Levofloxacin

loading...

Definisi Obat

Levofloxacin (levofloksasin) adalah Obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri seperti infeksi saluran kemih, pneumonia, sinusitis, infeksi kulit, jaringan lunak, dan infeksi prostat
Levofloxacin juga digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bronkitis atau pneumonia, dan untuk mengobati orang-orang yang telah terkena anthrax.

Levofloxacin merupakan antibiotik spektrum luas dari kelas obat fluorokuinolon, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif.
Levofloxacin biasanya digunakan jika antibiotik lainnya tidak dapat mengatasi infeksi yang ada atau tidak dapat diresepkan oleh dokter karena alasan tertentu. Karena levofloxacin merupakan antibiotik, maka obat ini tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau pilek.

Levofloxacin telah disetujui untuk penggunaan medis di Amerika Serikat pada tahun 1996, Levofloxacin dijual di bawah nama dagang Levaquin.

levofloxacin images

Contoh Obat Generik Levofloxacin 500mg

Nama Generik levofloxacin (oral) (LEE voe FLOX a sin)
Nama Obat Bermerek Dagang Levaquin, Levaquin Leva-Pak, Tavanic, Iquix, voxin, volequin, prolevox, nufalev,  mosardal, lexa, levovid, nislev
Jenis Obat Antibiotik quinolone
Golongan Obat Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet
Indikasi Mengobati infeksi akibat bakteri, seperti: Sinusitis, Infeksi saluran kemih, Infeksi sistem pernapasan seperti bronkitis dan pneumonia, Infeksi prostat, Infeksi kulit
Kontra Indikasi
  • Harus dihindarii pada pasien dengan epilepsi atau gangguan kejang lainnya.
  • Harus dihindari pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap levofloxacin atau antibiotik golongan kuinolon lainnya.
  • Harus dihindari pada pasien yang memiliki riwayat pemakaian kuinolon terkait tendon pecah.

Cara Kerja Obat

Llevofloxacin bekerja dengan cara menghambat dua tipe enzim II topoisomerase yaitu DNA Gyrase dan topoisomerase IV sehingga mencegah perkembangannya.
Topoisomerase IV memerlukan DNA terpisah yang telah direplikasi sebelum pembelahan sel bakteri. Dengan DNA yang tidak dipisahkan, proses terhenti dan bakteri tidak bisa membagi.
Sedangkan DNA gyrase bertanggungjawab untuk supercoil DNA sehingga akan cocok di dalam sel yang baru terbentuk.
Kombinasi dari dua mekanisme di atas akan membunuh bakteri sehingga levofloxacin digolongkan sebagai bakterisida.

Dosis Obat

Dosis umum Levofloxacin bagi dewasa adalah 500 mg per hari. Dosis biasanya akan disesuaikan dengan keparahan penyakit, kondisi kesehatan pasien dan berat badan.
Dosis oral sama dengan dosis parenteral. pemberian levofloxacin melalui infus dilakukan secara perlahan-lahan.
Bagi jenis infeksi tertentu, dosis 250 mg per hari sudah cukup, namun ada sebagian orang yang perlu diberikan dosis sebesar 1000 mg per hari.
Levofloxacin diberikan selama 3-14 hari, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan infeksi.
Berikut ini adalah dosis Levofloxacin selengkapnya

  • Sinusitis maksilaris akut : 500 mg tiap 24 jam selama 10-14 hari.
  • Eksaserbasi akut bronkitis kronis : 500 mg tiap 24 jam selama 7 hari.
  • Community acquired pneumonia : 500 mg tiap 24 jam selama 7-14 hari.
  • Infeksi saluran kemih terkomplikasi, pieloneritis akut : 250 mg tiap 24 jam selama 10 hari.
  • Infeksi kulit dan struktur kulit tidak terkomplikasi : 500 mg tiap 24 jam selama 7-10 hari

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan levofloxacin sebelum mulai menggunakannya. Obat ini dapat digunakan sebelum atau sesudah makan.

Disarankan untuk mengonsumsi levofloxacin pada pagi hari jika Anda diresepkan dosis sekali minum. Jika Anda diresepkan dosis levofloxacin lebih dari satu kali sehari, pastikan ada jarak waktu yang cukup, misalnya 12 jam antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Usahakan untuk mengonsumsi levofloxacin pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Jika kesulitan untuk menelan tablet levofloxacin, Anda bisa membelahnya menjadi dua. Namun jangan mengonsumsi obat ini dengan cara dikunyah atau dihancurkan.

Bagi pasien yang lupa menggunakan levofloxacin, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan menggandakan dosis levofloxacin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jangan mengonsumsi obat-obatan gangguan pencernaan atau multivitamin yang mengandung seng (zinc) atau besi pada dua jam sebelum atau sesudah mengonsumsi levofloxacin karena dapat mengganggu penyerapan dan kinerja levofloxacin.

Pastikan Anda menghabiskan seluruh dosis yang diresepkan oleh dokter. Hal ini penting untuk mencegah kembalinya infeksi yang berpotensi lebih buruk. Jika setelah menghabiskan semua obat dan gejala tidak membaik, konsultasikan ke dokter.

Efek Samping Obat

levofloxacin  menimbulkan efek samping bersifat ringan sampai sedang. Namun, efek samping serius kadang terjadi.

Efek samping yang paling umum seperti gangguan gastrointestinal : Mual, muntah, diare dan sembelit.
Levofloksasina (levofloxacin) juga menyebabkan intoksifikasi pernafasan, darah dan kelainan hormonal serta kardiovaskuler.
Efek samping yang yang kadang terjadi meskipun jarang adalah tremor, kegelisahan, ansietas, sakit kepala ringan, kebingungan, halusinasi, paranoid, depresi, mimpi buruk, dan insomnia.

Interaksi Obat

levofloxacin  menunjukkan potensi untuk memblokir pemecahan warfarin dan phenprocoumon. Hal ini dapat meningkatkan kerja obat seperti warfarin, sehingga menyebabkan efek samping yang lebih potensial, seperti perdarahan.
Dalam dosis tinggi, penggunaan levofloksasin (levofloxacin) bersamaan dengan anti inflamasi non steroid (NSAID) dapat menyebabkan kejang.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Penelitian pada reproduksi hewan menunjukkan levofloksasin (levofloxacin) memberikan efek buruk pada janin. Tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, tetapi jika manfaat potensial terhadap ibu lebih besar daripada resiko pada janin maka obat ini bisa diberikan.

Perhatian & Peringatan

  • Tanyakan dosis levofloxacin untuk mereka yang masih berusia di bawah 18 tahun pada dokter.
  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat ini.
  • Harap berhati-hati bagi penderita diabetes, gangguan ginjal, gangguan mental, epilepsi atau kondisi lainnya yang menyebabkan kejang, gangguan jantung, myasthenia gravis atau kondisi yang menyebabkan otot menjadi lemas, dan defisiensi glucose 6-phosphate dehydrogenase.
  • Harap berhati-hati juga bagi mereka yang pernah mengalami tendonitis atau masalah pada tendon.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau sesuatu yang buruk
  • Kulit mungkin akan terasa lebih sensitif pada sinar matahari setelah mengonsumsi levofloxacin. Karena itu gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit Anda jika ingin beraktivitas di luar rumah.
obat prostat generik | obat levofloxacin | obat yang sama dengan tramadol | levofloxacin 500 mg obat apa | harga levofloxacin 500 mg | levofloxacin adalah | harga levofloxacin paten | levofloxacin paten | harga levofloxacin | levofloxacin harga |
Levofloxacin Khabib M 22 Mei 2016. Levofloxacin

Definisi Obat Levofloxacin (levofloksasin) adalah Obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri seperti infeksi saluran kemih, pneumonia, sinusitis, infeksi kulit, jaringan lunak, dan infeksi prostat Levofloxacin juga digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bronkitis atau pneumonia, dan untuk mengobati orang-orang yang telah terkena anthrax. Levofloxacin merupakan antibiotik spektrum luas dari kelas obat fluorokuinolon, aktif […]

4.9 Khabib M
loading...
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *