Lisinopril

loading...

Definisi Obat

Lisinopril adalah obat yang berfungsi mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan untuk mengatasi penyakit gagal jantung.
Hipertensi biasanya tidak menyebabkan tubuh terasa sakit, tapi jika tidak ditangani, kondisi ini bisa melukai jantung dan merusak pembuluh darah. Komplikasi lainnya adalah serangan jantung dan stroke.

Biasanya terdapat terlalu banyak cairan dalam pembuluh darah saat seseorang mengalami gagal jantung. Obat ini membantu mengurangi cairan yang berlebih. Obat ini memberikan efek perlindungan pada jantung dan memperlambat proses perkembangan gagal jantung.

Lisinopril merupakan kelompok obat ACE inhibitor. Lisinopril adalah inhibitor ACE ketiga (setelah kaptopril dan enalapril) dan diperkenalkan sebagai obat di awal 1990-an. obat ini juga digunakan untuk mencegah ginjal dan komplikasi mata pada penderita diabetes.

gambar obat lisinopril

Contoh Obat Lisinopril

Nama Generik Lisinopril
Nama Merek Dagang Prinivil, Zestril,Lisinopril
Jenis Obat ACE inhibitor
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet
Indikasi
  • Mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Mengobati gagal jantung dan edema.
  • Mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung
  • Mencegah gangguan ginjal dan mata sebagai komplikasi diabetes.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Kelompok obat ACE inhibitor (Lisinopril) bekerja dengan cara mencegah tubuh menghasilkan hormon yang dikenal dengan nama angiotensin II. Obat ini melakukannya dengan menghalangi unsur kimia bernama enzim pengubah angiotensin. Pembuluh darah akan rileks dan membantu mengurangi kadar air dalam darah yang dikembalikan oleh ginjal. Akibatnya, tekanan darah akan berkurang dan meningkatkan pasokan darah serta oksigen ke dalam jantung.

Dosis Obat

Dosis lisinopril awal adalah 2,5-20 mg satu kali sehari. Dosis akan ditingkatkan sesuai kondisi kesehatan pasien dan respons tubuhnya. Dosis maksimal dalam mengonsumsi lisinopril untuk hipertensi adalah 80 mg per hari dan untuk gagal jantung adalah 35 mg per hari.

Dosis untuk anak-anak akan disesuaikan dengan berat badan mereka. Dosis awalnya antara 2,5-5 mg sekali per hari. Dosis ini bisa dinaikkan hingga maksimal 20-40 mg per hari.

Cara Konsumsi Obat Dengan Benar

Bacalah selalau petunjuk aturan pakai pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi lisinopril. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Obat ini biasanya dikonsumsi dengan segelas air, baik disertai atau tanpa makanan. Pastikan mengonsumsinya pada waktu yang sama untuk lebih mudah mengingat dan mendapat manfaat maksimal dari obat ini. Dikarenakan obat ini bisa menyebabkan pusing ketika pertama kali mengonsumsinya, dokter akan menyarankan meminumnya pada malam hari.

Lisinopril bisa menyebabkan pusing dan terasa ingin pingsan. Untuk mengurangi risiko itu, disarankan untuk berdiri perlahan saat bangkit dari posisi duduk atau berbaring.

Obat ini hanya membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, tidak bisa menyembuhkan hipertensi secara langsung. Sebaiknya Anda mengonsumsi obat ini sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter. Terdapat kemungkinan Anda perlu mengonsumsinya seumur hidup demi menurunkan tekanan darah Anda.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi lisinopril, disarankan segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis lisinopril pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping lisinopril  yang bisa terjadi  antara lain: Sakit kepala, Merasa mual dan muntah, Gangguan pencernaan dan sakit perut, Merasa kelelahan, Diare, Batuk kering, dan Merasa pusing atau kepala terasa ringan terutama saat bangkit dari posisi duduk atau berbaring.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil atau sedang merencanakan kehamilan atau menyusui, dilarang mengonsumsi obat ini.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi penderita lupus, gangguan ginjal, dehidrasi, aterosklerosis, penyakit vaskular perifer (sirkulasi buruk), kardiomiopati (penyakit otot jantung), stenosis aorta (penyempitan pembuluh darah dari jantung), angioedema (pembengkakan wajah, lidah, dan tenggorokan), terapi desensitisasi, dan menjalani dialisis.
  • Sebelum mengonsumsi obat lain, baik yang dibeli bebas maupun obat resep, terutama obat penghilang rasa sakit dan obat untuk gangguan pencernaan, tanyakan kepada dokter yang memberikan resep obat.
  • Obat ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 6 tahun.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
  • Pastikan Anda memeriksakan diri secara teratur ke dokter selama mengonsumsi obat ini agar dokter dapat memonitor perkembangan kondisi Anda dan jika dosis yang Anda konsumsi perlu disesuaikan lagi.
daftar obat jantung dan merk dagangnya | LISINOPRIL PATEN | nama obat paten lisinopril | obat generik penyumbatan pembuluh darah |
Lisinopril Khabib M 23 Jul 2016. Lisinopril

Definisi Obat Lisinopril adalah obat yang berfungsi mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan untuk mengatasi penyakit gagal jantung. Hipertensi biasanya tidak menyebabkan tubuh terasa sakit, tapi jika tidak ditangani, kondisi ini bisa melukai jantung dan merusak pembuluh darah. Komplikasi lainnya adalah serangan jantung dan stroke. Biasanya terdapat terlalu banyak cairan dalam pembuluh darah saat […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *