Clozapine

Definisi Obat

Clozapine adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala-gejala gangguan jiwa di mana seseorang merasa terpisah dari kenyataan yang sebenarnya, ditandai dengan timbulnya delusi dan halusinasi, gejala-gejala ini disebut dengan gejala psikosis

Clozapine merupakan jenis obat antipsikotik yang digunakan untuk gejala psikosis. Clozapine diberikan kepada penderita skizofrenia dan parkinson.
Clozapine bekerja dengan cara menyeimbangkan dan menekan efek dari reaksi kimia yang terjadi di dalam otak sehingga membantu mengurangi gejala psikosis.
Pada penderita skizofrenia, clozapine juga dapat membantu mengurangi kecenderungan bunuh diri dan biasanya digunakan jika obat antipsikotik lain tidak memberikan perkembangan pada kondisi penderita.

Clozapine ditemukan pada tahun 1960 dan mulai digunakan dalam perawatan kesehatan pada tahun 1971. Clozapine ini merupakan antipsikotik atipikal pertama.
Clozapine hanya tersedia di apotek bersertifikat di bawah program khusus.

gambar obat clozapine

Contoh Obat Clozapine 25mg Dengan Brand Name Sizoril Produksi Meprofarm

Nama Generik Clozapine (KLOE za peen)
Nama Merek Dagang Clozaril, FazaClo, Versacloz, Clopine, CloZAPine Synthon, Denzapine, Zaponex
Jenis Obat Obat Antipsikotik
Golongan Obat Obat Keras, Obat resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet
Indikasi – Mengobati penderita skizofrenia yang tidak bereaksi pada obat antipsikotik lain.
– Mengobati gejala psikosis pada penyakit parkinson.
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Clozapine bekerja dengan cara menyeimbangkan dan menekan efek dari reaksi kimia yang terjadi di dalam otak sehingga membantu mengurangi gejala psikosis.

Dosis Obat

Untuk mengobati skizofrenia, dosis rendah awal clozapine diberikan sebesar 12,5 mg sebanyak 1-2 kali pada hari pertama. Pada hari kedua, dosis ditingkatkan menjadi 25 mg dan diberikan sebanyak 1-2 kali.
Dosis dapat ditingkatkan kembali dari 25 mg menjadi 50 mg hingga maksimal antara 300-900 mg per hari sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan kondisi penyakit dan respons tubuh pasien terhadap obat.

Untuk mengobati gejala psikosis pada penderita parkinson, dosis awal clozapine tidak melebihi 12.5 mg dalam sehari. Dosis kemudian ditingkatkan bertahap, biasanya hingga mencapai 25-37.5 mg sehari.

Selalu perhatikan kemasan dan ikuti anjuran dokter dalam pengonsumsian obat, agar terhindar dari efek samping serta bahaya interaksi obat bagi kondisi pasien.

Usahakan untuk mengonsumsi obat pada waktu yang sama setiap harinya sehingga waktu minum obat tidak terlewat.
Jika terlewat, segera minum obat kecuali jika sudah terlalu dekat dengan waktu minum obat berikutnya.
Jangan gandakan dosis dan hubungi dokter jika waktu minum obat sudah lebih dari dua hari. Clozapine dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

loading...

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Penggunaan clozapine memerlukan pengawasan dan kunjungan rutin ke dokter untuk memastikan clozapine dikonsumsi dengan benar.

Anda dianjurkan untuk menginformasikan penggunaan obat bebas lain kepada dokter selama masa pengobatan berlangsung.

Pastikan juga petugas medis terkait mendapatkan informasi pengobatan yang sedang Anda terima bila akan menjalani operasi yang memerlukan obat bius untuk menghindari timbulnya reaksi obat yang berbahaya.

Jangan Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan dan sebaiknya hindari merokok serta lakukan konsultasi dan pemeriksaan kadar gula rutin bagi penderita diabetes.

Pasien penderita diabetes perlu mewaspadai pengonsumsian clozapine yang dapat berdampak kepada level gula darah dalam darah.

Jangan menghentikan konsumsi clozapine secara tiba-tiba karena dapat berpengaruh kepada periode pengobatan yang bersifat jangka panjang ini.

Ikuti anjuran dokter untuk mengonsumsi clozapine sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dokter akan mengurangi dosis secara bertahap jika memang perubahan diperlukan selama proses pengobatan berlangsung.

Efek Samping Obat

Clozapine dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan pada jantung dan darah sehingga perlu dimonitor melalui pemeriksaan kesehatan berkala. Beberapa efek samping lain yang bisa disebabkan oleh clozapine diantaranya:

  • Mulut kering disertai meningkatnya produksi air liur
  • Berat badan bertambah namun nafsu makan berkurang
  • Mual
  • Sulit buang air
  • Merasa panas dan berkeringat
  • Perubahan pada hasil tes darah dan EKG.
  • Pusing saat sedang duduk atau berdiri

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Wanita merencanakan kehamilan atau hamil tidak disarankan mengonsumsi obat ini tanpa seijin dan konsultasi dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Pastikan Anda membaca keterangan pada kemasan obat dan mengikuti instruksi yang diberikan dokter. Penderita juga disarankan untuk melakukan tes darah dan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk memantau perkembangan penyakit dan respon tubuh terhadap obat.
  • Wanita menyusui tidak diperbolehkan mengonsumsi obat ini atau menghentikan menyusui saat mengonsumsi obat ini.
  • Beri tahu dokter jika anda memiliki alergi pada obat-obatan tertentu, atau sedang dalam pengobatan penyakit lain di saat yang sama termasuk obat-obatan bebas atau herba.
  • Beri tahu dokter jika Anda juga menderita penyakit-penyakit berikut:
    • Penyakit jantung atau memiliki gangguan pada pembuluh darah, sel darah, hati, kelenjar prostat, atau ginjal.
    • Gangguan usus, termasuk konstipasi berat, atau yang pernah mengalami operasi usus.
      Epilepsi, glaukoma, depresi, atau kondisi yang menyebabkan otot melemah secara tidak normal (myasthenia gravis).
    • Gangguan pernapasan.
    • Tumor pada kelenjar adrenal (phaeochromocytoma)
  • Hubungi dokter bila Anda merasa sangat lelah, gemetaran, mengalami pergerakan otot yang tidak dapat dikendalikan, berdebar-debar, sesak napas, dan gejala-gejala di atas yang tak kunjung mereda.
  • Anda juga harus segera menghubungi dokter jika mengalami gejala demam tinggi, pusing, kekakuan otot, jantung yang berdebar kencang diikuti dengan keringat berlebihan. Gejala ini dapat menjadi tanda pada penyakit serius dan langka, yaitu neuroleptic malignant syndrome. Hubungi dokter untuk menghindari komplikasi serta mendapatkan penanganan yang sesuai.
loading...
harga obat clozapine | harga obat clozapine 100 mg | apa clozapine obat keras | clozafine mersi 25mg | harga clozapine 100 mg di apotik | harga clozaril |
Clozapine Khabib M 01 Jun 2016. Clozapine

Definisi Obat Clozapine adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala-gejala gangguan jiwa di mana seseorang merasa terpisah dari kenyataan yang sebenarnya, ditandai dengan timbulnya delusi dan halusinasi, gejala-gejala ini disebut dengan gejala psikosis Clozapine merupakan jenis obat antipsikotik yang digunakan untuk gejala psikosis. Clozapine diberikan kepada penderita skizofrenia dan parkinson. Clozapine bekerja dengan cara menyeimbangkan […]

4.9 Khabib M

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *