Indeks_Obat A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Clindamycin

Definisi Obat

Clindamycin adalah obat golongan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri. Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh clindamycin di antaranya adalah infeksi pada sistem pencernaan, sendi dan tulang seperti osteomyelitis, darah, kulit, paru-paru, organ reproduksi wanita, serta infeksi pada organ-organ dalam lainnya.

Selain itu, clindamycin juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi gigi yang tidak dapat diatasi oleh antibiotik lainnya. Aplikasi topikal fosfat Clindamycin dapat digunakan untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang.
Clindamycin pertama kali dibuat pada tahun 1967. Efek samping yang umum termasuk mual, diare, ruam, dan nyeri di tempat injeksi. Obat ini tersedia melalui mulut, intravena, dan sebagai krim untuk diterapkan pada kulit atau di dalam vagina.

gambar obat clindamycin

Contoh Obat Generik Berlogo Clindamycin Produksi Indofarma

Nama Generik Clindamycin
Nama Merek Dagang Dalacin C, Clinium (Interbat), Cleocin HCl, Cleocin Pediatric, Cleocin Phosphate, Cleocin Phosphate ADD-Vantage
Jenis Obat Antibioitik
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan kapsul dan krim
Indikasi Mengobati beberapa infeksi yang disebabkan oleh bakteri
Kontra Indikasi Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini

Cara Kerja Obat

Clindamycin bekerja dengan cara menghentikan perkembangbiakan bakteri

Dosis Obat

Untuk dewasa, dosis biasanya akan diberikan sebanyak 150-450 mg tiap enam jam. Dosis akan disesuaikan dengan kondisi yang diobati, tingkat keparahannya, dan respons tubuh terhadap obat. Pada pasien anak-anak, dosis juga akan disesuaikan dengan berat badan mereka.

Cara Menggunakan Obat Yang Baik dan Benar

Clindamycin dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Bacalah petunjuk aturan pakai informasi yang tertera pada kemasan clindamycin sebelum mulai mengonsumsinya serta Ikuti anjuran dokter.

Jangan menelan kapsul clindamycin langsung, tanpa dibantu air. Dikhawatirkan kapsul dapat tersangkut di tenggorokan dan menyebabkan iritasi. Selain itu jangan membuka kapsul clindamycin dan mengonsumsi isinya saja.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi clindamycin pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi clindamycin, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Selain itu jangan menggandakan dosis clindamycin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Pastikan Anda menghabiskan seluruh dosis yang diresepkan oleh dokter walaupun kondisi Anda tampaknya sudah membaik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kembalinya infeksi. Jika kondisi tidak membaik setelah menghabiskan obat, periksakan diri ke dokter.

Efek Samping Obat

Clindamycin juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang biasa terjadi setelah mengonsumsi antibiotik ini adalah: Rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut, Iritasi tenggorokan dan Ruam di kulit yang terasa gatal.

Jika Anda mengalami diare, hubungi dokter yang memberikan resep obat ini sebelum lanjut menggunakannya.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Umumnya obat ini aman untuk wanita hamil, sesuaikan dosis dengan anjuran dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Harap berhati-hati jika menderita gangguan pencernaan seperti kolitis atau penyakit Crohn, penyakit porphyria, penyakit hati, dan ginjal.
  • Tanyakan dosis clindamycin untuk anak-anak kepada dokter.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.
harga clindamycin | harga obat clindamycin | harga clindamycin 300 mg | clindamycin salep | harga clindamycin salep | harga clindamycin 150 mg | salep clindamycin | harga salep clindamycin | Salep klindamisin | harga klindamisin |
Clindamycin medlineplus.gov 27 Jun 2016. Clindamycin

Definisi Obat Clindamycin adalah obat golongan antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri. Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh clindamycin di antaranya adalah infeksi pada sistem pencernaan, sendi dan tulang seperti osteomyelitis, darah, kulit, paru-paru, organ reproduksi wanita, serta infeksi pada organ-organ dalam lainnya. Selain itu, clindamycin juga dapat digunakan untuk […]

4.9

Kolom Tanya Jawab

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



© 1001obat.com tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan, Seluruh tulisan di website ini ditujukan untuk kepentingan informasi semata dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti saran medis, diagnosis, dan terapi medis. 1001obat.com Tidak melayani jual beli obat ataupun peralatan medis lainnya