Ketorolac

Definisi Obat

Ketorolac adalah obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan untuk meredakan nyeri, demam, dan peradangan.
Ketorolac umumnya digunakan untuk meredakan pembengkakan dan rasa nyeri pascaoperasi mata. Selain itu, ketorolac juga dapat digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada mata akibat konjungtivitis alergi. Formulasi mata dapat digunakan sebagai pengganti anti inflamasi steroid dalam kasus di mana sebuah intraokular mengangkat tekanan (glaukoma) harus dihindari.

Jangka waktu maksimal penggunaan  ketorolac biasanya hanya tiga minggu, tapi bisa lebih dari itu jika memang disarankan oleh dokter.

Ketorolac (ketorolac trometamin) termasuk dalam keluarga turunan asam asetat heterosiklik, digunakan sebagai analgesik. Ketorolac dikembangkan pada tahun 1989 oleh Syntex Corp (sekarang Roche Bioscience, yang merupakan anak perusahaan dari Roche holding Ltd, perusahaan induk dari Roche). Obat ini disetujui oleh FDA pada tanggal 30 November 1989 dan diperkenalkan sebagai Toradol oleh Syntex.

Ketorolac diindikasikan untuk pengelolaan jangka pendek nyeri sedang sampai berat. Kekhawatiran tentang tingginya insiden efek samping yang dilaporkan menyebabkan pembatasan dosis dan durasi maksimum penggunaan.

gambar obat ketorolac injeksi 10mg

Contoh : Obat Ketorolac Generik Injeksi Produksi Hexpharm Jaya

Nama Generik Ketorolac
Nama Merek Dagang Toradol, Acular, Sprix, Ketorolac
Jenis Obat Antiinflamasi non-steroid (OAINS)
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Injeksi, Obat Cair
Indikasi Meredakan pembengkakan dan nyeri, khususnya pada mata
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Dosis Ketorolac

Berikut adalah dosis yang umumnya diresepkan oleh dokter sesuai dengan kondisi pasien:

loading...
  • Gatal akibat konjungtivitis alergika : Dosis 1 tetes 4 kali sehari
  • Pasca operasi mata : Dosis1 tetes 3 kali sehari, dimulai sejak satu hari sebelum operasi dan dilanjutkan setelahnya hingga 3 minggu ke depan.

Bagi anak-anak yang masih berusia di bawah 2 tahun, tanyakan dosis ketorolac kepada dokter.

Efek Samping Ketorolac

Ketorolac juga berpotensi menyebabkan efek samping, Sama seperti obat-obat lainnya, Efek samping yang umum terjadi setelah menggunakan obat ini adalah rasa pedih atau panas di mata yang bersifat sementara.
Sedangkan efek samping yang lebih jarang terjadi adalah mata terasa gatal, mengeluarkan kotoran, berwarna kemerahan, atau bengkak pada kelopak mata.

Penggunaa’an Ketorolac Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan obat ini kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Penelitian pada hewan memang tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Namun fakta bahwa obat ini telah menunjukkan efek buruk pada janin hewan harus menjadi perhatian serius jika ingin menggunakan obat ini untuk wanita hamil. Disarankan hanya digunakan jika tidak ada pilihan lain yang lebih aman.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati bagi penderita infeksi mata, radang sendi artrisi reumatoid, dan diabetes.
  • Harap berhati-hati jika Anda alergi terhadap aspirin dan obat-obatan antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti ibuprofen atau diclofenac.
  • Harap waspada bagi Anda yang mudah mengalami pendarahan.
  • Jika pandangan menjadi buram setelah menggunakan ketorolac, jangan mengemudi sebelum Anda bisa melihat dengan jelas kembali.
  • Bila terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.
  • ketorolac sebaiknya tidak digunakan saat hamil atau melahirkan. Obat ini juga menurunkan kesuburan jadi tidak dianjurkan bagi mereka yang sedang mencoba untuk hamil.
loading...
obat ketorolac | ketorolac adalah | fungsi obat ketorolac | fungsi ketorolac | harga ketorolac injeksi | merek dagang ketorolac | obat paten ketorolac | manfaat obat ketorolac tromethamine | ketorolac obat apa | ketorolac merk paten novel |
Ketorolac Khabib M 25 Sep 2016. Ketorolac

Definisi Obat Ketorolac adalah obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan untuk meredakan nyeri, demam, dan peradangan. Ketorolac umumnya digunakan untuk meredakan pembengkakan dan rasa nyeri pascaoperasi mata. Selain itu, ketorolac juga dapat digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada mata akibat konjungtivitis alergi. Formulasi mata dapat digunakan sebagai pengganti anti inflamasi steroid dalam kasus di mana […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *