Hydrochlorothiazide

loading...

Definisi Obat

Hydrochlorothiazide (disingkat HCTZ, HCT, atau HZT) adalah obat diuretik yang digunakan sebagai obat anti hipertensi yang bekerja dengan cara mengurangi kemampuan ginjal untuk menyerap terlalu banyak natrium yang bisa menyebabkan retensi cairan. Selain itu obat ini juga menurunkan resistensi pembuluh darah perifer sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

Hydrochlorothiazide merupakan salah satu jenis diuretik dalam kelas tiazid, yaitu obat yang akan meningkatkan pembentukan urine oleh ginjal. Fungsi tersebut akan membantu mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Hidroklorotiazid adalah anti hipertensi lini pertama baik terapi tunggal atau dikombinasikan dengan obat anti hipertensi lain untuk meningkatkan efektivitasnya.

Hipertensi merupakan kondisi kesehatan utama yang bisa ditangani dengan hydrochlorothiazide. Dengan mengendalikan hipertensi, risiko stroke serta serangan jantung pun akan menurun. Obat ini juga mungkin diresepkan untuk mengurangi penumpukan cairan dalam tubuh yang disebabkan oleh gagal jantung, penyakit hati, atau penyakit ginjal.

Meski bisa membantu mengendalikan hipertensi, hydrochlorothiazide tidak akan menyembuhkan kondisi tersebut. Penerapan gaya hidup yang sehat dan seimbang tetap dibutuhkan oleh pasien.

gambar obat hydrochlorothiazide

Contoh Obat Hydrochlorothiazide

Nama Generik Hydrochlorothiazide
Nama Merek Dagang Apo-hydro, Aquazide h, Dichlotride among others, Oretic
Jenis Obat Diuretik
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet dan kapsul
Indikasi
  • Menangani hipertensi
  • Hidroklorotiazid digunakan juga untuk pengobatan diabetes insipidus, dan mengurangi resiko batu ginjal pada pasien yang memiliki level kalsium yang tinggi dalam urin.
  • Obat ini juga digunakan untuk mengobati osteoporosis karena obat-obat kelas tiazid bisa menurunkan kehilangan mineral sekaligus merangsang pembentukan mineral tulang.
  • Hidroklorotiazid penting dalam pengobatan edema yang disebabkan oleh gagal jantung kongestif, sirosis hati, pemakaian kortikosteroid atau terapi estrogen, dan berbagai bentuk disfungsi ginjal seperti sindrom nefrotik, asidosis tubulus, glomerulonefritis akut, termasuk gagal ginjal kronis.
Kontra Indikasi Jangan menggunakan hidroklorotiazid pada pasien yang mempunyai riwayat alergi terhadap hidroklorotiazid atau obat-obat derivat sulfonamid.

Dosis Obat

Takaran umum yang dianjurkan adalah 12,5 mg dalam sehari. Dokter kemudian akan memantau kondisi pasien dengan pemeriksaan rutin agar dosis bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

  • Dosis lazim dewasa untuk edema
    Dosis umum: 25 mg – 100 mg 1-2 x sehari
  • Dosis lazim dewasa untuk hipertensi
    Dosis awal : 25 mg 1 x sehari
    Pemeliharaan : dapat ditingkatkan menjadi 50 mg / hari, sebagai dosis tunggal atau dibagi 2 x dosis.
  • Dosis lazim dewasa untuk nefrokalsinosis
    Awal : 25 mg 1 x sehari
    Pemeliharaan : dapat ditingkatkan menjadi 50 mg 2 x sehari.
  • Dosis lazim dewasa untuk osteoporosis
    Awal : 25 mg 1 x sehari
    Pemeliharaan : dapat ditingkatkan menjadi 50 mg / hari
  • Dosis lazim dewasa untuk diabetes insipidus
    Awal : 50 mg 1 x sehari
    Pemeliharaan : dapat ditingkatkan menjadi 100 mg / hari

Cara Konsumsi Hydrochlorothiazide Yang Benar

Gunakan hydrochlorothiazide sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan. Obat ini bisa diminum sebelum atau sesudah makan dan hindari konsumsi minuman keras guna mencegah efek samping.

Periksakan kesehatan secara rutin ke dokter agar keefektifan obat bisa dipantau. Penambahan atau pengurangan takaran hydrochlorothiazide akan disesuaikan dengan perkembangan kondisi kesehatan pasien.

Obat ini berpotensi memengaruhi kadar gula dalam darah, oleh karena itu Pengidap diabetes yang mengonsumsi hydrochlorothiazide dianjurkan untuk lebih sering memeriksa kadar gula darah.

Perubahan gaya hidup juga sebaiknya dilakukan agar bisa memaksimalisasi keefektifan hydrochlorothiazide. Contohnya dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, serta berhenti merokok.

Usahakan untuk mengonsumsi hydrochlorothiazide pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi hydrochlorothiazide, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis hydrochlorothiazide pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Efek samping hidroklorotiazid pada saluran pencernaan misalnya mual, muntah, diare, kram pada perut, sembelit, iritasi lambung.

Efek samping lain yang sering terjadi seperti pusing, sakit kepala, gelisah dan vertigo.
Anemia aplastik, agranulositosis, leukopenia, anemia hemolitik, trombositopenia, efek pada kulit misalnya ruam, sindrom stevens-johnson, dermatitis eksfoliatif termasuk nekrolisis epidermal toksik, kadang terjadi terutama pada pemakaian melebihi dosis yang dianjurkan.

Pengguna alkohol, barbiturat, dan narkotika bisa meningkatkan efek samping hidroklorotiazid berupa penurunan tekanan darah yang drastis.

Gangguan sistem metabolisme akibat pemakaian hidroklorotiazid seperti peningkatan level asam urat, gula darah dan kolestrol.

Interaksi Obat

  • Jika digunakan bersamaan dengan barbiturat, atau anda pengguna alkohol dan narkotika, efek samping berupa hipotensi ortostatik dapat terjadi.
  • Penyesuaian dosis obat anti diabetes baik oral maupun insulin mungkin perlu dilakukan jika diberikan bersamaan dengan hidroklorotiazid.
  • Cholestyramine mengurangi penyerapan hidroklorotiazid di usus sehingga bisa mengurangi efektivitasnya.
  • Pemberian bersama obat kortikosteroid bisa meningkatkan gangguan elektrolit terutama hipokalemia.
  • Diuretik termasuk hidroklorotiazid mengurangi klirens lithium dari ginjal sehingga meningkatkan resiko toksisitasnya.
  • Hidroklorotiazid dan NSAID jika digunakan bersamaan, efek diuresis kemungkinan menurun.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Peringatan dan Perhatian

  • Wanita hamil, sedang merencanakan kehamilan sebaiknya tidak mengonsumsi hydrochlorothiazide.
  • Hidroklorotiazid diekskresikan bersama ASI. Jangan menggunakan obat ini selama menyusui.
    Penggunaan hidroklorotiazid dapat menyebabkan hipokalemia (kadar kalium yang rendah), dokter biasanya akan memberikan suplemen kalium atau dengan mengkombinasikan hidroklorotiazid dengan diuretik hemat kalium.
  • Hindari mengemudi atau mengoperasikan alat berat selama mengonsumsi hydrochlorothiazide. Obat ini berpotensi menyebabkan pusing pada sebagian orang.
  • Harap berhati-hati bagi penderita anuria (tidak bisa buang air kecil), hipotensi, diabetes, hipoglikemia, asma, penyakit hati, lupus, gangguan ginjal, serta penyakit asam urat.
  • Pastikan Anda menghindari konsumsi minuman keras ketika menggunakan hydrochlorothiazide.
  • Selama menggunakan hydrochlorothiazide, beri tahu dokter sebelum menjalani penanganan medis apa pun.
  • Kadar elektrolit harus dipantau secara periodik terutama pada pasien usia lanjut atau pemakaian hidroklorotiazid dosis tinggi.
  • Gunakan hidroklorotiazid pada pagi hari. Jika dosis anda 2x sehari, dosis kedua harus digunakan sebelum jam 6 pagi.
  • Diuretik termasuk Hidroklorotiazid, harus dihentikan selama 2 – 3 hari sebelum dimulainya penggunaan obat-obat ACE inhibitor untuk mengurangi resiko hipotensi dosis pertama.
  • Kulit pasien berpotensi menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari selama mengonsumsi hydrochlorothiazide. Gunakanlah tabir surya saat bepergian.
nama dagang hct | obat hydrochlorthiazide | nama lain dari obat hct | nama generik & brand golongan obat diuretik | nama dagang dan indikasi Hct | jual hydrochlorothiazife | hydrochlorothiazid dari generik khasiat | hidroklortiazid | Hidroclorotiazide obat apa dibeli di mna | harga obat hidroclorotiazida |
Hydrochlorothiazide Khabib M 06 Jul 2016. Hydrochlorothiazide

Definisi Obat Hydrochlorothiazide (disingkat HCTZ, HCT, atau HZT) adalah obat diuretik yang digunakan sebagai obat anti hipertensi yang bekerja dengan cara mengurangi kemampuan ginjal untuk menyerap terlalu banyak natrium yang bisa menyebabkan retensi cairan. Selain itu obat ini juga menurunkan resistensi pembuluh darah perifer sehingga terjadi penurunan tekanan darah. Hydrochlorothiazide merupakan salah satu jenis diuretik […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *