Loratadine

loading...

Definisi Obat

Loratadine adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis alergi seperti bersin-bersin, ruam kulit, hidung meler atau tersumbat, dan mata berair akibat paparan penyebab alergi seperti debu, bulu hewan, atau bahkan gigitan serangga.
Loratadine juga digunakan untuk mengobati gatal-gatal kulit dan gatal-gatal pada orang dengan reaksi kulit kronis.

Obat ini termasuk golongan antihistamin trisiklik, yang bertindak sebagai inverse agonist selektif histamin perifer H1-reseptor. Histamin secara alami sudah ada dalam tubuh yang dapat menghasilkan berbagai reaksi alergi, Pada sebagian orang, paparan media-media tersebut menyebabkan tubuh mereka memproduksi zat histamin secara berlebihan. Kelebihan zat histamin inilah yang kemudian memunculkan gejala alergi. Untuk menanggulangi alergi tersebut, maka diperlukan senyawa antihistamin.

Loratadin ditemukan pada tahun 1981 dan datang ke pasar pada tahun 1993. Loratadine adalah salah satu jenis obat antihistamin yang umumnya tidak menimbulkan rasa kantuk.
Terdapat juga sediaan kombinasi dengan pseudoefedrin yang digunakan untuk mengobati pilek yang disebabkan alergi.

gambar obat loratadine

Contoh obat generik loratadine 10mg produksi hexpharmjaya

Nama Generik Loratadine
Nama Obat Bermerek Dagang Miratadin, Alavert, Claritin, Claritin Reditab, Clear-Atadine, Dimetapp ND, ohm Allergy Relief, QlearQuil All Day & Night, Tavist ND, Wal-itin, clatatin, dinazen, gradine, hislorex, histaritin, imunex, inclarin, klinset, lergia, lesidas, logista, loratadine, lorihis, nosedin, prohistin, sohotin, tinnic, ultilar, winatin, zeos.
Jenis Obat Antihistamin
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep Dokter
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet (5 mg /tablet, 10 mg / tablet dan 5 mg) dan cairan yang diminum (5 ml sirup)
Indikasi Meredakan gejala alergi
Kontra Indikasi Jangan menggunakan obat ini untuk pasien yang memiliki riwayat hipersensitif pada loratadine atau obat golongan anti histamin lainnya.
Sebaiknya jangan digunakan untuk bayi prematur dan bayi baru lahir, atau penderita asma akut.

Cara Kerja Obat

Loratadine bekerja dengan cara menghambat efek dari histamin sehingga berbagai reaksi alergi itu dapat dikurangi.

Dosis Obat

Berikut ini adalah dosis loratadine yang umum diberikan:

  • Dosis orang dewasa : 10 mg per hari
  • Dosis anak-anak usia di atas 2 tahun dengan berat badan kurang dari 30 kg : 5 mg per hari.
  • Dosis anak-anak usia di atas 2 tahun dengan berat badan di atas 30 kg : 10 mg per hari

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Baca petunjuk aturan pemakaian pada kemasaan loratadine sebelum mulai menggunakannya, atau Ikuti anjuran dokter.
Loratadine dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Jika Anda diresepkan loratadine tablet, konsumsilah dengan menggunakan air minum.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi loratadine, disarankan untuk segera melakukannya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan menggandakan dosis loratadine pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.
Segera Hentikan penggunaan loratadine setelah gejala alergi Anda telah reda.

Efek Samping Obat

Loratadine berpotensi menyebabkan efek samping. Walau jarang, efek samping yang dapat terjadi setelah mengonsumsi antihistamin ini adalah merasa lelah atau mengantuk.
Efek samping yang lain misalnya sakit kepala dan efek antimuskarinik seperti retensi urin, mulut kering, penglihatan kabur, dan gangguan pencernaan.

Jangan mengonsumsi alkohol selama Anda menjalani pengobatan dengan loratadine karena dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko efek samping.

Interaksi Obat

loratadine memungkinkan berinteraksi dengan obat-obat lain :
Obat-obat inhibitor enzim CYP3A4 seperti ketoconazole, erythromycin, cimetidine, furanocoumarin (ditemukan dalam jeruk), amprenavir meningkatkan kadar loratadine dalam plasma.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan loratadine kedalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut :

penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat ini selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Perhatian & Peringatan

  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan hati danporphyria atau gangguan darah lain.
  • Walaupun efek sedasinya relatif jarang, namun tetap harus diwaspadai. Sebaiknya anda tidak mengemudi atau menyalakan mesin selama menggunakan obat ini.
  • Pada beberapa kasus, penggunaan alkohol akan meningkatkan efek sedasi obat ini.
  • Pemakaian antihistamin harus dihentikan sekitar 48 jam sebelum menjalani tes alergi kulit, karena dapat mengganggu hasil tes.
  • Jika obat anti histamin dibutuhkan selama menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis terendahnya.
  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini.
  • Segera hubungi dokter, bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
harga obat antihistamin | harga obat loratadine | harga loratadine generik | harga loratadine | merk obat Antihistamin | daftar obat antihistamin | loratadine harga | harga loratadin | harga obat lora | harga lora |
Loratadine Khabib M 18 Mei 2016. Loratadine

Definisi Obat Loratadine adalah obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis alergi seperti bersin-bersin, ruam kulit, hidung meler atau tersumbat, dan mata berair akibat paparan penyebab alergi seperti debu, bulu hewan, atau bahkan gigitan serangga. Loratadine juga digunakan untuk mengobati gatal-gatal kulit dan gatal-gatal pada orang dengan reaksi kulit kronis. Obat ini termasuk golongan antihistamin […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *