Miconazole

loading...

Definisi Obat

Miconazole adalah obat untuk mengatasi infeksi jamur yang menyerang bagian-bagian tubuh, seperti vagina, mulut, dan kulit. Gejala infeksi jamur umumnya meliputi rasa gatal, kemerahan, dan rasa perih pada bagian yang terinfeksi. Jika terjadi di mulut, penderita akan merasa tidak nyaman saat makan atau minum dan muncul bintik-bintik putih di dalam mulut. Dan jika infeksi jamur menyerang vagina, bisa menyebabkan keputihan atau cairan putih kental dan rasa gatal atau perih.

Dalam mengobati infeksi, miconazole berfungsi membunuh dan menghentikan pertumbuhan jamur. Selain di vagina, mulut, dan kulit tubuh, miconazole juga dapat mengobati infeksi jamur yang terjadi di kuku.
Pada balita, obat ini dapat dipakai untuk mengobati kondisi yang disebut “ruam popok” atau infeksi yang terjadi di bagian bokong akibat pemakaian popok, Selain itu, juga bisa digunakan sebagai obat sariawan pada bayi

Miconazole adalah agen antijamur imidazol, yang dikembangkan oleh Janssen Pharmaceutica, umumnya dioleskan pada kulit atau selaput lendir untuk menyembuhkan infeksi jamur.
Miconazole dipasarkan dalam berbagai bentuk sediaan seperti miconazole cream, tablet vagina, atau troche / tablet hisap untuk infeksi jamur pada tenggorokan. Sediaan oral diperoleh hanya dengan resep dokter, sedangkan sediaan topikal seperti cream untuk jamur kulit bisa diperoleh tanpa resep dokter.

Nama Generik Miconazole
Nama Merek Dagang Benoson M, brentan cream, Daktarin cream, Daktarin diaper, Daktarin oral gel, daktarin powder, Daktazol cream, fungares cream, Funtas cream, Kalpanax K cream, Locoriz cream, miconazole, Micoskin cream, Micrem cream, Moladerm cream, mycorine cream, mycorine powder, Mycozol cream, proson M, sporend cream, thecort cream, vaslone cream, zolacort cream, Zolagel cream, Zolagel diaper.
Jenis Obat Anti jamur
Golongan Obat Obat Bebas Terbatas, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Oral gel, krim, salep, bedak, dan kapsul khusus untuk infeksi pada vagina
Indikasi Mengobati infeksi jamur pada kulit, mulut, vagina, dan kuku
Kontra Indikasi Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada miconazole atau obat golongan imidazole lainnya.

Cara Kerja Obat

Miconazole termasuk golongan imidazole yang bekerja dengan cara mengubah permeabilitas dinding sel jamur. Miconazole mengikat fosfolipid dalam membran sel dan menghambat biosintesis ergosterol dan sterol lain yang diperlukan untuk produksi membran sel. Hal ini menyebabkan kematian sel melalui hilangnya unsur intraseluler.

Dosis Obat

Berikut ini adalah dosis umum penggunaan miconazole dalam berbagai bentuk:

Bentuk obat Pengguna Dosis
Krim dan salep Dewasa Oleskan secukupnya pada bagian yang terinfeksi 2-3 kali sehari
Bedak Dewasa Taburi secukupnya bagian yang terinfeksi 2 kali sehari
Oral gel Dewasa Oleskan ke bagian mulut yang mengalami infeksi 4 kali sehari setelah makan
Kapsul untuk infeksi jamur di vagina Wanita di atas 18 tahun Masukkan 1 kapsul ke dalam vagina 1 kali sehari menjelang tidur malam (1 kapsul biasanya mengandung 1200 mg miconazole)

Dosis untuk anak, silahkan tanyakan kepada dokter.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Baca informasi yang tertera pada kemasan miconazole sebelum mulai menggunakannya dan Ikuti anjuran dokter

Miconazole biasanya digunakan selama satu hingga dua minggu. Gunakanlah miconazole sesuai dengan jangka waktu yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya obat ini masih harus tetap digunakan selama beberapa hari setelah gejala reda. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah infeksi datang kembali.

Jika Anda menggunakan oral gel untuk mengobati infeksi jamur di mulut, sebaiknya jangan makan atau minum dahulu setengah jam setelah menggunakannya. Hal ini dimaksudkan agar efek obat dapat maksimal karena tidak tersapu oleh makanan atau minuman yang kita konsumsi. Jika infeksi jamur telah menyebar ke tenggorokan, kemungkinan dokter akan menganjurkan Anda untuk menelan oral gel tersebut.

Untuk mengurangi risiko terkena infeksi jamur di mulut, Anda disarankan untuk tidak merokok, mengontrol diabetes Anda, dan membersihkan mulut setelah menggunakan inhaler steroid jika Anda menderita sakit asma. Apabila Anda menggunakan gigi palsu, copot gigi tersebut menjelang tidur dan bersihkan gel miconazole. Jangan pakai gigi palsu saat tidur malam untuk mencegah risiko terkena infeksi jamur.

Kapsul miconazole yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur di vagina dapat menghancurkan lateks kondom. Jika Anda adalah wanita yang ingin menghindari kehamilan, jangan berhubungan seks dahulu ketika menjalani pengobatan dengan kapsul miconazole atau gunakan alat kontrasepsi selain kondom. Selain itu, berhubungan seks saat infeksi di vagina Anda belum sembuh juga berbahaya karena dapat menulari pasangan Anda.

Untuk mencegah infeksi jamur pada kulit, keringkan badan Anda dengan handuk jika terkena air, keringat atau setelah mandi, terutama di bagian-bagian lipatan. Infeksi jamur sering terjadi di area kulit yang lembap.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Bagi pasien yang lupa menggunakan miconazole, disarankan segera menggunakannya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis miconazole pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Miconazole juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah menggunakan obat anti jamur ini adalah:

  • Efek samping sediaan oral (tablet hisap/lozenge) misalnya diare, mual, muntah, gatal, mulut kering.
  • Efek samping sediaan cream, suppositoria atau tablet vagina misalnya sensasi terbakar pada vagina, poliuria, gatal vulva, nyeri, dan edema.
  • Sediaan cream dan supositoria mengandung minyak yang dapat melemahkan kondom lateks dan diafragma.
  • Sediaan cream yang digunakan pada kulit umumnya mempunyai efek samping seperti rasa panas, eritema, edema, gatal, rasa seperti terbakar, pedih, urtikaria, dan kejadian iritasi umum lain.

Interaksi Obat

Tidak ada interaksi obat yang signifikan untuk sediaan topikal. Namun, untuk sediaan oral yaitu tablet hisap (lozenge/troche), ada beberapa interaksi dengan obat lain :

  • Miconazole dapat meningkatkan konsentrasi serum phenytoin dan fosphenytoin.
  • Dapat meningkatkan efek hipoglikemik obat-obat golongan sulfonilurea.
  • meningkatkan konsentrasi antikoagulan warfarin.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan miconazole oral kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Namun pada sediaan topikal obat ini dikategorikan ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut :

penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Sejumlah kecil obat ini dapat diserap secara sistemik setelah pemberian topikal dan pada vagina. Namun, obat ini masih dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada wanita hamil.

Peringatan dan Perhatian

  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, sesuaikan dosis miconazole dengan anjuran dokter.
  • Tanyakan dosis miconazole untuk anak-anak kepada dokter.
  • Keamanan dan efektivitas pada anak-anak di bawah usia 3 tahun belum ditetapkan. Oleh karena itu, penggunaannya tidak dianjurkan.
  • Tes fungsi hati harus dipantau secara berkala saat mengambil sediaan oral (troche/lozenge).
  • Harap berhati-hati bagi pasien yang menderita gangguan hati, porfiria, mengonsumsi obat lain seperti warfarin, serta bagi pasien yang berusia di bawah 18 tahun.
  • Pemakaian harus dihentikan jika muncul ruam kulit atau tanda lain yang menunjukkan reaksi alergi.
  • Hubungi dokter, bila terjadi reaksi alergi atau overdosis

    miconazole images

    Contoh obat generik Miconazole

harga salep miconazole | harga obat miconazole | harga miconazole | harga miconazole kapsul | kumpulan nama obat untuk keputihan | harga miconazole kapsul di apotik | harga obat miconazole tablet | obat miconazole tablet | salep miconazole untuk keputihan | harga salep permethrin |
Miconazole Khabib M 24 Mei 2016. Miconazole

Definisi Obat Miconazole adalah obat untuk mengatasi infeksi jamur yang menyerang bagian-bagian tubuh, seperti vagina, mulut, dan kulit. Gejala infeksi jamur umumnya meliputi rasa gatal, kemerahan, dan rasa perih pada bagian yang terinfeksi. Jika terjadi di mulut, penderita akan merasa tidak nyaman saat makan atau minum dan muncul bintik-bintik putih di dalam mulut. Dan jika […]

4.9 Khabib M
loading...
2 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *