Metoprolol

Definisi Obat

Metoprolol adalah obat yang digunakan untuk mengobati Tekanan darah tingi (hipertensi), nyeri dada (angina), serangan jantung dan aritmia.

Metoprolol merupakan salah satu jenis obat penghambat reseptor beta atau beta-blocker. Obat ini umumnya digunakan untuk menangani berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah.

Beta-blocker ini akan membantu pasien dalam mengendalikan hipertensi, namun tidak akan menyembuhkan kondisi tersebut. Pasien sangat dianjurkan untuk menerapkan pola hidup yang sehat agar kondisinya tetap terjaga.

Selain gangguan kardiovaskular, metoprolol juga dapat berfungsi untuk mengobati thyrotoxicosis serta mencegah migrain dan melindungi jantung dari kerusakan akibat serangan jantung.

Metroprolol dapat diberikan melalui mulut atau diberikan secara intravena.
Efek samping Metroprolol yang umum antara lain kesulitan tidur, merasa lelah, merasa pingsan, dan perut tidak nyaman. dosis besar dapat menyebabkan keracunan serius.

Metoprolol pertama kali dibuat pada tahun 1969. obat ini terdaftar di Organisasi Kesehatan sebagai Dunia Obat Esensial, obat yang paling penting yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan dasar. Pada tahun 2013, metoprolol adalah obat 19 yang paling diresepkan di Amerika Serikat.

gambar obat metoprolol

Contoh Obat Metoprolol Table 50mg

Nama Generik Metoprolol
Nama Merek Dagang Lopressor, Metolar XR, Metoprolol Succinate ER, Metoprolol Tartrate, Toprol-XL
Jenis Obat Penghambat beta (beta-blocker)
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan obat Tablet dan Suntik
Indikasi
  • Mengobati hipertensi, angina, aritmia, dan gangguan tiroid
  • Mencegah kerusakan jantung akibat serangan jantung
  • Mencegah migrain
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Metoprolol bekerja dengan memengaruhi respons saraf-saraf organ tubuh, terutama jantung. Proses tersebut akan membantu memperlambat frekuensi detak jantung, mengurangi tekanan pada jantung, serta menurunkan tekanan darah.

Dosis Obat

Dosis metoprolol berbeda-beda. Dokter akan menentukan berdasarkan kondisi serta riwayat kesehatan pasien.

Penyakit Dosis dan Frekuensi
Hipertensi 100 mg 1 kali sehari

Mungkin akan ditingkatkan hingga 200 mg per hari yang terbagi dalam beberapa kali penggunaan

Angina 50-100 mg 2-3 kali sehari
Aritmia 50 mg 2-3 kali sehari

loading...

Mungkin akan ditingkatkan hingga 300 mg per hari yang terbagi dalam beberapa kali penggunaan

Serangan jantung 50 mg 1 kali tiap 6 jam

Lalu 200 mg per hari yang terbagi dalam beberapa kali penggunaan

Thyrotoxicosis 50 mg 4 kali sehari
migrain 100-200 mg per hari yang akan dibagi ke dalam beberapa kali konsumsi.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Pengobatan dengan metoprolol umumnya akan dijalani oleh pasien untuk jangka panjang. Jangan pernah berhenti menggunakan obat ini sebelum berkonsultasi dengan dokter. Ini dilakukan guna menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Penghentian konsumsi obat harus dilakukan secara bertahap dan di bawah pengawasan dokter.

Obat ini boleh diminum sebelum atau sesudah makan. Gunakanlah metoprolol sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan.

Selama menjalani pengobatan dengan metoprolol, tetaplah memeriksakan diri ke dokter secara rutin agar perkembangan kondisi Anda bisa dipantau. Keefektifan obat serta respons tubuh terhadap obat juga akan diawasi melalui pemeriksaan ini.

Metoprolol juga berpotensi menyembunyikan gejala-gejala hipoglikemia. Pengidap diabetes dianjurkan untuk lebih sering memeriksa kadar gula darahnya.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi metoprolol pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi metoprolol, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis metoprolol pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Untuk memaksimalisasi metode pengobatan, sangatlah penting bagi pasien untuk menaati nasihat dari dokter mengenai gaya hidup sehat dan seimbang. Langkah ini dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti:

  • Menerapkan pola makan yang sehat, misalnya menghindari makanan asin dan berlemak atau bersantan.
  • Berolahraga secara teratur
  • Berhenti mengonsumsi minuman keras. Kandungan alkohol dalam minuman keras dapat meningkatkan kinerja obat ini dalam menurunkan tekanan darah.
  • Tidak merokok.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping metoprolol antara lain:

  • Lelah.
  • Mual.
  • Sakit perut.
  • Kaki dan tangan terasa dingin.
  • Pusing atau sakit kepala.
  • Detak jantung yang melambat.
  • Mata berkunang-kunang pada saat bangkit berdiri.
  • Napas tersengal-sengal dengan atau tanpa melakukan aktivitas fisik.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil dan sedang menyusui disarankan untuk menghindari konsumsi metoprolol.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati bagi lansia atau jika Anda menderita asma, tekanan darah rendah, diabetes, gangguan hati atau sirosis hati (kematian jaringan dan fungsi sel hati), gangguan ginjal, psoriasis, myasthenia gravis (gangguan kekuatan otot), detak jantung yang pelan atau tidak beraturan, prinzmetal’s angina, serta pernah mengalami gagal jantung.
  • Hindari berkendara atau mengoperasikan alat-alat berat jika Anda mengonsumsi metoprolol. Obat ini berpotensi memicu pusing dan rasa lelah.
  • Pastikan Anda memberi tahu dokter atau perawat bahwa Anda mengonsumsi metoprolol sebelum menjalani prosedur medis apa pun.
loading...
Metoprolol Khabib M 03 Sep 2016. Metoprolol

Definisi Obat Metoprolol adalah obat yang digunakan untuk mengobati Tekanan darah tingi (hipertensi), nyeri dada (angina), serangan jantung dan aritmia. Metoprolol merupakan salah satu jenis obat penghambat reseptor beta atau beta-blocker. Obat ini umumnya digunakan untuk menangani berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Beta-blocker ini akan membantu pasien dalam mengendalikan hipertensi, namun […]

4.9 Khabib M
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *