Diphenhydramine

Definisi Obat

Diphenhydramine adalah antihistamin generasi pertama yang digunakan untuk mengobati gejala-gejala alergi dan flu, misalnya hidung mampet atau beringus, bersin-bersin, mata berair, mata atau hidung yang gatal.

Diphenhydramine adalah antihistamin yang mengurangi efek dari histamin kimia alami dalam tubuh. Histamin dapat menghasilkan gejala bersin, gatal, mata berair, dan hidung meler.

Obat Ini memiliki antikolinergik, antitusif, antiemetik, dan sifat obat penenang.
Diphenhydramine juga digunakan untuk mengobati mabuk perjalanan, obat tidur, dan untuk mengobati gejala tertentu penyakit Parkinson.

Diphenhydramine pertama kali disintesis oleh George Rieveschl dan pertama kali dibuat tersedia untuk umum melalui resep pada tahun 1946. diphenhydramine dipasarkan dengan nama dagang Benadryl oleh McNeil Consumer Healthcare di AS, Kanada, dan Afrika Selatan (nama dagang di negara lain termasuk Dimedrol, Daedalon, dan Nytol).

gambar obat diphenhydramine

Contoh Beberapa Obat Bermerek Diphenhydramine

Nama Generik Diphenhydramine
Nama Merek Dagang Benadryl, Diphenhydramine, Unisom, Sominex, Allermax, Banophen, , Compoz Nighttime Sleep Aid, Diphedryl, Diphenhist, Dytuss, Nytol QuickCaps, Silphen Cough, Simply Sleep, Sleepinal, Theraflu Thin Strips Multi Symptom, Tranquil, Triaminic Thin Strips Allergy, Twilite, Unisom Sleepgels Maximum Strength, Valu-Dryl, fortusin syrup, hustab, Ikadryl Flu syrup
Jenis Obat Antihistamin
Golongan Obat Obat Bebas
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak berusia 12 tahun ke atas
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet, kapsul, dan obat cair
Indikasi Meredakan gejala alergi dan flu
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Diphenhydramine bekerja dengan cara menghalangi kinerja senyawa histamin alami tubuh yang menyebabkan munculnya gejala alergi.

loading...

Dosis Obat

Dosis diphenhydramine berbeda-beda untuk tiap pasien. Dokter akan menyesuaikan takaran sesuai bentuk diphenhydramine yang digunakan, kondisi kesehatan, usia dan riwayat kesehatan pasien.

Takaran umum diphenhydramine cair yang dianjurkan untuk pasien dewasa adalah 28 mg dengan frekuensi empat kali sehari. Jangan melebihi takaran yang dianjurkan.

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Bacalah keterangan pada kemasan obat sebelum mulai mengonsumsinya. Pastikan Anda mengonsumsi obat ini sesuai dengan petunjuk pada kemasan dan tanyakan pada dokter jika Anda ragu. Diphenhydramine dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Jika Anda mengonsumsi obat ini dalam bentuk cair, gunakan takaran dengan sendok khusus yang disertakan dalam kemasan. Jangan menggunakan sendok makan biasa karena kemungkinan takarannya berbeda. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman keras selama menggunakan obat ini karena dapat memicu potensi efek samping obat antihistamin ini.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi diphenhydramine, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis diphenhydramine pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Efek Samping Obat

Beberapa efek samping diphenhydramine di antaranya yang mungkin terjadi adalah : Mengantuk, Pusing atau sakit kepala, Lelah, Mulut kering, dan Sulit buang air kecil.

Pastikan untuk membaca bahan yang terkandung pada tiap obat. Jangan mengonsumsi lebih dari satu obat yang mengandung diphenhydramine pada waktu yang sama untuk menghindari overdosis.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Bagi wanita hamil dan menyusui, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan diphenhydramine.

Peringatan dan Perhatian

  • Jika mengalami rasa kantuk setelah mengonsumsi obat ini, jangan mengemudi atau mengoperasikan alat berat.
  • Harap berhati-hati bagi yang menderita asma, glaukoma, batuk berdahak, gangguan ginjal, gangguan hati, hipertensi, kejang-kejang, hipertiroidisme, diabetes, serta pembengkakan prostat.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
loading...
harga obat benadryl | harga diphenhydramine | harga salep benadryl | harga obat diphenhydramine | merk difenhidramin maleat | obat paten antihistamin dari obat generik dimenhidramin dan prometazim | harga berapa Benadryl (Diphenhydramine Hydrochloride) | harga Benadryl (Diphenhydramine Hydrochloride) | otede diphenhydramine | difenhidramin hcl |
Diphenhydramine Khabib M 28 Jun 2016. Diphenhydramine

Definisi Obat Diphenhydramine adalah antihistamin generasi pertama yang digunakan untuk mengobati gejala-gejala alergi dan flu, misalnya hidung mampet atau beringus, bersin-bersin, mata berair, mata atau hidung yang gatal. Diphenhydramine adalah antihistamin yang mengurangi efek dari histamin kimia alami dalam tubuh. Histamin dapat menghasilkan gejala bersin, gatal, mata berair, dan hidung meler. Obat Ini memiliki antikolinergik, […]

4.9 Khabib M
2 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *