Metildopa (Methyldopa)

Definisi Obat

Metildopa (Methyldopa) adalah obat pilihan untuk mengatasi hipertensi saat kehamilan, karena tidak berbahaya bagi perkembangan janin. Walaupun begitu,anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat.

Metildopa termasuk kelompok obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi, atau yang biasa disebut hipertensi, bisa merusak pembuluh darah. Selain itu, hipertensi juga bisa membebani kerja jantung. Obat ini bekerja untuk mengurangi tekanan darah dengan cara melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, akibatnya darah dan oksigen bisa bersirkulasi lebih bebas dalam tubuh. Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dapat menurunkan risiko gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal.

gambar obat metildopa

Contoh Obat Metildopa

Nama Generik Methyldopa
Nama Merek Dagang Aldomet, Aldoril, Dopamet, Dopegyt
Jenis Obat Antihipertensi
Golongan Obat Obat keras, obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedida dalam kemasan Tablet
Indikasi Mengurangi tekanan darah yang tinggi
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Metildopa (Methyldopa) bekerja dengan cara mengurangi tekanan darah dengan cara melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, akibatnya darah dan oksigen bisa bersirkulasi lebih bebas dalam tubuh. Menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dapat menurunkan risiko gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Dosis Obat

Dosis awal metildopa umumnya adalah 500 – 750 mg per hari. Dalam sehari, dosis maksimal metildopa adalah 3 gram. Dokter bisa menambahkan dosis tersebut untuk disesuaikan dengan respons pasien terhadap obat.

loading...

Dosis untuk anak-anak akan disesuaikan dengan berat badan mereka. Sedangkan untuk lansia, biasanya dosis metildopa yang diberikan adalah 125 – 250 mg dalam sehari. Sedangkan dosis maksimal untuk lansia adalah 2 gram per hari.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Bacalah petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter.Biasanya obat ini akan diberikan dengan dosis rendah pada awal pengobatan, sebelum kemudian disesuaikan dengan respon tubuh dan kebutuhan Anda.

Obat antihipertensi ini bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah makan dan jangan dikonsumsi bersamaan dengan minuman keras karena bisa menggandakan efek samping yang dirasakan penderita.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi Metildopa pada jam yang sama setiap hari untuk memaksimalkan efeknya.
Bagi pasien yang lupa mengonsumsi metildopa, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis metildopa pada jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping Metildopa (Methyldopa) yang umumnya terjadi antara lain : Kelelahan, Pusing, Hidung tersumbat, dan Mengantuk.

Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi, temui dokter atau datangi rumah sakit terdekat.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Di Amerika obat ini termasuk dalam kategori B

“No risk in other studies: Animal reproduction studies have failed to demonstrate a risk to the fetus and there are no adequate and well-controlled studies in pregnant women OR Animal studies have shown an adverse effect, but adequate and well-controlled studies in pregnant women have failed to demonstrate a risk to the fetus in any trimester.”

Peringatan dan Perhatian

  • Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi metildopa.
  • obat ini bisa menyebabkan kantuk, Sebaiknya tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat.
  • Harap berhati-hati bagi yang memiliki gangguan hati dan ginjal, phaeochromocytoma (tumor yang berasal dari sel-sel kromafin kelenjar adrenal), porfiria (salah satu jenis kelainan darah), depresi, atau sedang mengonsumsi obat lain.
  • Hubungi dokter bila Anda mengalami: Pembengkakan pergelangan kaki, Sakit atau gangguan pada otot, Pingsan, Penambahan berat badan yang tidak direncanakan, Haid tidak teratur atau tidak haid, dan Sakit perut berat atau mungkin hal buruk lainnya
loading...
obat metildopa | fungsi merk obat dopamet | Www harga dari obat metildopa com | obat metildopa apa ada di apotik | nama merk dagang metildopa | nama generik dari dopamet | nama dagang methyldopa | metildopa paten | harga obat dopamet 500mg | harga metild |
Metildopa (Methyldopa) Khabib M 24 Jul 2016. Metildopa (Methyldopa)

Definisi Obat Metildopa (Methyldopa) adalah obat pilihan untuk mengatasi hipertensi saat kehamilan, karena tidak berbahaya bagi perkembangan janin. Walaupun begitu,anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat. Metildopa termasuk kelompok obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi, atau yang biasa disebut hipertensi, bisa merusak pembuluh darah. Selain itu, hipertensi […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *