatan lebih dari 2 minggu tidak dianjurkan.
  • penggunaan antibiotik dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan organisme patogen lain yang tidak peka, terutama jamur. hal ini disebut superinfeksi. Jika terjadi, penanganan yang tepat harus dilakukan dengan pengawasan dokter.
kandungan yg sejenis brafoderm | paten neomycin |
Neomycin medlineplus.gov 09 Sep 2016. Neomycin

Definisi Obat Neomycin adalah obat yang digunakan untuk mengurangi risiko infeksi (infeksi-infeksi yang disebabkan terutama oleh bakteri gram negatif) sesudah operasi (pembedahan) usus. Neomycin juga digunakan untuk mengurangi gejala koma hepatik. Neomycin tidak bisa digunakan untuk mengatasi infeksi akibat virus, hanya bisa dikonsumsi untuk menangani infeksi bakteri. Di dalam tubuh, neomycin bekerja dengan menghentikan pertumbuhan […]

4.9
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *