Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Karbon Aktif (Activated Charcoal)

Definisi Obat

Karbon aktif atau arang aktif (activated charcoal) adalah suatu zat yang digunakan untuk menangani keracunan akibat racun yang tertelan melalui mulut.
Arang aktif adalah produk yang diproduksi dan and tidak akan menemukannya secara alami dalam makanan.

gambar obat norit

Contoh obat yang mengandung karbon aktif : Norit

Obat ini juga digunakan untuk menangani gangguan pada saluran cerna, misalnya diare dan perut kembung. Zat ini bekerja dengan mencegah penyerapan racun, sekaligus mempermudah proses pembuangan kotoran dalam saluran cerna.

Karbon aktif juga terkandung di banyak produk perawatan kulit dan gigi. Meski ada yang dijual bebas, penggunaan karbon aktif sebaiknya dengan anjuran dokter.

gambar obat diapet

Diapet : Contoh obat yang mengandung arang aktif

Agar efektif, obat ini harus digunakan dalam waktu singkat setelah keracunan terjadi, biasanya satu jam.
Obat Ini kurang efektif untuk mengatasi keracunan yang disebabkan oleh sianida, zat korosif, zat besi, litium, alkohol, malathion.

Jangan gunakan arang aktif sebagai suplemen jika Anda minum obat ini. Arang aktif juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi tertentu.
Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS memang mengatur suplemen makanan; Namun, itu memperlakukan mereka seperti makanan daripada obat-obatan. Tidak seperti produsen obat, pembuat suplemen tidak harus menunjukkan produk mereka aman atau efektif sebelum menjualnya di pasaran.

Pastikan untuk memberi tahu dokter tentang suplemen apa pun yang anda konsumsi, Dengan begitu, dokter dapat memeriksa setiap efek samping atau interaksi dengan obat-obatan dan makanan, atau suplemen lainnya.

Nama Generik Activated Charcoal
Nama Merek Dagang Norit, Diapet, Bekarbon
Jenis Obat Anti Keracunan
Golongan Obat Obat Bebas, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa, dan anak-anak 1 tahun ke atas
Bentuk Sediaan Tablet, Kapsul
Indikasi Mengatasi Overdosis dan Menyerap racun yang tertelan serta mengatasi gangguan saluran pencernaan
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Karbon Aktif bekerja dengan cara menyerap racun, ketika Anda menggunakan arang aktif, obat-obatan dan racun dapat mengikatnya. Ini membantu membersihkan tubuh dari zat yang tidak diinginkan.

Dosis Obat

Kondisi Usia Dosis
Keracunan Dewasa 25-100 g dalam dosis tunggal, atau 50-100 yang dibagi ke dalam beberapa jadwal konsumsi.Dosis alternatif adalah 25 mg tiap 2 jam, atau 50 mg tiap 4 jam.
Anak-anak usia 1-12 tahun 25-50 mg per hari.
Gangguan saluran cerna Dewasa 0,975-3,9 g, tiga kali sehari.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

  • Patuhilah anjuran dokter dan baca petunjuk yang terdapat pada kemasan obat sebelum mengonsumsi karbon aktif.
  • Hindarilah mencampur karbon aktif dengan es krim, sirup cokelat, atau serbat, karena dapat mengurangi efektivitas obat.
  • Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain, berikan jarak 2 jam sebelum atau sesudah mengonsumsi karbon aktif. Mengonsumsi karbon aktif dengan obat lain secara bersamaan dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap obat lain.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.

  • Efek samping yang umum termasuk : muntah, tinja hitam, diare, dan sembelit.
  • Efek samping yang lebih serius termasuk : pneumonitis, dapat terjadi jika disedot ke paru-paru
  • Efek samping lainnya yang mungkin terjadi : Trombositopenia, Hipotensi, Hipokalemia, Hipoglikemia

Interaksi Obat

Berikut ini adalah interaksi yang dapat terjadi ketika menggunakan karbon aktif bersama dengan obat lain. Di antaranya seperti:

  • Mengurangi efektivitas obat Asetaminofen, Digoxin, Teofilinmethionine.
  • Mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap obat-obat tertentu lainnya.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan obat ini kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Penelitian pada hewan memang tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Namun fakta bahwa obat ini telah menunjukkan efek buruk pada janin hewan harus menjadi perhatian serius jika ingin menggunakan obat ini untuk wanita hamil. Disarankan hanya digunakan jika tidak ada pilihan lain yang lebih aman.

Peringatan dan Perhatian

  • Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala efek samping yang tidak wajar, tidak kunjung sembuh atau gejala buruk lainnya yang anda curigai berhubungan dengan obat ini.
  • Karbon aktif tidak efektif dalam mengatasi keracunan yang disebabkan oleh sianida, lithium, alkohol, dan zat besi.
  • Hindari penggunaan karbon aktif pada penderita gangguan usus dan anak usia di bawah 1 tahun.
  • Kombinasi dengan sorbitol atau obat bisacodyl dapat menyebabkan gangguan elektrolit.
  • Obat ini dapat menyebabkan muntah.

Harga Obat

Berikut ini adalah kisaran harga obat yang didalamnya terdapat kandungan Karbon Aktif (Activated Charcoal), harga tersebut kami dapatkan dari apotik :

  • Norit Lang Dos : Rp 17.669,- / Pcs
  • Diapet Nr Cap 4s : Rp 3.128,- / Strip
  • Bekarbon 250mg Tab Kimia Farma : Rp 80.025,- / Botol
Karbon Aktif (Activated Charcoal) medlineplus.gov 12 Jan 2019. Karbon Aktif (Activated Charcoal)

Definisi Obat Karbon aktif atau arang aktif (activated charcoal) adalah suatu zat yang digunakan untuk menangani keracunan akibat racun yang tertelan melalui mulut. Arang aktif adalah produk yang diproduksi dan and tidak akan menemukannya secara alami dalam makanan. Obat ini juga digunakan untuk menangani gangguan pada saluran cerna, misalnya diare dan perut kembung. Zat ini […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya