Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Imidafenacin

Definisi Obat

Imidafenacin adalah agen antispasmodik dengan efek antikolinergik. Obat Ini memusuhi reseptor muskarinik di kandung kemih untuk mengurangi frekuensi buang air kecil dalam pengobatan kandung kemih yang terlalu aktif.
Obat Ini dipasarkan di Jepang dengan nama dagang Staybla oleh Ono Pharmaceutical dan Uritos oleh Kyojin Pharmaceutical.

gambar obat uritos 0,1mg imidafenasin

Photo : URITOS – obat dengan kandungan imidafenasin

Nama Generik Imidafenacin
Nama Merek Dagang Uritos, Uritos OD, staybla, Staybla OD
Jenis Obat Obat yang berhubungan dengan urologis.
Golongan Obat Obat keras
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tablet
Indikasi Mengurangi frekuensi buang air kecil pada pasien dengan kandung kemih yang terlalu aktif(overactive bladder).
Kontra Indikasi – Pasien dengan retensi urin, tersumbat daerah pilorus / duodenum / usus atau ileus paralitik, penurunan gerakan GI & ketegangan otot, glaukoma sudut sempit, miastenia gravis, penyakit jantung berat.
– Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Imidafenacin

Imidafenacin mengikat dan memusuhi reseptor muscarinic M1 dan M3 dengan afinitas tinggi 3. Imidafenacin juga memusuhi reseptor muskarinik M2 tetapi dengan afinitas yang lebih rendah. Reseptor M3 merangsang kontraksi otot detrusor dalam kandung kemih melalui pelepasan kalsium dari retikulum sarkoplasma 4, Reseptor M2 juga terdapat pada otot detrusor tetapi berfungsi menghambat adenilat siklase yang mengurangi relaksasi yang dimediasi oleh reseptor adrenergik β. Akhirnya, reseptor M1 hadir pada neuron parasimpatis yang melepaskan asetilkolin dalam kandung kemih, Mereka bertindak sebagai loop umpan balik positif autokrin dan selanjutnya meningkatkan pelepasan asetilkolin. Antagonisme reseptor ini oleh imidafenacin mencegah kontraksi otot detrusor kandung kemih, mencegah penghambatan hubungan yang dihasilkan oleh nada simpatik, dan mengurangi pelepasan asetilkolin, Bersama-sama ini mengurangi frekuensi buang air kecil.

Dosis Imidafenacin

Dosis oral yang biasa untuk orang dewasa adalah 0,1 mg imidafenacin dua kali sehari, setelah sarapan dan makan malam.

Efek Samping Imidafenacin

Mulut kering / kering; sembelit. Photophobia, penglihatan kabur; mengantuk; Ketidaknyamanan perut; Peningkatan trigliserida; Peningkatan γ-GTP.

Interaksi Imidafenacin

Peningkatan Cmax & AUC dgn inhibitor CYP3A4 (misalnya itrakonazol, eritromisin, klaritromisin). Meningkatkan efek antikolinergik dengan TCA, antikolinergik, agen antihistamin, fenotiazin, MAOI.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Menurut FDA, obat ini termasuk dalam Kategori X: Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman pada manusia ataupun keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaat yang mungkin diperoleh. Obat dikontraindikasikan bagi wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.

Peringatan dan Perhatian

  • Pasien dengan disuria, aritmia, disfungsi hati dan ginjal, demensia atau disfungsi kognitif, gejala Parkinson atau gangguan serebrovaskular, kolitis ulserativa, hipertiroidisme.
  • Pemantauan residu urin pada pasien dengan penyakit obstruktif saluran kemih termasuk hiperplasia prostat jinak sebelum perawatan.
  • Dapat menyebabkan gangguan akomodasi mata termasuk fotofobia, penglihatan kabur & kelainan mata.
  • Pasien yang mengoperasikan mesin berpotensi berbahaya seperti mengendarai mobil.
  • Bukan untuk pasien dengan demensia atau disfungsi kognitif, Hamil & laktasi, Anak, bayi dengan berat lahir rendah, bayi baru lahir, bayi dalam masa menyusui, Lansia.
  • Hubungi dokter bila merasakan gejala-gejala efek samping yang tidak wajar, tidak kunjung sembuh atau gejala buruk lainnya yang anda curigai berhubungan dengan obat ini.

Harga Obat

Harga uritos 0,1mg produksi pabrik ‘EISAI’sekitar 7500, uritos biasanya dijual perstrip isi 10 tablet dengan kisaran harga 70.000.

Imidafenacin medlineplus.gov 30 Sep 2019. Imidafenacin

Definisi Obat Imidafenacin adalah agen antispasmodik dengan efek antikolinergik. Obat Ini memusuhi reseptor muskarinik di kandung kemih untuk mengurangi frekuensi buang air kecil dalam pengobatan kandung kemih yang terlalu aktif. Obat Ini dipasarkan di Jepang dengan nama dagang Staybla oleh Ono Pharmaceutical dan Uritos oleh Kyojin Pharmaceutical. Nama Generik Imidafenacin Nama Merek Dagang Uritos, Uritos […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya