Metoclopramide

Definisi Obat

Metoclopramide adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala mual dan muntah karena migrain serta setelah menjalani operasi, radioterapi, atau kemoterapi. obat ini digunakan sebagian besar untuk masalah perut dan kerongkongan.

Metoclopramide termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai antagonis reseptor dopamin.
Metoclopramide juga digunakan jangka pendek untuk mengobati sakit maag disebabkan oleh refluks gastroesophageal pada orang yang telah menggunakan obat-obat lain tanpa menghilangkan gejala.

Khusus bagi pengidap migrain, metoclopramide dapat diminum bersamaan dengan analgesik untuk meningkatkan keefektifan analgesik.

Pada tahun 2012, metoclopramide adalah salah satu dari 100 obat yang paling diresepkan di Amerika Serikat. Efek samping metoclopramide yang umum antara lain: merasa lelah, diare, dan merasa gelisah. Efek samping yang lebih serius termasuk gangguan gerakan seperti tardive dyskinesia, suatu kondisi yang disebut neuroleptik sindrom ganas, dan depresi.

gambar obat metoclopramide

Contoh obat dengan kandugan zat metoclopramide

Nama Generik Metoclopramide
Nama Merek Dagang Reglan, Metozolv, Primadol, Metoclopramide
Jenis Obat Antiemetik
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet, obat cair, obat suntik
Indikasi Mencegah serta meredakan mual dan muntah
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Metoclopramide bekerja dengan cara meningkatkan aktivitas otot-otot pada saluran pencernaan sehingga makanan lebih cepat terdorong dari lambung menuju usus. Proses ini akan mengurangi gejala mual yang dirasakan. Mual dan muntah adalah gejala yang dilatarbelakangi oleh berbagai kondisi serta penyakit-penyakit.

Dosis Obat

Dosis metoclopramide berbeda-beda, Takaran dosis ditentukan oleh dokter berdasarkan berat badan, jenis kondisi, serta respons tubuh pasien terhadap obat.

Untuk pasien di bawah 15 tahun, dosis metoclopramide harus dikonsultasikan dengan dokter. Obat ini juga sebaiknya tidak diberikan kepada anak-anak dengan berat badan di bawah 61 kg.

Metoclopramide hanya boleh digunakan untuk jangka pendek, yaitu maksimal lima hari. berikut ini adalah dosis metoclopramide yang umumnya dianjurkan.

  • Usia diatas 18 tahun : Dosis 10 miligram, 1 hingga 3 kali sehari
  • Usia 15-18 tahun : Dosis 0,1-0,5 miligram untuk tiap kilogram berat badan, sebanyak 1 hingga 3 kali sehari.
    Dosis maksimal per hari sebanyak 30 mg atau 0,5 mg per kilogram berat badan.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Metoclopramide sebaiknya diminum 30 menit sebelum makan. Selama menggunakan antiemetik ini, hindarilah minuman keras karena kandungan alkoholnya dapat meningkatkan risiko efek samping.
Gunakanlah metoclopramide sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan.

Periksakanlah diri Anda secara rutin ke dokter selama menggunakannya agar perkembangan kondisi Anda serta keefektifan obat dapat dipantau.

Berilah jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Jeda waktu yang ideal adalah 6-8 jam.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi metoclopramide, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis metoclopramide pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Apabila mengonsumsi metoclopramide dalam bentuk cair, sebaiknya menggunakan sendok atau gelas takar khusus yang disertakan di dalam kemasan. Jangan menggunakan sendok makan biasa karena kemungkinan takarannya berbeda.

Efek Samping Obat

Metoclopramide juga berpotensi menyebabkan efek samping sama seperti obat lain pada umumnya. Efek-efek samping tersebut biasanya akan berkurang dan hilang setelah tubuh beradaptasi dengan obat. Tetapi jika tidak kunjung membaik, segera hentikan pemakaian obat dan hubungi dokter.

Beberapa efek samping Metoclopramide yang dapat terjadi antara lain:

  • Pusing, Sakit kepala dan Mengantuk.
  • Mulut kering.
  • Ruam pada kulit.
  • Payudara terasa nyeri.
  • Menstruasi yang tidak teratur.
  • Detak jantung yang cepat.
  • Gangguan motorik pada otot wajah, mata, serta tubuh.
  • Diare (pada pengguna dosis tinggi)

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Di Amerika, Metoclopramide termasuk dalam kategori kehamilan B yang berarti tidak ditemukan bukti bahaya pada wanita hamil.

Peringatan dan Perhatian

  • Hindari konsumsi minuman keras selama menggunakan metoclopramide.
  • Wanita yang berencana untuk hamil atau sedang hamil hanya boleh menggunakan metoclopramide jika dianjurkan oleh dokter.
  • Ibu menyusui dilarang menggunakan metoclopramide.
  • Harap berhati-hati bagi yang menderita epilepsi, pendarahan pada lambung, gangguan ginjal, gangguan hati, asma, detak jantung yang tidak teratur, diabetes, gangguan mental, penyakit Parkinson, porfiria, tumor pada kelenjar adrenal, dan bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun dan di atas 65 tahun.
  • Pengguna metoclopramide sebaiknya tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat karena obat ini bisa menyebabkan pusing dan kantuk.
  • Jika menggunakan metoclopramide, beri tahu dokter sebelum menjalani penanganan medis apa pun.
  • Jangan ragu untuk menghubungi dokter apabila mengalami gejala-gejala buruk akibat konsumsi obat ini
indikasi metoclopramid | metoclopramidepaten | harga obat metoclopramide | metocle | nama paten dari metoclopiramida | Obat Paten Metoklopramid | persamaan metoklorpramid |
Metoclopramide medlineplus.gov 10 Sep 2016. Metoclopramide

Definisi Obat Metoclopramide adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala mual dan muntah karena migrain serta setelah menjalani operasi, radioterapi, atau kemoterapi. obat ini digunakan sebagian besar untuk masalah perut dan kerongkongan. Metoclopramide termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai antagonis reseptor dopamin. Metoclopramide juga digunakan jangka pendek untuk mengobati sakit maag disebabkan oleh refluks […]

4.9
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *