Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Lactobacillus Acidophilus

Definisi

Lactobacillus acidophilus adalah sejenis bakteri yang baik atau bakteri positip atau probiotik, yang hidup di sestem pencernaan tubuh manusia.

gambar suplemen Lactobacillus-acidophilus

Gambar : Contoh Suplemen Lactobacillus Acidophilus

Lactobacillus acidophilus dapat tumbuh baik dengan oksigen ataupun tanpa oksigen, dan bakteri ini dapat hidup pada lingkungan yang sangat asam sekalipun, seperti pada pH 4-5 atau dibawahnya dan bakteri ini merupakan bakteri homofermentatif yaitu bakteri yang memproduksi asam laktat dalam menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya dalam saluran cerna.
Bakteri Lactobacillus acidophilus bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam saluran cerna, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya penyebab diare.

Lactobacilli tumbuh dengan baik di susu dan produk susu, Lactobacilli digunakan secara komersial untuk membuat keju dan yogurt. selain itu juga tersedia dalam bentuk suplemen, namun FDA belum meninjau produk ini untuk keamanan atau efektivitas yang tersedia dalam bentuk suplemen. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Nama Lactobacillus Acidophilus
Nama Merek Dagang Probiokid, L-Bio, Lacto-B
Jenis Obat Probiotik, suplemen
Golongan Obat Obat Bebas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan Anak-anak (usia di atas 3 tahun)
Bentuk Sediaan Tablet salut selaput, kapsul, serbuk (granule)
Indikasi Menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam saluran cerna
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Obat

Belum ada dosis yang tetap untuk Lactobacillus acidophilus, tetapi dosis yang biasanya dianjurkan adalah 1-10 milyar CFU per hari dan dibagi menjadi 3-4 kali jadwal konsumsi. Dosis Lactobacillus acidophilus ditentukan berdasarkan satuan colony forming units (CFU) atau unit pembentuk koloni.
Untuk lebih jelasnya, bisa ditanyakan kepada dokter atau baca keterangan yang tertera pada kemasan produk obat. berikan jarak 2-3 jam, bila diminum bersamaan dengan antibiotik,

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

  • Bacalah terlebih dahulu keterangan yang tertera pada kemasan obat atau ikuti anjuran dokter
  • Jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung Lactobacillus acidophilus dengan mengunyah atau membelahnya, Suplemen harus dikonsumsi secara utuh.
  • Lactobacillus acidophilus suplemen dapat dikonsumsi setelah atau sebelum makan. Disarankan untuk diminum bersamaan dengan susu atau jus buah.
  • Penggunaan suplemen Lactobacillus acidophillus dalam bentuk serbuk (granule) dapat berbeda. Beberapa produk dapat dikonsumsi secara langsung, namun ada pula yang harus dicampurkan terlebih dahulu dengan air.
  • Hindari mengurangi atau menambahkan dosis tanpa anjuran dokter.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.
Efek samping yang mungkin terjadi sesudah mengonsumsi suplemen Lactobacillus acidophilus yaitu : Diare, perut kembung, sakit perut.
Hubungi dokter apabila mengalami efek samping seperti Pembengkakan (di wajah, lidah, mulut, dan tenggorokan), Sesak napas, dan biduran.

Interaksi Obat

Efektifitas dari Lactobacillus acidophilus akan berkurang, apabila digunakan bersamaan dengan antibiotik.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Belum diketahui apakah Lactobacillus Acidophilus dapat diserap ke dalam ASI atau tidak, oleh karena itu bagi ibu yang sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Sebaiknya dalam pengawasan dokter apabila Penggunaan probiotik yang mengandung Lactobacilus acidophilus ditujukan untuk anak kurang dari 3 tahun
  • Informasikanlah riwayat kesehatan anda pada dokter, terutama bila pernah atau sedang mengalami sindrom usus pendek (short bowel syndrome), sistem kekebalan tubuh yang lemah, intoleransi laktosa, diare lebih dari 2 hari, gangguan pada perut, serta infeksi pada saluran kemih dan vagin*
  • Waspada penggunaan acidophilus pada pasien yang juga rutin mengonsumsi obat kortikosteroid, seperti pasien setelah transplantasi organ karena berisiko menimbulkan efek samping.
  • Infokan pada dokter apabila sedang menggunakan obat-obatan lain, termasuk suplemen dan produk herba.
  • Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala efek samping yang tidak wajar, tidak kunjung sembuh atau gejala buruk lainnya yang anda curigai berhubungan dengan obat ini.
Lactobacillus Acidophilus medlineplus.gov 12 Nov 2018. Lactobacillus Acidophilus

Definisi Lactobacillus acidophilus adalah sejenis bakteri yang baik atau bakteri positip atau probiotik, yang hidup di sestem pencernaan tubuh manusia. Lactobacillus acidophilus dapat tumbuh baik dengan oksigen ataupun tanpa oksigen, dan bakteri ini dapat hidup pada lingkungan yang sangat asam sekalipun, seperti pada pH 4-5 atau dibawahnya dan bakteri ini merupakan bakteri homofermentatif yaitu bakteri […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya