Chloramphenicol

loading...

Definisi Obat

Chloramphenicol (Kloramfenikol) adalah antibiotik yang digunakan secara luas pada infeksi bakteri, termasuk meningitis, kolera, dan tifus. Penggunaannya hanya dianjurkan bila antibiotik yang lebih aman tidak dapat digunakan.

Chloramphenicol ditemukan pada tahun 1947, Chloramphenicol adalah antibiotika jenis bakteriostatik dengan menghambat sistesis protein dengan cara menghambat aktivitas peptidil transferase dari ribosom bakteri, secara spesifik mengikat residu A2451 dan A2452 dari 23s rRNA subunit ribosom 50s untuk mencegah terjadinya ikatan peptida.

Obat ini secara umum biasanya digunakan untuk mengobati infeksi mata, Jenis infeksi mata yang paling umum diidap adalah konjungtivitis. Infeksi ini biasanya berawal dengan hanya menyerang salah satu mata, sebelum kemudian menular ke mata yang satunya lagi.
Penderita konjungtivitis mengalami radang pada mata disertai gejala seperti bagian putih mata terlihat memerah, mata berair, dan terasa gatal, serta kelopak mata menjadi bengkak. Biasanya penderita konjungtivitis akan kesulitan membuka matanya saat bangun tidur di pagi hari dikarenakan cairan mata membuat kelopak bagian atas dan bawah yang saling menempel.
Sebenarnya sebagian besar kasus konjungtivitis dapat sembuh dengan sendirinya tanpa diberi obat. Namun pada kasus infeksi yang tergolong lebih parah, chloramphenicol dapat digunakan.

gambar obat chloramphenicol

Contoh Obat Generik Berlogo Chloramphenicol Produksi Kimia Farma

Nama Generik Chloramphenicol
Nama Merek Dagang Pentamycetin, Chloromycetin, alchlor, armacort cream, bufacetin, cendo mycos salep mata, cendo mycos tetes mata, chloracol, chloramex, chloramphenicol, Chloramphecort cream, chlorbiotic, citophenicol, cloramidina, colcetin, colme, colsancetine, combicetin, cymacetine, decacetine, empeecetin, emkapeni, erlamycetin, fenicol, grafacetin, heromycetine, hufamycetin, imfarmycetin, indoson cream, itramycetine, Kemiderm cream, kemocol, lanacetin, licoclor, magnachlor, mecocetin, medichlor, mefamicetin, megacetine, megachlor, microtina, neophenicol, novachlor, palmicol, pimicetin, ramicort tetes telinga, ribocine, sakamycetin, solachlor, solacort cream, suprachlor, trifamcort cream, uni phenicol, varicetine, xepanicol, zenichlor.
Jenis Obat Antibiotik
Golongan Obat Obat Keras, Obat Resep
Dikonsumsi Untuk Dewasa dan anak-anak
Bentuk Sediaan Tersedia dalam kemasan Obat tetes, intravena, melalui mulut, dan sebagai salep mata
Indikasi Mengobati beberapa infeksi bakteri (Mata, Tifus, paratifus, infeksi Salmonella sp sp, meningitis)
Kontra Indikasi – Jangan digunakan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif (Alergi) terhadap obat ini
– Jangan menggunakan antibiotik ini untuk pengobatan influenza, batuk pilek dan faringitis.

Cara Kerja Obat

Kloramfenikol bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri dengan menghentikan produksi protein.

Dosis Obat

Berikut ini adalah dosis Chloramphenicol :

  • Dewasa, anak dan bayi> 2 minggu : 50 mg/kg BB/hari dalam 3-4 dosis
  • Bayi dibawah 2 minggu : 25 mg/kg BB/hari dalam 4-6 dosis
  • Bayi prematur: 25 mg/kg BB/hari dalam2 dosis.

Obat ini umumnya digunakan selama 5 hari.

Cara Menggunakan Chloramphenicol Yang Baik dan Benar

Bacalah petunjuk aturan pakai atau informasi yang tertera pada kemasan chloramphenicol sebelum mulai menggunakannya dan ikuti anjuran dokter

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk menggunakan chloramphenicol secara teratur tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Jika gejala tidak kunjung membaik setelah lima hari pengobatan atau bahkan menjadi memburuk, temui dokter.

Hindari berbagi penggunaan barang-barang pribadi seperti handuk, kacamata, atau bantal dengan orang lain.

Efek Samping Obat

Efek samping chloramphenicol yang jarang terjadi namun sangat fatal bila terjadi : anemia aplastik.
Efek samping chloramphenicol juga menyebabkan tertekannya sumsum tulang belakang selama pemakaian, dan bisa menyebabkan leukemia (kanker darah atau kanker sumsum tulang) pada pemakaian dalam jangka waktu lama.
pemberian secara Intravena bisa menyebabkan sindrom abu-abu pada bayi baru dilahirkan ataupun bayi prematur.
Efek lain Chloramphenicol adalah hipersensitivitas, ruam,urtikaria, mual, muntah, diare, sakit kepala dan super infeksi.

Interaksi Obat

Chloramphenicol berinteraksi dengan obat-obat seperti: dikumarol, fenitoin,tolbutamid, fenobarbital dan sejenisnya

Penggunaa’an Obat Untuk Wanita Hamil

Studi pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin. tidak ada studi yang memadai dan terkendali dengan baik pada manusia, namun jika potensi manfaat penggunaan obat lebih tinggi pemberian pada ibu hamil dapat diberikan meski terdapat potensi resiko

Peringatan dan Perhatian

  • Jangan memberikan chloramphenicol pada anak-anak yang berusia di bawah dua tahun, kecuali diresepkan oleh dokter.
  • Hubungi dokter bila terjadi reaksi alergi atau overdosis.
  • Chloramphenicol terdeteksi ikut keluar bersama ASI, sehingga jika memungkinkan selama menyusui sebaiknya dihindari.
  • Hati-hati memberikan kloramfenikol Chloramphenicol kepada pasien dengan fungsi ginjal yang buruk, neonatus, dan bayi prematur.
  • Pemakaian dengan jangka waktu lama perlu dilakukan pemeriksaan hematologik berkala.
erlamycetin chloramphenicol salep mata bayi | erlamycetin chloramphenicol | salep mata erlamycetin chloramphenicol untuk bayi | salep chloramphenicol | erlamycetin salep mata | harga salep kloramfenikol | chloramphenicol salep mata | salep mata erlamycetin | erlamycetin salep mata untuk bayi | obat chloramphenicol |
Chloramphenicol Khabib M 18 Jun 2016. Chloramphenicol

Definisi Obat Chloramphenicol (Kloramfenikol) adalah antibiotik yang digunakan secara luas pada infeksi bakteri, termasuk meningitis, kolera, dan tifus. Penggunaannya hanya dianjurkan bila antibiotik yang lebih aman tidak dapat digunakan. Chloramphenicol ditemukan pada tahun 1947, Chloramphenicol adalah antibiotika jenis bakteriostatik dengan menghambat sistesis protein dengan cara menghambat aktivitas peptidil transferase dari ribosom bakteri, secara spesifik mengikat […]

4.9 Khabib M
loading...
3 Comments

Kolom Tanya Jawab

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...