Loperamide

loading...

Definisi Obat

Loperamide adalah obat antidiare yang digunakan untuk mengatasi beberapa jenis diare seperti diare akut nonspesifik, diare ringan, sindrom iritasi usus, diare kronis akibat reseksi usus, dan diare kronis sekunder untuk penyakit radang usus. Namun harap diingat bahwa obat ini hanya dapat meredakan gejala diare dan tidak mengobati penyebabnya.
Loperamide juga digunakan untuk mengurangi jumlah tinja pada orang yang memiliki ileostomy (re-routing usus melalui lubang bedah di perut).

Loperamide pertama kali dibuat pada tahun 1969 dan digunakan secara medis pada tahun 1976, Loperamide juga tersedia dalam berbagai merek.
Loperamide merupakan agonis opioid reseptor yang mekanisme kerjanya mirip dengan morfin yaitu mengurangi aktivitas pleksus myenteric usus besar sehingga memperlambat ritme kontraksi usus. hal ini menyebabkan zat-zat tinggal lebih lama dalam usus, menyediakan waktu lebih banyak untuk menyerap air keluar dari kotoran sehingga kotoran menjadi lebih padat.

Diare akibat sindrom iritasi usus juga dapat diobati dengan loperamide. Demikian pula dengan pasien yang membutuhkan bantuan untuk menormalisasi aktivitas usus besar setelah menjalani operasi usus.

gambar obat loperamide

Contoh obat loperamide produksi sandoz

Nama Generik Loperamide
Nama Merek Dagang Diamode, Imodium A-D, Imodium A-D EZ Chews, Imodium A-D New Formula, Imodium, Maalox Anti-Diarrheal, Pepto Diarrhea Control, Imotil, Kao-Paverin, Kaopectate 1-D, Diar-Aid, amerol, antidia, bidium, colidium, diadium, diaramid, diasec, etadium, gradilex, imolex, imomed, imosa, inamid, lexadium, lodia, lopadium, lopamid, loperamide, loremid, loprium, mecodiar, midix, motilex, normudal, novadium, opox, primodiar, renamid, tracodia, vialop, xepare, zeroform
Jenis Obat Antidiare
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet dan kapsul
Indikasi Mengatasi diare akut
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Loperamide bekerja dengan cara memperlambat aktivitas usus besar sehingga makanan akan tertahan lebih lama di dalam usus. Dengan begitu, usus akan menyerap lebih banyak air dan tinja akan menjadi lebih padat.

Dosis Obat

Dosis loperamide tergantung kepada jenis diare serta tingkat keparahannya. Takaran umum penggunaannya adalah 4 mg pada konsumsi pertama dan 2 mg tiap selesai buang air besar. Dosis maksimal penggunaannya adalah 12 mg per 24 jam.

Loperamide dapat digunakan untuk mengatasi diare akut pada pasien berusia 12 tahun hingga dewasa. Tetapi untuk mengatasi diare akibat sindrom iritasi usus, obat ini hanya boleh digunakan oleh pasien dewasa.

Loperamide tidak boleh dikonsumsi lebih dari 24 jam saat mengatasi diare akut. Sementara untuk diare akibat sindrom iritasi usus, penggunaan obat ini sebaiknya tidak lebih dari dua minggu.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Loperamide tidak bisa menggantikan carian yang terbuang akibat diare. Karena itu, penting bagi pasien untuk tetap banyak minum cairan guna mencegah dehidrasi selama diare. Selain air putih, jus, atau sup, pasien juga disarankan meminum oralit. Hindari minuman bersoda. Konsumsilah makanan sederhana dalam porsi kecil jika memungkinkan, misalnya bubur, nasi putih, atau roti. Jika diare tidak kunjung membaik selama 48 jam, hubungi dokter.

Bagi pasien yang lupa menggunakan loperamide, disarankan segera menggunakannya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis loperamide pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Gunakanlah loperamide sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan.

Efek Samping Obat

Tiap obat pasti memiliki efek samping, begitu juga dengan loperamide. beberapa efek samping tersebut antara lain : Pusing dan sakit kepala, Konstipasi, Mual, Perut kembung dan Sakit perut.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Di Amerika, obat ini termasuk dalam kategori kehamilan C, yang artinya “studi pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun potensi keuntungan bisa menjamin penggunaan obat pada ibu hamil meskipun potensi risiko.

Peringatan dan Perhatian

  • Hentikan penggunaan jika diare sudah berhenti.
  • Sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 24 jam untuk mengobati diare akut dan dua minggu untuk diare akibat sindrom iritasi usus.
  • Wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi loperamide.
  • Ibu menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan loperamide.
  • Jangan lupa untuk banyak minum air selama mengalami diare guna mencegah dehidrasi.
  • Jika mengonsumsi loperamide, sebaiknya tidak mengemudikan atau mengoperasikan alat berat karena obat ini bisa menyebabkan pusing pada sebagian orang.
  • Harap berhati-hati bagi yang menderita gangguan hati, kolitis ulseratif atau kondisi pencernaan kronis lainnya.
  • Segera hentikan konsumsi obat dan hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping dengan tingkat keparahan yang tinggi.
harga obat loperamide | harga loperamide | loperamide paten | loperamide harga | nama paten pargoksin | harga loperamide generik | harga lodia di apotik | obat yang mengandung loperamide | golongan obat loperamide | harga obat loperamide generik |
Loperamide Khabib M 19 Agu 2016. Loperamide

Definisi Obat Loperamide adalah obat antidiare yang digunakan untuk mengatasi beberapa jenis diare seperti diare akut nonspesifik, diare ringan, sindrom iritasi usus, diare kronis akibat reseksi usus, dan diare kronis sekunder untuk penyakit radang usus. Namun harap diingat bahwa obat ini hanya dapat meredakan gejala diare dan tidak mengobati penyebabnya. Loperamide juga digunakan untuk mengurangi […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *