Misoprostol

Loading...

Definisi Obat

Misoprostol adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati sakit maag. Misoprostol digunakan untuk mencegah sakit maag selama pengobatan dengan aspirin atau NSAID.
Selain itu, obat ini juga dapat mencegah terjadinya tukak pada usus halus.

Misoprostol berfungsi menurunkan kadar asam di dalam lambung. Selain itu, obat ini dapat meningkatkan kadar lendir dan bikarbonat di dalam lambung. Lendir dan bikarbonat berguna untuk melindungi lambung dan usus dari asam.

Obat ini juga digunakan untuk mengobati perdarahan postpartum karena kontraksi yang buruk dari rahim, Untuk pnggunaan aborsi sering digunakan dengan mifepristone atau metotreksat.

Misoprostol dikembangkan pada tahun 1973. obat ini terdaftar di Organisasi Kesehatan Dunia sebagai Obat Esensial yang paling penting yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan dasar.
Penggunaan Obat ini dapat melalui mulut, di bawah lidah, atau ditempatkan dalam vagina.

gambar obat misoprostol cytotec

Contoh Obat Misoprostol Bermerek Cytotec Produksi Pfizer

Nama Generik Misoprostol
Nama Merek Dagang Cytotec, Misodel,arthrotec
Jenis Obat Analog prostaglandin anti-ulkus
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet
Indikasi Mengobati dan mencegah tukak pada lambung dan usus halus
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Obat

Dosis Misoprostol untuk mengobati tukak umumnya adalah 800 mcg (mikrogram) per hari yang dibagi menjadi 2 atau 4 dosis. Untuk mencegah tukak, dosis misoprostol umumnya adalah 200 mcg, dua hingga empat kali sehari.

Loading...

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Konsumsilah misoprostol setelah Anda makan dan tidak dengan perut yang kosong.
Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi misoprostol pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Sangat penting untuk tidak hamil saat mengonsumsi misoprostol karena obat ini dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur dan cacat pada bayi. Gunakan metode kontrasepsi yang efektif selama mengonsumsi obat ini.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi misoprostol, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis misoprostol pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Pastikan penggunaan obat sesuai dengan anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan misoprostol sebelum mulai mengonsumsinya.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, Walau jarang, misoprostol berpotensi menyebabkan efek samping, antara lain : Pusing, Sakit kepala, Mual, Muntah, Kembung, Konstipasi, Gangguan pencernaan, Sakit perut, dan Diare

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Jangan minum misoprostol jika Anda berencana untuk hamil, sedang hamil dan sedang menyusui karena obat ini menyebabkan keguguran dan berdampak buruk pada bayi.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati bagi penderita hipertensi, hipotensi, gangguan pada jantung atau pembuluh darah, dehidrasi, dan penyakit inflamasi usus.
  • Tanyakan dosis misoprostol untuk anak-anak kepada dokter.
  • Konsumsilah obat ini dengan makanan.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
contoh obat yang mengandung misoprostol | obat maag yang mengandung misoprostol | obat yang mengandung misoprostol | merk obat yang mengandung prostaglandin | misoprostol generik | jenis obat yang mengandung misoprostol | nama dagang misoprostol | obat yang mengandung misoprostol 200mcg | obat misoprostol | obat yg mengandung misoprostol |
Misoprostol medlineplus.gov 02 Sep 2016. Misoprostol

Loading… Definisi Obat Misoprostol adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati sakit maag. Misoprostol digunakan untuk mencegah sakit maag selama pengobatan dengan aspirin atau NSAID. Selain itu, obat ini juga dapat mencegah terjadinya tukak pada usus halus. Misoprostol berfungsi menurunkan kadar asam di dalam lambung. Selain itu, obat ini dapat meningkatkan kadar lendir dan […]

4.9
5 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *