Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Mannitol

Mannitol adalah sejenis alkohol gula yang juga digunakan sebagai obat.
Sebagai gula, manitol sering digunakan sebagai pemanis pada makanan diabetes, karena kurang diserap oleh usus.
Sebagai obat, manitol digunakan untuk menurunkan tekanan di mata, seperti pada glaukoma, dan untuk menurunkan tekanan intrakranial yang meningkat. Secara medis, mannitol diberikan melalui suntikan. Efek biasanya dimulai dalam 15 menit dan bertahan hingga 8 jam.

gambar obat infus mannitol

Gambar : Cairan Mannitol

Manitol (Mannitol )merupakan salah satu diuretik, yaitu obat yang meningkatkan pembentukan urine oleh ginjal. Obat ini berfungsi membantu pengeluaran natrium dan air dari dalam tubuh sehingga kadar cairan yang beredar di pembuluh darah akan menurun.

Efek samping yang umum dari penggunaan medis termasuk masalah elektrolit dan dehidrasi. Efek samping serius lainnya termasuk gagal jantung yang memburuk dan masalah ginjal. Mannitol dalam keluarga obat diuretik osmotik dan bekerja dengan menarik cairan dari otak dan mata.

Penemuan manitol dikaitkan dengan Joseph Louis Proust pada tahun 1806. obat Ini ada dalam Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia (obat yang paling efektif dan aman yang dibutuhkan dalam sistem kesehatan).

Definisi Obat

Nama Generik Mannitol
Brand Name (Nama Dagang) Infusan M-20, Mannitol, Otsu-Manitol 20
Jenis Obat Diuretik
Golongan Obat Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Manitol tersedia dalam bentuk infus dan hanya boleh digunakan berdasarkan resep dan anjuran dokter.
Indikasi/Keguna’an -Mencegah dan/atau mengobati fase oliguria (produksi urine sedikit) pada gagal ginjal akut.
– Menurunkan tekanan dalam tempurung kepala ketika meningkat akibat tumor otak, perdarahan di dalam tempurung kepala, dan lain-lain.
– Memicu pembuangan substansi berbahaya dari ginjal akibat keracunan.
– Menurunkan tekanan pada bola mata ketika obat lain gagal.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Obat

  • Pada umumnya dosis infus manitol untuk pasien dewasa dan remaja adalah 500 hingga 2.000 ml per hari. Dosis maksimal dalam sekali pemberiannya adalah 500 ml.
  • untuk pasien yang mengalami oliguria atau gangguan ginjal, dokter akan memberikan dosis manitol sebanyak 2 ml per kg berat badan selama 3-5 menit. Dosis awal ini bertujuan untuk menguji reaksi tubuh pasien terhadap obat. Bila hasil tampungan urine setelah minum obat ini masih dengan volume normal, maka sisa obat akan diberikan.
  • Untuk menurunkan tekanan dalam tempurung kepala dan bola mata, dosis umum manitol yang diberikan adalah 15-20 ml per kg berat badan pasien. Infus ini akan dijalani oleh pasien selama 30 menit hingga 1 jam.
  • Pasien yang mengalami keracunan dan membutuhkan proses pembuangan senyawa berbahaya dari ginjalnya akan dianjurkan untuk menerima manitol sebanyak 250 ml pada pemberian infus awal.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Penggunaan Manitol harus diberikan dengan dosis tepat sesuai kebutuhan pasien sehingga hanya bisa dilakukan oleh dokter dan petugas medis.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.
Meski jarang, manitol berpotensi memicu beberapa efek samping yang meliputi: Dehidrasi atau Gangguan keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit, Sakit kepala, Menggigil, Demam, , Gangguan pencernaan, Tromboflebitis, Hipotensi, Merasa haus.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan obat ini kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Penelitian pada hewan memang tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Namun fakta bahwa obat ini telah menunjukkan efek buruk pada janin hewan harus menjadi perhatian serius jika ingin menggunakan obat ini untuk wanita hamil. Disarankan hanya digunakan jika tidak ada pilihan lain yang lebih aman.

Peringatan dan Perhatian

  • Cermati isi kemasan infus manitol sebelum digunakan. Cairan manitol harus bening dan tanpa partikel. Jangan digunakan jika cairan telah berubah warna, berisi partikel, atau kemasannya bocor. Mintalah pada petugas medis untuk memberikan yang baru.
  • Harap berhati-hati bagi lansia dan yang mengidap dehidrasi parah, anuria (tidak bisa buang air kecil), gagal jantung kongestif, pendarahan dalam tempurung kepala (terutama saat menjalani operasi), gangguan ginjal yang parah, edema paru atau penyakit paru kongestif, serta gagal ginjal.
  • Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala efek samping yang tidak wajar, tidak kunjung sembuh atau gejala buruk lainnya yang anda curigai berhubungan dengan obat ini.
Mannitol medlineplus.gov 05 Nov 2018. Mannitol

Mannitol adalah sejenis alkohol gula yang juga digunakan sebagai obat. Sebagai gula, manitol sering digunakan sebagai pemanis pada makanan diabetes, karena kurang diserap oleh usus. Sebagai obat, manitol digunakan untuk menurunkan tekanan di mata, seperti pada glaukoma, dan untuk menurunkan tekanan intrakranial yang meningkat. Secara medis, mannitol diberikan melalui suntikan. Efek biasanya dimulai dalam 15 […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya