Hydrocortisone topical

loading...

Definisi Obat

Hydrocortisone (Cortisol) adalah obat yang digunakan untuk mengurangi inflamasi, kemerahan, serta gatal-gatal pada kulit. Hydrocortisone merupakan salah satu obat kortikosteroid topikal (oles) yang termasuk ringan.
Secara alami hormon ini dinamakan cortisol yang diproduksi oleh zona fasciculata pada korteks adrenal. hormon ini berfungsi meningkatkan kadar gula darah melalui glukoneogenesis, menekan sistem kekebalan tubuh, dan membantu proses metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

Kortikosteroid topikal ini biasanya digunakan bersamaan dengan pelembap emolien saat serangan eksim dan dermatitis terjadi. Tetapi hydrocortisone hanya dapat meredakan gejala inflamasi dan bukan untuk menyembuhkan atau menangani penyebab dasarnya.

Selain eksim dan dermatitis, obat ini juga dapat mengatasi iritasi pada kulit akibat gigitan serangga atau alergi. Ada banyak merek dan bentuk hidrokortison topikal yang tersedia di pasaran, Hidrokortison topikal digunakan untuk mengobati peradangan kulit yang disebabkan oleh sejumlah kondisi seperti reaksi alergi, eksim, atau psoriasis.

gambar obat hydrocortisone

Contoh Obat Hydrocortisone Topical Bermerek Canesten

Nama Generik Hydrocortisone
Nama Merek Dagang Ala-Cort, Ala-Scalp HP, Aquanil HC, Beta HC, Caldecort, Cortaid, Cortaid Maximum Strength, Cortizone-5, Dermarest Plus Anti-Itch, Dermasorb HC, Dermtex HC, Gynecort Maximum Strength, Instacort, Itch-X Lotion, Locoid, Pandel, Pediaderm HC, Recort Plus, Sarnol-HC, Scalacort,  Texacort, U-Cort, Westcort, armacort cream,, berlicort cream, brentan cream, bufacort N, calacort cream, candacort cream, cendo mycos salep mata, cendo mycos tetes mata, Chloramphecort cream, cortigra N cream, dermacort cream, enkacort cream, Enpicortyn salep kulit, enpicortyn salep mata, Erla neo hydrocort, Haemocaine, hydrocortisone, indoson cream, Kemiderm cream, lexacorton cream, locoid scalp lotion, nestacort cream, nufacort cream, ramicort tetes telinga, Sancortmycin, solacort cream, steroderm cream, terikortin salep kulit, Terracortril, thecort cream, trifamcort cream, vaslone cream, Viohydrocort cream, visancort cream, zolacort cream.
Jenis Obat Kortikosteroid
Golongan Obat Obat resep, obat keras, obat generik
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak berusia 10 tahun ke atas
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan topikal (obat luar)
Indikasi
  • Meredakan inflamasi ringan pada kulit akibat eksim dan dermatitis
  • Hydrocortisone (Cortisol) adalah satu-satunya kortikosteroid topikal yang direkomendasikan untuk bayi di bawah 1 tahun. Digunakan untuk mengatasi ruam kulit yang disertai manifestasi inflamasi berat akibat penggunaan popok, eksim atopik, dan gigitan atau sengatan serangga.
  • Hydrocortisone dalam sediaan tetes mata, atau salep mata digunakan untuk pengobatan inflamasi segmen anterior, termasuk akibat pembedahan.
Kontra Indikasi
  • Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat obat golongan kortikosteroid, termasuk Hydrocortisone
  • Sebaiknya tidak diberikan pada pasien yang menderita tukak lambung, osteoporosis, diabetes melitus, infeksi jamur sistemik, glaukoma, psikosis, psikoneurosis berat, penderita TBC aktif, herpes zoster, herpes simplex, infeksi virus lain, sindroma Cushing dan penderita dengan gangguan fungsi ginjal.
  • Jangan menggunakan sediaan enema atau foam pada kasus obstruksi usus, perforasi usus besar dan fistula ekstensif.

Dosis Obat

Dosis atau takaran penggunaan hydrocortisone tergantung pada jenis penyakit dan tingkat keparahan gejala.

Oleskan krim atau salep hydrocortisone secukupnya lalu ratakan. Jangan mengoleskan terlalu banyak atau tebal karena akan menyebabkan efek samping seperti penipisan kulit. Lakukan sebanyak 1-2 kali sehari pada kulit yang mengalami inflamasi. Frekuensi maksimal penggunaannya adalah dua kali sehari.

Cara Menggunakan Obat Dengan Benar

Oleskan hydrocortisone secukupnya sampai rata dengan kulit. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum dan sesudah menggunakan obat ini. Gunakanlah hydrocortisone sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan.

Hentikan pemakaian hydrocortisone saat gejala sudah hilang sepenuhnya. Batas waktu maksimal penggunaan obat oles ini adalah satu minggu.Hubungi dokter jika gejala tidak kunjung berkurang setelah satu minggu.

Hindari menutup bagian yang sudah diolesi hydrocortisone dengan kain, plester, atau kain kasa. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan obat oleh kulit sehingga dapat mempertinggi potensi efek samping.

Jika Anda menggunakan lebih dari satu obat oles, tanyakanlah pada dokter cara mengombinasikannya. Contohnya, gunakan pelembap emolien terlebih dulu dan tunggulah sekitar 15 menit sebelum mengoleskan hydrocortisone.

Bagi Anda yang mengalami dermatitis atau eksim, pastikan untuk menggunakan amolien setiap hari setelah selesai menggunakan hydrocortisone.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk mengatasi psoriasis, ikuti petunjuk pemakaian dari dokter. Kortikosteroid ini tidak dianjurkan untuk ruam-ruam psoriasis yang berukuran besar karena dapat memicu kambuhnya gejala.

Hydrocortisone sebaiknya tidak digunakan pada bagian wajah, kecuali jika dianjurkan oleh dokter. Berhati-hatilah agar tidak tertelan atau terkena mata.

Efek Samping Obat

Sama seperti obat-obat lain, semua obat pasti berpotensi efek samping, namun reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda.
Penggunaan hydrocortisone terutama yang jangka panjang (lebih dari empat minggu) dapat menyebabkan efek samping yang permanen pada kulit, seperti stretch mark, lebam, perubahan warna kulit, atau munculnya pembuluh darah halus di permukaan kulit.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan hydrocortisone kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut :

Penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi keuntungan dapat dijamin, penggunaan obat pada ibu hamil dapat dilakukan meskipun potensi resiko sangat besar.

Penelitian pada hewan memang tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Namun fakta bahwa obat ini telah menunjukkan efek buruk pada janin hewan harus menjadi perhatian serius jika ingin menggunakan hydrocortisone untuk wanita hamil. Disarankan hanya digunakan jika tidak ada pilihan lain yang lebih aman.

Peringatan dan Perhatian

  • Wanita hamil dilarang menggunakan hydrocortisone karena dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Jika harus digunakan, pastikan dilakukan di bawah pengawasan dokter.
  • Bagi wanita yang sedang menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  • Anak-anak di bawah 10 tahun dilarang menggunakan hydrocortisone kecuali atas resep dokter.
  • Jangan dioleskan pada luka terbuka dan kulit yang terinfeksi.
  • Hindari penggunaan pada wajah (khususnya di sekitar mata) serta bagian anus dan genital.
  • Jangan digunakan lebih dari satu minggu, kecuali di bawah pengawasan dokter.
  • Jangan membungkus bagian kulit yang sudah diolesi hydrocortisone.
  • Segera hentikan pemakaian obat dan temui dokter jika Anda mengalami efek samping, seperti ruam, kulit kemerahan dan gatal-gatal, serta gejala yang bertambah parah.
salep hidrokortison | salep hydrocortisone | harga salep hidrokortison | harga salep hydrocortisone | amankah salep hydrocortison untuk bayi | hidrokortison salep | harga hidrokortison | hydrocortisone untuk bayi | harga salep hidrokortison di apotik | krim hidrokortison |
Hydrocortisone topical Khabib M 29 Agu 2016. Hydrocortisone topical

Definisi Obat Hydrocortisone (Cortisol) adalah obat yang digunakan untuk mengurangi inflamasi, kemerahan, serta gatal-gatal pada kulit. Hydrocortisone merupakan salah satu obat kortikosteroid topikal (oles) yang termasuk ringan. Secara alami hormon ini dinamakan cortisol yang diproduksi oleh zona fasciculata pada korteks adrenal. hormon ini berfungsi meningkatkan kadar gula darah melalui glukoneogenesis, menekan sistem kekebalan tubuh, dan […]

4.9 Khabib M
loading...
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *