Losartan

loading...

Definisi Obat

Losartan adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Orang dengan hipertensi, jika kondisinya tidak ditangani bisa merusak jantung dan pembuluh darah, meski mereka tidak merasakan gejala apa pun.

Losartan merupakan kelompok obat antagonis angiotensin II. Obat ini bekerja dengan cara melemaskan pembuluh darah agar darah bisa mengalir lebih mudah. Dengan menurunkan tekanan darah bisa mencegah terjadinya serangan jantung, stroke, dan gangguan ginjal. Selain hipertensi, losartan juga digunakan dalam penanganan gagal jantung dan gangguan ginjal pada penderita diabetes.
Losartan digunakan untuk memperlambat kerusakan ginjal jangka panjang pada orang dengan diabetes tipe 2 yang juga memiliki tekanan darah tinggi.

gambar obat losartan

contoh obat losartan produksi sandoz

Nama Generik Losartan
Nama Merek Dagang Cozaar, Losartan
Jenis Obat Kelompok obat antagonis angiotensin II.
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan Anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet
Indikasi
  • Mengobati hipertensi.
  • Mengobati gangguan ginjal akibat diabetes tipe 2.
  • Mengatasi gagal jantung dan edema.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Losartan bekerja dengan cara melemaskan pembuluh darah agar darah bisa mengalir lebih mudah. Dengan menurunkan tekanan darah bisa mencegah terjadinya serangan jantung, stroke, dan gangguan ginjal.

Dosis Obat

Dosis losartan umumnya adalah 12,5 per hari sebagai awalan. Dosis akan ditingkatkan secara perlahan-lahan dan teratur untuk beberapa minggu. Peningkatan dosis maksimal untuk losartan adalah 25 mg per hari.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Sebaiknya Anda tetap menemui dokter secara teratur untuk memeriksa perkembangan Anda dan mengawasi tekanan darah selama pengobatan dengan obat ini. Dokter mungkin perlu melakukan tes darah untuk memantau kesehatan ginjal dan seberapa banyak kandungan potasium di dalam darah

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi Losartan. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Biasanya obat ini dikonsumsi sehari sekali, sebelum atau sesudah makanan. Dosis yang diberikan berdasarkan kondisi yang Anda alami dan respons tubuh Anda terhadap obat ini. Untuk membantu agar tidak melewatkan dosis Anda, pastikan untuk mengonsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap harinya.

Sebelum melakukan operasi atau pengobatan gigi, beri tahu ahli medis bahwa Anda mengonsumsi losartan. Obat ini bisa bereaksi dengan obat bius dan membuat tekanan darah Anda menjadi terlalu rendah.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi losartan, disarankan segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis losartan pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Selain obat-obatan yang dikonsumsi, dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan perubahan menu makanan (membatasi garam), mengendalikan berat badan, dan berolahraga untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Sangat penting bagi Anda untuk mengikuti anjuran dokter tentang perubahan gaya hidup di atas, termasuk tentang mengonsumsi minuman keras dan merokok.

Efek Samping Obat

Reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping losartan yang bisa saja terjadi adalah :

  • Merasa kelelahan.
  • Perubahan kadar potasium dalam darah.
  • Merasa pusing, terutama saat berdiri dari posisi duduk.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Menurut badan pengawasan obat Amerika (FDA) obat ini termasuk dalam kategori kehamilan D yang berbunyi “Ada bukti positif terhadap risiko janin manusia berdasarkan data studi penelitian pada manusia, namun potensi keuntungan bisa menjamin penggunaan obat pada ibu hamil meskipun potensi risiko.”

Peringatan dan Perhatian

  • Bagi wanita hamil atau sedang merencanakan kehamilan atau menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini.
  • Sebaiknya Anda membatasi asupan potasium, baik sebagai suplemen atau pengganti garam, karena obat ini dapat meningkatkan kadar potasium dalam tubuh.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini jika Anda mengalami dehidrasi, penyakit hati, gangguan otot jantung (kardiomiopati), gangguan ginjal akibat penyempitan pembuluh darah, dan gangguan sirkulasi jantung.
  • Pastikan untuk menanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen, vitamin, dan obat lain, baik obat bebas maupun obat resep, bersamaan dengan losartan, termasuk dalam hal mengonsumsi alkohol.
  • Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi, segera temui dokter atau datangi rumah sakit terdekat.
harga losartan paten | harga obat losartan | losartan paten | merek antiseptik awalan d | merk antiseptik awalan d | nama paten losartan | paten losartan |
Losartan Khabib M 07 Sep 2016. Losartan

Definisi Obat Losartan adalah obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Orang dengan hipertensi, jika kondisinya tidak ditangani bisa merusak jantung dan pembuluh darah, meski mereka tidak merasakan gejala apa pun. Losartan merupakan kelompok obat antagonis angiotensin II. Obat ini bekerja dengan cara melemaskan pembuluh darah agar darah bisa mengalir lebih mudah. […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...