Flunarizine

loading...

Definisi Obat

Flunarizine adalah obat yang digunakan untuk mencegah serangan migren, gangguan organ keseimbangan di telinga, dan gangguan pembuluh darah di seluruh tubuh yang bisa menyebabkan munculnya gejala: Pusing, Tinitus, Vertigo, Gangguan konsentrasi, Kebingungan mental, Gangguan ritme tidur, Parestesia, Gangguan tropik, Ekstremitas (tangan dan kaki) terasa dingin, dan Kram saat berjalan atau berbaring.

Obat ini juga efektif mengurangi frekuensi serangan serta tingkat keparahan migren. Namun, flunarizin tidak efektif jika dikonsumsi untuk mengobati serangan migren akut. Agar terhindar dari serangan migren, penderita harus mengonsumsi flunarizin secara terus menerus.

Flunarizin adalah obat yang diklasifikasikan sebagai antagonis kalsium. telah terbukti secara signifikan mengurangi frekuensi sakit kepala dan keparahan pada orang dewasa dan anak-anak.

Flunarizine tidak tersedia dengan resep di AS atau Jepang. Obat ini ditemukan oleh Janssen Pharmaceutica pada tahun 1968. Efek samping yang umum termasuk mengantuk, penambahan berat badan, serta efek ekstrapiramidal dan depresi pada pasien usia lanjut.

gambar obat flunarizin

Contoh Obat Flunarizin

Nama Generik Flunarizine
Nama Merek Dagang Bartolium, Cymalium, Degrium, Dinize, Frego, Gratizin, Siberid, Sinral, Unalium, Cevadil, Galium, Seremig, Silium,Flunarizine
Jenis Obat Vasodilator perifer dan aktivator serebral, antiemetik, preparat antimigren
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet, kaplet
Indikasi
  • Mencegah migren.
  • Mengobati gangguan organ keseimbangan di telinga.
  • Mengobati gangguan pembuluh darah tubuh.
Kontra Indikasi
  • Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini
  • Flunarizine merupakan kontraindikasi pada pasien dengan depresi, pada fase akut stroke, dan pada pasien dengan gejala ekstrapiramidal atau penyakit Parkinson.
  • Obat ini juga kontraindikasi pada hipotensi, gagal jantung dan aritmia.

Dosis Obat

Dosis flunarizin ditentukan dokter berdasarkan jenis penyakit dan respons tubuh tiap pasien. Umumnya, dosis flunarizin yang diberikan adalah 5–10 miligram dalam sehari.

Untuk pencegahan profilaksis migren, terapi akan dihentikan jika selama dua bulan penderita tidak mengalami perbaikan. Untuk dosis pemeliharaan, penderita akan menjalani terapi pengobatan selama 5 hari setiap minggu, 2 hari obat diliburkan, dan dosis akan dihentikan bila pengobatan sudah berjalan 6 bulan tanpa sekalipun mengalami kekambuhan.

Penderita vertigo tidak boleh menjalani terapi lebih lama dari yang dibutuhkan untuk mengendalikan gejala. Terapi akan dihentikan bila tidak ada perbaikan setelah satu bulan untuk penderita vertigo kronik, dan dua bulan untuk penderita vertigo paroksismal.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Bacalah petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi flunarizin. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Flunarizin bisa dikonsumsi sesudah makan ataupun saat perut kosong. Hindari konsumsi minuman beralkohol, obat hipnotik dan trankuiliser saat mengonsumsi flunarizin, karena dapat menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan.

Untuk penderita wanita, hindari konsumsi pil kontrasepsi oral saat menjalani terapi pengobatan flunarizin. Sebab kombinasi keduanya bisa menimbulkan galaktore (produksi air susu di luar masa kehamilan dan menyusui) sesudah dua bulan pertama terapi.

Jangan memperpanjang atau mengurangi durasi pengobatan flunarizin tanpa izin dokter. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi flunarizin, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis flunarizin pada jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlupa

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping flunarizin yang bisa terjadi antara lain: Gelisah, Depresi, Tubuh gemetaran (tremor), Mual, Tubuh bergerak tidak terkontrol, Reaksi ekstrapiramidal, Gastralgia (nyeri uluhati), Insomnia, Mengantuk, Galaktore, Kelelahan, Mulut kering, Nafsu makan meningkat, Nyeri otot, dan Ruam kulit.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi flunarizin.

Peringatan dan Perhatian

  • Sebaiknya tidak mengemudikan kendaraan atau mengoperasikan alat berat saat mengonsumsi flunarizin karena obat ini menyebabkan kantuk.
  • Harap berhati-hati bagi yang sedang mengalami gangguan fungsi hati, gangguan fungsi gerak tubuh, penyakit Parkinson, atau pernah mengalami depresi.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol, karena bisa memicu rasa kantuk berlebihan.
  • Hubungi Dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
flunarizine | flunarizin | obat flunarizine | flunarizine adalah | harga flunarizine generik | flunarizine hcl | fungsi obat flunarizine | flunarizine paten | harga obat flunarizine | flunarizine obat apa |
Flunarizine Khabib M 30 Jun 2016. Flunarizine

Definisi Obat Flunarizine adalah obat yang digunakan untuk mencegah serangan migren, gangguan organ keseimbangan di telinga, dan gangguan pembuluh darah di seluruh tubuh yang bisa menyebabkan munculnya gejala: Pusing, Tinitus, Vertigo, Gangguan konsentrasi, Kebingungan mental, Gangguan ritme tidur, Parestesia, Gangguan tropik, Ekstremitas (tangan dan kaki) terasa dingin, dan Kram saat berjalan atau berbaring. Obat ini […]

4.9 Khabib M
loading...
5 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...