Glimepiride

loading...

Definisi Obat

Glimepiride adalah obat untuk mengobati diabetes mellitus tipe 2, cara kerjanya dengan cara meningkatkan produksi insulin oleh pankreas. Insulin berguna membantu mengendalikan kadar gula di dalam darah dan merupakan sebuah hormon yang terbuat secara alami di dalam pankreas.

Glimepiride tidak digunakan untuk diabetes tipe 1, karena pada diabetes tipe 1 pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Glimepirid termasuk obat antidiabetes sulfonilurea long-acting.

Penderita diabetes melitus tidak dapat menggunakan insulin secara efektif atau tidak memiliki insulin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Glimepiride bisa diberikan bersama insulin atau obat anti-diabetes lainnya.

gambar obat glimepiride

Contoh Obat Generik Berlogo Glimepiride Produksi Dexa

Nama Generik Glimepiride
Nama Merek Dagang Amaryl
Jenis Obat anti-diabetes sulfonylurea
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet
Indikasi Mengobati diabetes melitus tipe 2
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap glimepiride atau sulfonilurea lainnya.

Cara Kerja Obat

Glimepiride bekerja dengan cara meningkatkan jumlah insulin yang dilepaskan oleh pankreas dan mengatasi kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes tipe 2. Insulin berguna membantu mengendalikan kadar gula di dalam darah dan merupakan sebuah hormon yang terbuat secara alami di dalam pankreas.

Dosis Obat

Dosis awal biasanya adalah 1 mg per hari dan bisa ditingkatkan sesuai tingkat keparahan penyakit dan atas anjuran dokter. Dosis maksimal glimepiride adalah 6 mg per hari.

Cara Konsumsi glimepiride Dengan Baik dan Benar

Bacalah informasi yang tertera pada kemasan glimepiride sebelum menggunakannya dan ikuti anjuran dokter dan

Glimepiride dapat dikonsumsi sesaat sebelum atau pada saat sarapan. Gunakan air putih untuk menelan tablet glimepiride.

Ikuti saran dokter tentang pola makan yang sehat dan olahraga secara teratur. Upaya untuk mengurangi merokok akan membantu proses pengobatan. Sebelum Anda melakukan olahraga fisik yang baru, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Dosis mungkin perlu disesuaikan oleh dokter jika Anda lebih sering buang air kecil, merasa sangat lelah, dan merasa haus yang tidak biasa.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi glimepiride disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis glimepiride pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Segera mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula jika mengalami gejala hipoglisemia seperti merasa lemas, pucat, jantung berdebar, penglihatan kabur, rasa lapar, dan gemetar.

Efek Samping Obat

Glimepiride berpotensi menyebabkan efek samping. Tapi seiring dengan penyesuaian tubuh dengan obat, efek samping umumnya akan berkurang dan mereda.

Berikut ini adalah beberapa efek samping Glimepiride yang dapat terjadi, tapi jarang dialami: Konstipasi, Mual, Diare, Pucat dan Pusing.

Interaksi Obat

Obat anti-inflamasi nonsteroid (seperti salisilat), sulfonamid, kloramfenikol, coumadin dan probenesid) dapat mempotensiasi aksi hipoglikemik glimepirid.
Tiazid, diuretik lainnya, phothiazides, produk tiroid, kontrasepsi oral, dan fenitoin cenderung menghasilkan hiperglikemia.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Obat ini tidak cocok dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, atau yang sedang mencoba untuk hamil.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan hati, gangguan ginjal, defisiensi glucose 6-phosphate dehydrogenase (G6PD), dan porfiria.
  • Hindari mengonsumsi minuman keras karena dapat memengaruhi kadar gula darah.
  • Periksakan kadar gula darah dan diri Anda secara rutin kepada dokter agar dapat mengetahui perkembangannya.
  • Hubungi dokter Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis
merk glimepi | obat paten glimiperid |
Glimepiride Khabib M 04 Jul 2016. Glimepiride

Definisi Obat Glimepiride adalah obat untuk mengobati diabetes mellitus tipe 2, cara kerjanya dengan cara meningkatkan produksi insulin oleh pankreas. Insulin berguna membantu mengendalikan kadar gula di dalam darah dan merupakan sebuah hormon yang terbuat secara alami di dalam pankreas. Glimepiride tidak digunakan untuk diabetes tipe 1, karena pada diabetes tipe 1 pankreas tidak mampu […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *