Fexofenadine

Definisi Obat

Fexofenadine adalah obat antihistamin yang berguna untuk meredakan peradangan (inflamasi) yang muncul akibat reaksi rhinitis alergi dan urtikaria (biduran) kronis.
Rhinitis alergi atau hay fever adalah reaksi alergi terhadap unsur-unsur, seperti debu, kelupasan kulit hewan tertentu, atau serbuk sari. Urtikaria atau biduran adalah reaksi alergi dari kulit yang menyebabkan muncul bilur warna merah atau putih, dan terasa gatal. Urtikaria disebut kronis apabila bilur yang muncul bertahan lebih dari 1,5 bulan.

Fexofenadine adalah antihistamin yang mengurangi efek dari histamin kimia alami dalam tubuh. Histamin adalah senyawa kimia yang dilepaskan oleh sel ketika terjadi kontak dengan unsur-unsur alergi. Akibatnya akan muncul gejala-gejala, seperti bersin-bersin, gatal-gatal, mata berair, hidung tersumbat, dan hidung berair.

Fexofenadine diklasifikasikan sebagai antihistamin generasi kedua karena kurang mampu melewati penghalang darah-otak dan menyebabkan sedasi, dibandingkan dengan antihistamin generasi pertama. Hal ini juga telah disebut antihistamin generasi ketiga.

gambar obat fexofenadine

Contoh Obat Fexofenadine

Nama Generik Fexofenadine
Nama Merek Dagang Axodin, Allegra, Allegra 24 Hour Allergy, Allegra Allergy, Allegra ODT, Aller-Ease, Children’s Allegra Allergy, Children’s Allegra ODT, Allergy Relief (Fexofenadine HCl), Mucinex Allergy, Wal-Fex
Jenis Obat Antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan tablet
Indikasi Mengatasi reaksi alergi akibat rhinitis alergi dan urtikaria kronis.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Kelompok obat antihistamin (fexofenadine) bekerja dengan mencegah efek dari histamin yang dihasilkan oleh tubuh.

loading...

Dosis Obat

Dosis umum pemakaian fexofenadine untuk mengatasi rhinitis alergi pada orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun adalah tablet 120 mg sebanyak satu kali per hari. Sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 6-11 tahun adalah tablet 30 mg dua kali per hari.

Dosis untuk mengatasi urtikaria (biduran) kronis pada dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun adalah tablet 180 mg satu kali per hari.

Cara Konsumsi fexofenadine Yang Baik dan Benar

fexofenadinedisarankan diminum dengan air sebelum makan. Dan khususnya untuk anak-anak, obat ini sebaiknya dikonsumsi pada pagi dan malam hari. Jika gejala yang Anda rasakan atau alami sudah menghilang, Anda bisa berhenti mengonsumsi fexofenadine.

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi fexofenadine. Jangan menambah atau mengurangi dosis obat ini tanpa seizin dokter.

Kurangi atau hindari mengonsumsi minuman keras saat Anda mengonsumsi obat ini karena bisa meningkatkan risiko mengalami efek samping.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi fexofenadine, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis fexofenadine pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlupa.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat mengonsumsi fexofenadine adalah: Sakit kepala dan pusing, Merasa mengantuk, Mual dan muntah.

Segera hubungi dokter Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan atau mengalami reaksi alergi

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Fexofenadine termasuk kategori kehamilan C, yang artinya hanya digunakan jika manfaat lebih besar daripada risiko

Peringatan dan Perhatian

  • Wanita yang menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi penderita gangguan ginjal, gangguan hati, pernah atau sedang mengalami penyakit jantung, pasien lanjut usia, dan penderita diabetes.
  • Jangan mengonsumsi obat-obatan untuk gangguan pencernaan dua jam sebelum dan sesudah Anda mengonsumsi fexofenadine karena bisa menurunkan penyerapan obat ini oleh tubuh.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
loading...
harga obat fexofenadine | fexofenadine tablet 120 mg harga | harga fexofenadine hcl 120 mg | obat rinitis paten | harga fexofenadine | obat apakah yang termasuk alusan |
Fexofenadine Khabib M 02 Sep 2016. Fexofenadine

Definisi Obat Fexofenadine adalah obat antihistamin yang berguna untuk meredakan peradangan (inflamasi) yang muncul akibat reaksi rhinitis alergi dan urtikaria (biduran) kronis. Rhinitis alergi atau hay fever adalah reaksi alergi terhadap unsur-unsur, seperti debu, kelupasan kulit hewan tertentu, atau serbuk sari. Urtikaria atau biduran adalah reaksi alergi dari kulit yang menyebabkan muncul bilur warna merah […]

4.9 Khabib M
2 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *