Clarithromycin

loading...

Definisi Obat

Clarithromycin (Klaritromisin) adalah antibioitk yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada beberapa bagian tubuh seperti infeksi saluran pernapasan, radang tenggorokan, pneumonia, infeksi kulit, infeksi H. pylori, dan penyakit Lyme

Clarithromycin dikembangkan pada tahun 1980. Clarithromycin merupakan antibiotik yang termasuk dalam golongan macrolide yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram positif.
Obat ini juga ampuh untuk mencegah serta mengatasi infeksi dari kelompok bakteri Mycobacterium avium complex. Akan tetapi clarithromycin tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi virus seperti flu atau pilek.
obat ini juga digunakan bersama-sama dengan obat lain untuk mengobati sakit maag yang disebabkan oleh Helicobacter pylori.

Clarithromycin mengatasi infeksi dengan cara menghentikan perkembangbiakan bakteri. Obat ini bisa dikonsumsi oleh seseorang yang alergi terhadap penisilin dan bisa dikonsumsi bersamaan dengan obat lainnya untuk mengatasi radang lambung atau usus akibat bakteri Helicobacter pylori.

gambar obat clarithromycin

Contoh Obat Clarithromycin

Nama Generik Clarithromycin
Nama Merek Dagang Biaxin, Biaxin XL, Biaxin XL-Pak, abbotic, abbotic xl, bicrolid, Clarithromycin, comtro, hecobac, twintic.
Jenis Obat Antibiotik Macrolide
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Tablet dan Cair
Indikasi Mengobati infeksi saluran pernapasan ( faringitis , tonsilitis , sinusitis , eksaserbasi akut bronkitis obstruktif kronik , pneumonia), radang lambung, infeksi kulit dan jaringan lunak
Kontra Indikasi – Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini dan antibiotika makrolidum lainnya.
– Clarithromycin dikontraindikasikan untuk pasien dengan fungsi hati dan ginjal yang rusak.

Cara Kerja Obat

Clarithromycin adalah bakteriostatik yang bekerja dengan cara mengikat sub unit 50s dari ribosom bakteri sehingga menghambat translasi mRNA. Dengan demikian sistesis protein akan terganggu sehingga pertumbuhan bakteri akan terhambat.

Dosis Obat

Dosis yang umumnya diberikan untuk pasien dewasa dan anak-anak berusia di atas 12 tahun adalah 500 miligram per hari yang dibagi dalam dua kali waktu konsumsi. Untuk mengatasi infeksi parah dan radang lambung, dokter biasanya akan meresepkan clarithromycin 1000 miligram per hari yang dibagi dalam dua kali waktu konsumsi.
Dosis Selengkapnya berikut ini :

  • Dosis tonsilitis : 250 mg setiap 12 jam selama 10 hari.
  • Dosis Sinusitis maksilaris akut : 500 mg setiap 12 jam selama 14 hari.
  • Dosis Saluran pernafasan bawah : 250-500 mg setiap 12 jam selama 7-14 hari.
  • Dosis Eksaserbasi akut bronkitis kronis yang disebabkan Streptococcus pneumoniae atau M.cattarhalis : 250 mg setiap 12 jam selama 7-14 hari,
    disebabkan H.influenzae 500 mg setiap 12 jam selama 7-14 hari.
  • Pneumonia yang disebabkan Streptococcus pneumoniae dan M. pneumoniae atau infeksi kulit dan struktur kulit tidak terkomplikasi : 250 mg setiap 12 jam selama 7-14 hari

Cara Minum Obat Yang Baik dan Benar

Bacalah petunjuk pada kemasan obat, serta mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi clarithromycin. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Clarithromycin tablet bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Biasanya waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi clarithromycin adalah pagi dan sore hari. Akan tetapi clarithromycin tablet yang sudah dimodifikasi harus dikonsumsi sesudah makan. Jangan mengunyah atau memecahkan tablet modifikasi karena bisa mengubah pelepasan kandungan obat.

Jenis dan tingkat keparahaan infeksi memengaruhi durasi konsumsi obat. Clarithromycin biasanya diberikan selama satu hingga dua minggu. Pastikan untuk menyelesaikan dosis obat yang diberikan dokter meski infeksi sudah sembuh, kecuali dokter menyarankan untuk menghentikan. Hal ini dimaksudkan agar infeksi tidak kembali lagi di masa mendatang. Karena jika infeksi terjadi lagi, maka pengobatannya akan lebih sulit.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi clarithromycin pada jam yang sama setiap hari untuk memaksimalkan efeknya.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi clarithromycin, disarankan untuk segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis clarithromycin pada jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlupa.

Efek Samping Obat

  • Kebanyakan efek samping Clarithromycin yang muncul adalah mual, muntah, diare, kembung, flatulensi, palpitasi, nyeri dada, dispepsia, dan nyeri pada perut, Sakit kepala, insomnia, reaksi alergi (seperti ruam kulit dan anafilaktik) dan hasil tes fungsi hati yang abnormal juga dilaporkan terjadi akibat pemakaian Clarithromycin.
  • Efek samping yang jarang terjadi seperti iritasi yang sangat ekstrem, halusinasi, kehilangan keseimbangan, mulut kering, panik dan mimpi buruk, batuk, demam, suara serak, nyeri pada punggung bagian belakang atau samping dan kesulitan buang air kecil.

Segera hubungi dokter bila mengalami efek samping seperti kehilangan pendengaran, perubahan mood, otot melemah, gangguan penglihatan, sakit perut parah, warna urine lebih gelap, detak jantung tidak teratur, atau kulit dan mata berwarna kuning.

Interaksi Obat

  • Clarithromycin yang diberikan bersamaan dengan beberapa statin tertentu (jenis obat yang digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol serum darah), risiko efek samping meningkat, termasuk nyeri otot dan rhabdomyolysis.
  • Pasien pengguna calcium channel blocker yang juga diberi Clarithromycin memiliki risiko lebih tinggi mengalami tekanan darah rendah, gagal ginjal, dan kematian.
  • Obat migrain ergotamine yang dipakai bersamaan dengan Clarithromycin, memiliki resiko toksisitas akut yang meningkat, termasuk vasospasme dan iskemia ekstremitas. klaritromisina
  • Clarithromycin menghambat klirens carbamazepine sehingga meningkatkan konsentrasinya dalam plasma darah nyaris dua kali lipat, hal ini memicu gejala toksisitas dari carbamazepine, termasuk diplopia dan mual, serta hiponatremia.

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Penelitian pada reproduksi hewan menunjukkan Clarithromycin memberikan efek buruk pada janin. Tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia , tetapi jika manfaat potensial terhadap ibu hamil lebih besar daripada risiko pada janin maka obat ini bisa diberikan.

Peringatan dan Perhatian

  • Wanita yang sedang menyusui, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi clarithromycin.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi yang memiliki gangguan fungsi hati, gangguan ginjal, gangguan pada ritme jantung, atau gangguan otot (myasthenia gravis).
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain. Clarithromycin menghambat efektivitas vaksin terutama vaksin tifoid yang diberikan secara oral.
  • Segera hubungi dokter, bila terjadi reaksi alergi atau overdosis
harga clarithromycin | nama obat dan fungsinya | harga klaritromisin generik | harga obat clarithromycin | clarithromycin paten | harga obat klaritromisin | harga obat generik clarithromycin | Clarithromycin persamaannya | persamaan obat klaritromisin | clarithromycin generik |
Clarithromycin Khabib M 19 Jun 2016. Clarithromycin

Definisi Obat Clarithromycin (Klaritromisin) adalah antibioitk yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada beberapa bagian tubuh seperti infeksi saluran pernapasan, radang tenggorokan, pneumonia, infeksi kulit, infeksi H. pylori, dan penyakit Lyme Clarithromycin dikembangkan pada tahun 1980. Clarithromycin merupakan antibiotik yang termasuk dalam golongan macrolide yang mempunyai spektrum luas, aktif terhadap bakteri gram negatif maupun gram […]

4.9 Khabib M
loading...

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...