Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Glibenclamide

Definisi Obat

Glibenclamide adalah obat yang digunakan pada pasien diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi.
Glibenclamide atau glyburide adalah obat anti diabetes mellitus tipe 2 yang termasuk ke dalam golongan sulfonilurea. Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik dalam menyimpan gula berlebih yang ada di aliran darah.

Kadar gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerusakan ginjal, kebutaan, gangguan saraf, amputasi, atau gangguan gairah seksual. Bahkan, risiko serangan jantung dan stroke juga meningkat jika diabetes tidak ditangani dengan baik.
Sebagian orang yang memiliki kadar gula darah tinggi bisa mengendalikannya dengan cara mengubah menu makanan mereka. Tapi pada sebagian orang lainnya, obat antidiabetes seperti glibenclamide dibutuhkan untuk mengatur kadar gula darah.

Glibenclamide dikembangkan pada tahun 1966 dalam sebuah studi kerjasama antara Boehringer Mannheim (sekarang bagian dari Roche) dan Hoechst (sekarang bagian dari Sanofi-Aventis).

Glibenclamide dapat digunakan sebagai terapi tunggal atau dikombinasikan dengan obat anti diabetes oral lain atau insulin. Kombinasi dengan anti diabetes oral lain misalnya metformin, beberapa tersedia sebagai dosis tetap dalam satu tablet, sehingga pemakaiannya lebih nyaman, daripada harus mengkonsumsi dua atau lebih tablet.

gambar obat glibenclamide

Contoh Obat Generik Berlogo Glibenclamide

Nama Generik Glibenclamide
Nama Merek Dagang Diabeta, Glynase, Micronase Daonil, Semi-Daonil, Euglucon, Delmide, Glybovin, Gilemal, abenon, clamega, condiabet, diacella, daonil, fimediab, glidanil, glimel, gluconic, gluconin, glucovance, hisacha, latibet, libronil, prodiabet, prodiamel, renabetic, samclamide, tiabet, vorbet.
Jenis Obat Kelompok obat antidiabetes sulfonilurea
Golongan Obat Obat keras, obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Glibenclamide biasanya dipasarkan dengan kadar 2.5 mg / tablet dan 5 mg / tablet.
Indikasi Membantu turunkan kadar gula dalam darah pada diabetes tipe 2
Kontra Indikasi
  • Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap glibenclamide atau obat-obat yang termasuk golongan sulfonilurea dan sulfonamide lainnya.
  • Obat ini juga dikontraindikasikan untuk orang-orang dengan defisiensi G6PD (enzim yang melindungi sel darah merah), karena obat ini bisa menyebabkan hemolisis akut.
  • Orang-orang yang memiliki gangguan pada ginjal, hati, kelenjar adrenal atau kelenjar pituitari sebaiknya tidak menggunakan obat ini.
  • Obat ini juga tidak disarankan jika anda akan menjalani operasi, memiliki infeksi berat, atau usia di atas 70 tahun.
  • Penderita diabetes mellitus tipe 1, prekoma dan koma diabetes atau pasien yang dalam urinenya terdapat senyawa keton (ketoasidosis) dilarang menggunakan obat ini.

Cara Kerja Obat

Glibenclamide menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan kalsium intraseluler dalam sel beta pankreas sehingga menstimulasi produksi insulin. Dengan peningkatan rasio insulin, maka glukosa yang diubah menjadi energi bertambah sehingga kadar gula darah menurun.

Dosis Obat

Dosis umum glibenclamide untuk dewasa adalah 2,5 mg hingga 5 mg dalam satu hari, Jika obat ini harus digunakan untuk lansia / atau penderita yang sangat lemah : Dosis awal dikurangi menjadi 2.5 mg / hari.
Dosis maksimum adalah 15 mg / hari.

Dosis akan direvisi atau bisa diubah sesuai dengan respon tubuh terhadap obat. Resep dari dokter jarang melebihi 15 mg per harinya.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Gunakan glibenclamide setelah makan atau bersama makanan (saat sarapan atau makanan besar pertama). Bagi yang mengonsumsi obat ini dengan dosis tinggi, disarankan untuk membaginya menjadi dua dosis sehari.

Bacalah petunjuk pada kemasan obat dan ikuti anjuran dokter dengan teliti dalam mengonsumsi glibenclamide dan saran tentang menu makanan serta pola olahraga. Sangat penting untuk mengikuti saran yang diberikan pada Anda.

Apabila Anda merasa sangat haus, sering buang air kecil, atau merasa sangat kelelahan, itu adalah tanda-tanda kadar gula dalam darah sangat tinggi. Kondisi tersebut harus segera diperiksakan ke dokter.

Pastikan juga untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala kadar gula darah rendah, misalnya merasa gemetaran, gelisah, berkeringat, pucat, merasa lapar, denyut jantung cepat, dan pusing. Obat ini bisa menyebabkan gula darah rendah, terlebih jika Anda mengonsumsi minuman keras. Jika ini terjadi, segera konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Tanyakan kepada dokter juga cara mengatasi kadar gula rendah.

Selalu periksa kadar gula darah secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memeriksa perkembangan kondisi Anda dan juga penanganan diabetes yang sedang berjalan.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi glibenclamide, disarankan untuk mengonsumsinya pada jam makan berikutnya. Jangan menggandakan dosis glibenclamide dalam sehari untuk mengganti dosis yang terlewat. Jika terlewat hingga hari berikutnya, biarkan dosis tersebut terlupa.

Efek Samping Obat

Efek samping glibenclamide pada saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare, sembelit dan nyeri pada ulu hati.

obat ini juga mempunyai efek samping seperti sakit kepala, demam, kenaikkan berat badan, dan reaksi alergi pada kulit terutama pada orang-orang yang peka.

Hati-hati dengan resiko terjadinya hipoglikemia (kadar gula darah yang terlalu rendah), terutama jika digunakan untuk jangka waktu lama dan dengan dosis yang lebih tinggi.

Interaksi Obat

Alkohol, siklofosfamid, antikoagulan kumarin, inhibitor MAO, fenilbutazon, penghambat beta adrenergik, sulfonamid dapat meningkatkan efek hipoglikemia glibenclamide.

Obat-obat kortikosteroid, diuretik tiazid, dan adreanalin dapat menurunkan efek hipoglikemia glibenclamide.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan glibenclamide kedalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut :

penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan resiko pada janin dan tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil / Penelitian pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin, tapi studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada wanita hamil tidak menunjukkan resiko pada janin di trimester berapapun.

Hasil studi pada hewan tidak selalu equivalen dengan hasil pada manusia. Mengingat efek buruk yang mungkin terjadi, kebanyakan para ahli menyarankan untuk lebih memilih insulin daripada anti diabetes oral jika digunakan untuk mengontrol kadar gula darah wanita hamil.

Peringatan dan Perhatian

  • Jika anda sedang hamil atau anda ibu menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat ini.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan hati, gangguan ginjal, porfiria, penyakit tiroid, gangguan sistem saraf dan penyakit defisiensi G6DP dalam mengonsumsi obat ini.
  • Kenali gejala-gejala hipoglikemia karena kadar gula rendah merupakan salah satu efek samping yang umum terjadi.
  • Karena resiko terjadinya hipoglikemia yang ditandai dengan tubuh yang lemah dan pusing, sebaiknya anda tidak menyalakan mesin atau mengemudi selama menggunakan anti diabetes oral seperti glibenclamide.
  • Pengobatan disaat stres sebaiknya menggunakan terapi suntikan insulin.
  • Pengaturan pola makan dan aktivitas olahraga mungkin akan membantu proses pengendalian gula darah anda.
  • Jika anda mengalami efek samping yang berat misalnya terjadi reaksi alergi atau anda lemas karena penurunan gula darah yang drastis segera hubungi pihak medis.
glibenclamide paten | obat diabetes generik | kerja glibenclamide | nama generic obat glibenklamid | Nama dagang obat Gliburid atau glibenklamid | apa itu obat glibenclamide | harga obat glibenclamide | glibenklamid generik | bentuk sediaan glibenklamid | review obat Euglocon |
Glibenclamide medlineplus.gov 03 Jul 2016. Glibenclamide

Definisi Obat Glibenclamide adalah obat yang digunakan pada pasien diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi. Glibenclamide atau glyburide adalah obat anti diabetes mellitus tipe 2 yang termasuk ke dalam golongan sulfonilurea. Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik dalam menyimpan gula berlebih yang ada di aliran darah. […]

4.9
One Comment

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya